SOLOPOS.COM - Pelantikan dan pengambilan sumpah para anggota Panwascam Pilkada 2020 Kabupaten Purworejo, Senin (23/12/2019). (Antara-Humas Bawaslu Purworejo)

Solopos.com, MUNGKID — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Purworejo, Senin (23/12/2019), membentuk panitia pengawas kecamatan untuk Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Para anggota baru panwascam itu diwanti-wanti menjaga integritas pengawasan Pilkada 2020. ” Mari kita jaga integritas pengawas dengan patuh terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan,” kata Ketua Bawaslu Purworejo Nur Kholiq dalam keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita Antara di Magelang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia mengatakan hal itu pada pelantikan 48 anggota Panwascam Pilkada 2020 Kabupaten Purworejo di salah satu hotel di daerah itu. Sebanyak 13 orang di antara total anggota panwascam itu dari kalangan perempuan.

Ekspedisi Mudik 2024

Sebelumnya, 274 warga mendaftar sebagai calon anggota panwascam Kabupaten Purworejo yang meliputi 16 kecamatan itu. Setiap kecamatan harus ada tiga anggota untuk mengawasi Pilkada Purworejo yang pemungutan suaranya dijadwalkan 23 September 2020.

Kholiq menyebut mereka yang tidak lolos seleksi administrasi pada umumnya karena tidak memenuhi persyaratan yang dibutuhkan, termasuk usia yang masih di bawah 25 tahun. Terkait keterwakilan perempuan dalam panwascam, ia mengatakan bahwa hal tersebut sebagai bentuk perhatian Bawaslu Puworejo.

“Bentuk perhatian Bawaslu Purworejo untuk melibatkan pengawas perempuan di kecamatan,” katanya.

Ia mengharapkan mereka yang telah dikukuhkan sebagai anggota panwascam dapat melakukan tugas sesuai dengan kapasitasnya. Para anggota panwascam, ujar dia, merupakan sumber daya manusia yang telah teruji untuk tugas pengawasan pesta demokrasi di daerah tersebut.

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Anik Sholihatun mengapresiasi kalangan perempuan sebagai anggota panwascam pilkada setempat. “Sebuah prestasi yang baik untuk Kabupaten Purworejo karena telah memberikan kesempatan kepada pengawas perempuan untuk ikut menjadi bagian dari penyelenggara pemilu,” kata dia.

Ia menyebut kemampuan dan soliditas pengawas selanjutnya diuji dalam menentukan ketua dan divisi di setiap panwascam. “Jangan harap dapat melakukan proses pengawasan kalau menentukan ketua masih menimbulkan beragam persoalan,” katanya.

Kabupaten Purworejo meliputi 16 kecamatan, 25 kelurahan, dan 469 desa dengan penduduk sekitar 770.000 jiwa. Purworejo salah satu di antara 21 kabupaten dan kota di Jateng yang akan melaksanakan pilkada.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya