Bersama Habib Syech Gelar Indonesia Berselawat Virtual, Airlangga: Saatnya Berhijrah menuju Kemerdekaan dari Covid-19

Airlangga mengajak seluruh bangsa Indonesia mensyukuri nikmat kemerdekaan dengan berselawat, berzikir, dan berdoa secara khusyuk agar pandemi Covid-19 berakhir.

 Airlangga Hartarto (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Airlangga Hartarto (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, bersama Habib Syech Bin Abdul Qodir Assegaf, menggelar kegiatan Indonesia Berselawat secara virtual, Sabtu (14/8/2021) malam.

Kegiatan memeriahkan Tahun Baru Islam 1443 Hijriah dan HUT ke-76 Kemerdekaan RI tersebut mengambil tema Merdeka dan Hijrah dari Covid-19. Turut hadir sejumlah anggota Fraksi Partai Golkar DPR.

PromosiJake Daniels dan Para Pesepak Bola Gay dalam Pusaran Liga Inggris

Dalam sambutannya, Airlangga mengajak seluruh bangsa Indonesia mensyukuri nikmat kemerdekaan. Salah satunya dengan berselawat, berzikir, dan berdoa secara khusyuk agar pandemi Covid-19 berakhir.

Baca Juga: Hari Ini, BOR di Sragen Turun tapi Kasus Kematian 25 Orang /Hari

Dia juga mengajak umat Islam untuk meneladani akhlak mulia Rasulullah SAW. “1 Muharam merupakan titik awal dari episode perjalanan Rasulullah SAW dalam membangun masyarakat yang Islami,” kata dia.

Menurut Airlangga, 1 Muharam juga merupakan momentum pembebasan umat Islam dari belenggu intimidasi, cerminan dari peradaban Islam yang egaliter. Ahli sosiologi Barat menyebut sebagai masyarakat modern.

“Hijrah Rasulullah ke Madinah membawa perubahan signifikan dalam sejarah umat Islam. Di Madinah umat Islam mampu membangun tatanan umat bersendikan tolong menolong, kesetaraan dan keadilan,” urai dia.

Baca Juga: Produksi Telur Asin, Perempuan di Karanganyar Ini Raup Jutaan Rupiah

 

Pancasila

Airlangga juga menyebut Piagam Madinah yang menjadi dasar kesepakatan bersama dalam membangun interaksi sosial kemasyarakatan dan kenegaraan. Piagam itu mengakui perbedaan dan menjunjung toleransi.

Sebuah piagam yang menurut Airlangga membawa pesan Islam sebagai rahmatan lil alamin, sehingga menyebar ke berbagai penjuru dunia. Piagam itu menurut Airlangga memiliki kesamaan dengan Pancasila.

“Pancasila di dalamnya mengandung nilai Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Musyawarah dan Keadilan sosial, yang harus kita jadikan sebagai ruh dan spirit bagi jalannya kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata dia.

Baca Juga: Bupati Sragen Sidak, RSUD Tangen Ditarget Rampung Desember 2021

Pancasila mengandung nilai-nilai kebangsaan, gotong royong, kekeluargaan, kerja sama dan kesetiawakan sosial yang harus dijalankan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuannya agar tercipta kedamaian bangsa.

Airlangga menyinggung kondisi pandemi Covid-19 di Tanah Air. Dia mengajak bangsa Indonesia tidak menyurutkan semangat dan optimisme. Dengan ikhtiar dan kerja keras dia yakin bangsa Indonesia keluar dari pandemi.

Apalagi indikator perekonomian Indonesia saat ini tumbuh 7,07 persen di kwartal kedua tahun 2021. “Ini merupakan tanda kita sudah berhasil keluar dari krisis dan resesi. Kita harus terus berjuang agar bisa bertahan,” seru dia.

Baca Juga: Wow! Klaten Ekspor Telur Tetas ke Myanmar dan Vietnam

Bentuk perjuangan itu dengan meningkatkan etos kerja, dan penggunaan teknologi sebagai prioritas. “Sekarang saatnya kita berhijrah menuju lompatan kemajuan bangsa, menuju kemerdekaan dari Covid-19,” terang dia.

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

10 Prajurit TNI Membantu Local Strongman Mengelola Kerangkeng Manusia

+ PLUS 10 Prajurit TNI Membantu Local Strongman Mengelola Kerangkeng Manusia

Sepuluh orang prajurit TNI ditetapkan menjadi tersangka kasus penganiayaan dan penyiksaan penghuni kerangkeng manusia di rumah Bupai Langkat nonaktif, Provinsi Sumatra Utara, Terbit Rencana Peranginangin.

Berita Terkini

PPDB TK, SD, SMP Kota Solo Akan Dimulai Tanggal Ini, Siap-Siap Ya!

Tahapan penerimaan peserta didik baru atau PPDB jenjang TK, SD, dan SMP di Kota Solo yang segera dimulai berlangsung secara online.

SDN 2 Bendo Pedan Gelar Karya Wisata, Ortu Siswa Wadul ke Disdik

Orang tua siswa SDN 2 Bendo, Kecamatan Pedan, mengajukan aduan ke Dinas Pendidikan (Disdik) Klaten, Senin (23/5/2022). Aduan tersebut terkait rencana studi wisata yang akan dilaksanakan SDN 2 Bendo.

Wanita Katolik RI Karanganyar Tambah 4 Ranting Baru

WKRI DPC Karanganyar membuka empat ranting baru yakni di Jenawi, Kebakkramat, Tasikmadu, dan Mojogedang.

Pemotor Knalpot Brong Diserang, Polisi Solo: Jangan Main Hakim Sendiri

Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengingatkan masyarakat untuk tidak main hakim sendiri terkait ulah pemotor pengguna knalpot brong yang meresahkan.

Masuk 100 Besar SMA Terbaik Nasional, Ini Tanggapan SMAN 1 Klaten

SMAN 1 Klaten masuk dalam 100 SMA terbaik tingkat nasional.

Cek Lur, Diskumindag Sediakan Toko Online Khusus UMKM Sragen

Diskumindag Sragen meluncurkan toko online yang khusus diperuntukkan bagi pelaku UMKM lokal Sragen menjual produknya. Nama toko online tersebut adalah tukonisragen.com.

13 Sapi Terinfeksi PMK, Pasar Hewan di Wonogiri Ini Ditutup Sementara

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri menutup Pasar Pracimantoro selama dua pekan terhitung sejak, Selasa (24/5/2022).

Kisah Perjuangan Pengikut Diponegoro di Sejarah Waduk Mulur Sukoharjo

Waduk Mulur pernah direnovasi pada 1998, namun hal itu tak menghilangkan kesan produk kolonial Belanda dan masih tetap terjaga bentuk aslinya.

48 Los Untuk Pedagang Mebel Solo di Pasar Darurat, Ini Pembagiannya

Para pedagang mebel pindahan dari Gilingan menempati 48 los yang terbagi di dua lokasi di Jl DI Panjaitan dekat Pasar Legi Solo.

Gara-Gara Stiker Di Helm, Puluhan Pemuda Serang Muda-Mudi Di Solo

Puluhan pemuda diduga serang sepasang muda-mudi di Jl Ir Juanda, Jebres, Solo, beberapa waktu lalu, tiga pelaku tertangkap.

Pandemi Bikin Sejumlah Perpusdes di Wonogiri Semakin Sepi

Minat masyarakat Wonogiri berkunjung ke perpustakaan menurun drastis selama Pandemi-19.

Cegah Kecelakaan, Polres Karanganyar akan Ramp Check Sebulan Sekali

Satlantas Polres Karanganya akan melakukan ramp check sebulan sekali terhadap armada angkutan umum. Ini untuk mencegah terjadinya kecelakaan akibat kondisi armada yang tak laik jalan.

Sambut HUT ke-25, Solopos Salurkan Bantuan ke 15 Panti Asuhan

Menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-25, Solopos menggelar sejumlah rangkaian kegiatan salah satunya bakti sosial.

Semrawut, Arus Lalu Lintas di Alun-Alun Karanganyar akan Diubah

Dishub Karanganyar akan mengubah arus lalu lintas di kawasan Alun-alun Karanganyar khusus Sabtu dan Minggu agar tak semrawut.

Pukuli Orang, 14 Anggota Perguruan Bela Diri di Solo Diciduk Polisi

Sebanyak 14 orang anggota perguruan bela diri di Solo diciduk aparat kepolisian karena melakukan tindak kekerasan secara bersama-sama terhadap satu orang di Joyosuran, Solo.