SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JOGJA — Enam titik exit dan entry tol disiapkan sepanjang jalur Tol Solo-Jogja-Bawen yang masuk di wilayah DIY. Keenam titik tersebut berada di Purwomartani, Kalasan, hingga Westlake, Tirtoadi, Mlati.

Sekretaris Daerah DIY, Gatot Saptadi, menjelaskan keenam pintu keluar dan masuk tol ini berada di enam lokasi berbeda sepanjang jalan tol Bawen-Jogja-Solo. Exit dan entry tol tersebut berada di Purwomartani, Maguwoharjo, UPN, Monjali, Trihanggo, dan Westlake (Tirtoadi).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Itu ruas Jogja-Solo [yang tersambung dengan] Jogja-Bawen,” katanya, Kamis (15/8/2019).

Dia menyebut, keberadaan exit dan entry tol itu tidak dipisahkan dari pusat ekonomi. Hal itu dilakukan untuk mencegah agar kendaraan tidak hanya sekadar melintasi Jogja. “Kalau titik exit dan entry tol tidak ada di sana (kendaraan) bisa bablas,” kata Gatot.

Gator menyatakan rencana pembangunan jalan tol yang melayang di atas Ringroad Utara Jogja tersebut tidak berkaitan keberadaan underpass, baik di Simpang Kentungan maupun rencana pembangunan underpass di Simpang Gejayan. Gatot juga menilai kedua proyek tersebut juga tidak akan saling terganggu. Selain beda fungsi, pelaksanaan pembangunan keduanya juga tidak dilakukan bersamaan.

“Jalan tol tidak bisa dihubungkan langsung dengan underpass, jalan tol untuk kemudahan akses antar daerah sedangkan underpass untuk mengurai kemacetan perkotaan,” katanya.

Kepala Bappeda DIY Budi Wibowo mengatakan keberadaan flyover Jombor dan underpass di Ringroad tidak akan mengganggu trase tol Bawen-Jogja-Solo. “Saya kira keberadaan flyover Jombor tidak akan berpengaruh. Nanti ditata. Bisa agak ke selatan dikit,” katanya.

Persoalan saat ini yang paling mendesak adalah bagaimana proyek ini segera dikerjakan. Pembangunan tol dan jalur kereta ke bandara harus terwujud. “Ini sesuatu yang harus dikerjakan. Tanpa ada sarana dan prasarana yang memadai, orang akan memilih ke [Bandara Adi Soemarmo] di Solo dibandingkan ke Kulonprogo,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya