SOLOPOS.COM - Umbul Pokak (Iskandar/JIBI/SOLOPOS)

Umbul Pokak (Iskandar/JIBI/SOLOPOS)

KLATEN–Warga Desa Pokak, Kecamatan Ceper, Klaten siap menyembelih seratusan ekor kambing di kompleks Sendang Sinongko desa setempat. Hal itu dilakukan sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan karena warga berhasil mendapat hasil panen optimal.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kegiatan menyembelih kambing itu sebagian dimulai Kamis (6/9/2012) dan juga ada yang menyembelih pada Jumat (7/9/2012). Kambing-kanbing itu dibawa warga dari berbagai daerah disembelih di bawah pohon karet yang rindang ini,” terang salah satu tokoh masyarakat Desa Pokak, Tugiman, Rabu (5/9/2012).

Menurut dia tradisi ini sudah ada sejak ratusan tahun silam yang digelar setiap musim kemarau pascapanen. Biasanya, papar dia, acara ini digelar antara tanggal 25 Juli sampai 5 September yang ada hari Jumat wage. Namun karena pada September ini Jumat Wage jatuh pada tanggal 7, maka acara terpaksa molor dua hari.

Selain menyembelih kambing, kata Tugiman, ratusan warga juga akan membawa tenong berisi nasi tumpeng, ingkung ayam, lauk pauk dan jajanan pasar. Hidangan itu akan disantap bersama, seusai salat Jumat.

Lebih lanjut Tugiman mengungkapkan, Sendang Sinongko terdiri atas Umbul Lanang dan Wadon yang merupakan sumber irigasi untuk mengairi 125 hektare lahan pertanian di tiga desa, yakni Desa Pokak, Kajen, Kujon di Kecamatan Ceper.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya