Ketua Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah (KPU Jateng) Yulianto Sudarajat. (Antara-Wisnu Adhi)

Semarangpos.com, SEMARANG — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah mulai melakukan persiapan terkait dengan penyelenggaraan pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak di 21 kabupaten/kota Jateng pada 2020 mendatang. Ketua KPU Yulianto Sudrajat menghadap Gubernur Ganjar Pranowo, Jumat (19/7/2019)

"Pelaksanaan pilkada serentak di 21 kabupaten/kota itu dijadwalkan pada tanggal 23 September 2020," ungkap Ketua KPU Jawa Tengah Yulianto Sudrajat seusai bertemu Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di ruang kerjanya, Kota Semarang.

Ia mengungkapkan bahwa pihaknya bersama KPU di 21 kabupaten/kota yang akan menggelar pilkada pada tahun depan sedang menyusun berbagai persiapan, termasuk terkait anggaran. Menurut dia, sesuai dengan undang-undang pemilihan kepala daerah, anggaran penyelenggaraannya berdasar pada APBD kabupaten/kota masing-masing.

Kendati demikian, lanjut dia, KPU provinsi dan kabupaten/kota masih menunggu peraturan dari KPU pusat mengenai penyelenggaraan pilkada serentak pada tahun 2020, khususnya mengenai pendaftaran bakal calon kepala daerah hingga masa kampanyenya. "Kami saat ini sedang menunggu PKPU-nya untuk pelaksanaan pilkada serentak. Akan tetapi, kalau bintek dan sosialisasinya sudah bisa dimulai pada bulan September 2019," ujarnya.

Yulianto optimistis penyelenggaraan pilkada serentak di Jateng bisa berjalan lancar dan sesuai dengan rencana. "Kami punya pengalaman menggelar pilkada serentak pada tahun 2018 yang berjalan sukses, termasuk pengalaman Pemilu 2019 yang akan menjadi pelajaran bagi teman-teman KPU di kabupaten/kota," katanya.

Daerah yang akan menyelenggarakan pilkada serentak pada tahun 2020 itu, antara lain Kabupaten Blora, Boyolali, Demak, Grobogan, Kebumen, Kota Magelang, Pekalongan, Kota Semarang, dan Kota Solo.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten