SOLOPOS.COM - Anggota Komunitas Pencinta Alam (KPA) Pinoes saat menggelar kegiatan bersih sungai di lereng Gunung Merbabu, Kopeng, Kabupaten Semarang, Selasa (31/12/2019). (Semarangpos.com-KPA Pinoes)

Solopos.com, UNGARAN – Komunitas Pencinta Alam (KPA) Pinoes melakukan kegiatan bersih sungai di lereng Gunung Merbabu sisi utara, tepatnya di atas Umbul Songo, Kopeng, Kabupaten Semarang, Selasa (31/12/2019).

Saat melakukan bersih-bersih itu, KPA menemukan tiga jebakan satwa. Jebakan itu pun langsung diserahkan kepada pengelola Taman Nasional Gunung Merbabu.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

“Dari pembersihan tahap pertama ini, kami menemukan tiga jebakan hewan,” ujar Koordinator KPA Pinoes, Suryo Sigit, kepada Solopos.com, Selasa siang.

Sigit menyebutkan jebakan hewan yang berhasil di amankan itu dua di antaranya untuk menangkap ayam hutan dan satu untuk landak atau trenggiling.

“Jebakan hewan itu berada dalam lokasi yang tidak jauh jaraknya. Letaknya semua ada di pinggir sungai, bukan di jalur pendakian. Kalau di jalur pendakian, pasti ketahuan warga atau pendaki,” imbuh Sigit.

Sigit pun mengaku prihatin dengan adanya jebakan hewan itu. Selain mengganggu ekosistem satwa di hutan Gunung Merbabu, jebakan itu bisa membahayakan para pendaki maupun warga.

“Siapa yang memasang, kami tidak tahu. Tapi, lebih baik jangan lagi ada perburuan baik diracun, tembak, maupun dengan jabakan karena bisa merusak ekosistem di Gunung Merbabu. Rantai makanan bisa rusak jika salah satu hewan terus diburu. Ini lingkungan bisa rusak,” tegas Sigit.

Sementara itu terkait kebersihan sungai, Sigit mengaku kondisi sungai di lereng Gunung Merbabu saat ini mulai kotor. Padahal, air sungai di lereng Gunung Merbabu digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari warga.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya