SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Mabes Polri menyatakan Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror menangkap 2 terduga teroris berinisial AA dan S yang diduga terlibat dalam bom bunuh diri di Pos Pengamanan Tugu Kartasura, Sukoharjo. Sebelumnya diberitakan Solopos.com, Densus menangkap Ali Amirul Alam alias Umar, 40, di Lampung, dan Sugeng Riyadi, 34, di Sukoharjo.

Densus 88 juga telah menggeledah rumah kontrakan Ali Amirul Alam di dua lokasi di Gang Salak, Dukuh Ngruki, Desa Cemani, Grogol, Sukoharjo, Minggu (9/6/2019) sekitar pukul 17.45 WIB. Penggeledahan juga dilakukan di rumah Sugeng Riyadi di Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, pada hari yang sama.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri, Kombes Pol Asep Adi Saputra, mengatakan keduanya terlibat aktif di dalam pembuatan bom bunuh diri yang dilakukan oleh Rofik Asharuddin (RA) di Pos Pengamanan Tugu Kartasura, Sukoharjo, sepekan sebelumnya.

Menurutnya, keterlibatan kedua tersangka tersebut diketahui setelah tim penyidik Densus 88 Antiteror memintai keterangan tersangka Rofik Asharuddin di RS Moewardi Solo. Kondisi Rofik mulai sehat setelah melakukan aksi bom bunuh diri beberapa waktu lalu.

“Jadi secara keseluruhan, kasus bom bunuh diri ini bisa terjadi karena adanya dua pelaku tersebut. Mereka membantu membuat bom dan rencana bom bunuh diri itu,” tuturnya, Senin (10/6/2019).

Menurut Asep, tersangka berinisial AA alias Umar dan S itu masuk ke dalam jaringan teroris ISIS dan berbaiat langsung ke Pemimpin ISIS di Suriah Abu Bakar Al Baghdadi melalui media sosial. Asep juga menjelaskan bahwa ketiga pelaku berinsial AA, S, dan Rofik Asharuddin seringkali berkomunikasi melalui media sosial dengan Abu Bakar Al Baghdadi.

“Cara berbaiat ini dipelajari para pelaku dari amir atau pemimpinnya dan diperkuat dengan banyak buku panduan mengenai jihad dan dasar-dasar hukum jihad,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya