Bersiap Hadapi New Normal, Begini Cara Terhindar dari Covid-19
Ilustrasi New Normal Covid-19. (Freepik.com)

Solopos.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewanti-wanti masyarakat agar berdamai dengan Covid-19 karena wabah tak akan berlalu begitu saja. Karenanya, Jokowi meneruskan istilah yang sudah banyak dipakai oleh para ahli Epidemiologi yaitu yang dikenal sebagai New Normal berdampingan dengan Covid-19.

Meninggal Di Jakarta, Begini Ceritanya Jenazah Positif Covid-19 Dimakamkan Secara Biasa di Boyolali

Istilah ini ditanggapi beragam oleh masyarakat. Ada yang menyebut wajar, namun ada pula yang menuding negara telah berputus asa. Meski begitu, yang terpenting adalah mempersiapkan diri untuk menerapkan gaya hidup baru agar terhindar dari Covid-19.

Disiplin dan konsisten menerapkan perilaku bersih dan sehat antara lain mencuci tangan menjadi salah satu kunci mengenyahkan Covid-19 dari hidup Anda dan sebenarnya sebagian orang sudah melakukannya.

“Hal ini untuk menghindari diri terjangkit penyakit dan menyebarkannya kepada orang lain, tidak hanya ketika pandemi berakhir namun untuk seterusnya. Apalagi ketika kita tidak bisa menghindar dari menyentuh benda-benda di sekitar kita,” ujar Medical Expert Combiphar, dr. Sandi Perutama Gani dalam diskusi via daring, Selasa.

The New Normal Klaten: Belajar Daring hingga Jasa Foto Ijab Kabul

Tantangan New Normal Covid-19

Cucilah tangan menggunakan sabun dalam air mengalir. Jika tidak ada wastafel atau toilet, gunakan hand sanitizer berbahan dasar alkohol dan pelembap untuk membersihkan tangan. Cukup tuangkan cairan hingga memenuhi telapak tangan, gosok dan tunggu sampai mengering.

Banyak penyakit dan ancaman kesehatan yang bisa menyebar dengan tidak mencuci tangan. Ketika tangan terkontaminasi oleh bakteri dan virus penyebab penyakit, patogen ini bisa masuk ke dalam tubuh atau berpindah dari satu orang ke orang lain.

Dua penyakit utama yang ditularkan di tangan ialah diare dan infeksi saluran pernapasan atas atau ISPA, serta tentu saja saat ini ditambah Covid-19.

DPR: New Normal hanya Pepesan Kosong Jika…

Selain itu, tetaplah waspada menjaga jarak 1-2 meter dari orang lain dan hindari berkerumun sebisa mungkin, kemudian gunakan masker berbahan kain “(Masker) apapun itu saat keluar ke tempat umum.

Kita enggak pernah tahu situasi kesehatan di tempat umum, yang bisa kita lakukan melakukan tindakan preventif,” kata Sandi. Hal lainnya, terapkan etika batuk dan bersin yang benar. Pakailah masker atau tutup hidung dan mulut menggunakan lengan bagian dalam, atau tisu.

Sumber: Okezone


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho