SOLOPOS.COM - Dr. KH Mukh Nursikin., M.SI, Dosen Pascasarjana UIN Salatiga/Pengasuh PP An-Nur Pabelan Kab Semarang. (Istimewa)

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

Yaaa ayyuhallaziina aamanuu kutiba ‘alaikumush-shiyaamu kamaa kutiba ‘alallaziina ming qoblikum la’allakum tattaquun

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

“Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,” (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 183)

Menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan merupakan kewajiban bagi setiap muslim di manapun berada. Puasa secara etimologi adalah menahan diri dari sesuatu. Sedangkan secara terminologi, adalah menahan diri dari makan dan minum dengan disertai niat berpuasa bagi orang yang telah diwajibkan sejak terbit fajar hingga terbenam matahari. Puasa memang perintah ajaran agama, di balik perintah berpuasa ternyata tersimpan banyak rahasia yang terkandung di dalamnya. Setiap apa yang Allah perintahkan pasti memiliki banyak manfaat bagi yang menjalankannya, termasuk ibadah puasa ini.

Ekspedisi Mudik 2024

Puasa sendiri memiliki makna menahan lapar dahaga, dan juga menahan amarah selama sehari kurang lebih 14 jam. Akan tetapi puasa bukan hanya berhenti pada menahan lapar dan dahaga. Puasa bukan pula berhenti pada menahan hawa nafsu semata. Lebih dari itu, puasa berfungsi untuk menumbuhkan keimanan para penganutnya. Puasa memiliki nilai yang jauh lebih tinggi daripada itu semua. Banyak hal positif yang dapat dirasakan oleh orang yang menjalankan puasa, di antaranya adalah mendapatkan ketenangan jiwa, lebih dekat kepada Allah SWT itu yang dinamakan dengan kesehatan psikologis, di samping itu dengan berpuasa seseorang akan terhindar dari kejahatan dan juga nafsu yang cenderung mengajak kepada perbuatan yang bias dari aturan-aturan agama.

Ditinjau dari aspek kesehatan sesuai dengan hadits Nabi yang diriwayatkan Thabrani menjelaskan bahwa:

Shumu Tashihhu 

“Puasalah niscaya kamu akan sehat” (HR. al-Thabrani).

Manfaat puasa baik sekali untuk kesehatan ruhani dan kesehatan tubuh kita. Selain kita mendapatkan pahala dari Allah SWT, kita juga bisa memanfaatkan ibadah puasa sebagai aneka terapi dan pencegahan dari berbagai penyakit akibat makan serta kebiasaan dengan gaya hidup yang tidak sehat. Kesehatan merupakan nikmat yang tidak dapat dinilai dengan harta benda. Untuk menjaga kesehatan, tubuh perlu diberikan kesempatan untuk istirahat. Puasa dapat mencegah penyakit yang timbul karena pola makan yang berlebihan. Makanan yang berlebihan gizinya belum tentu baik untuk kesehatan seseorang. Kelebihan gizi atau overnutrisi mengakibatkan kegemukan yang dapat menimbulkan penyakit degeneratif seperti kolesterol dan trigliserida tinggi, jantung koroner, kencing manis (diabetes mellitus) dan lain-lain.

Selama 11 bulan alat pencernaan kita tidak berhenti-henti dalam mencerna makanan. Ibaratkan mesin jika digunakan secara terus menerus maka lama kelamaan akan aus juga. Oleh karena itu dengan puasa selama 1 bulan ini kita mengistirahatkan dan mengurangi jam kerja dari alat pencernaan kita. Puasa memberi kesempatan kepada alat-alat pencernaan untuk beristirahat setelah bekerja keras sepanjang tahun. Lambung dan usus beristirahat selama beberapa jam dari kegiatannya, sekaligus memberi kesempatan untuk menyembuhkan infeksi dan luka yang ada sehingga dapat menutup rapat. Proses penyerapan makanan juga berhenti sehingga asam amoniak, glukosa dan garam tidak masuk ke usus. Dengan demikian sel-sel usus tidak mampu lagi membuat komposisi glikogen, protein dan kolesterol. Di samping dari segi makanan, dari segi gerak (olah raga), dalam bulan puasa banyak sekali gerakan yang dilakukan terutama lewat pergi ibadah ke masjid/mushola dan tempat ibadah lainnya.

Dalam kehidupan sehari-hari, ketika kita tidak berpuasa tubuh kita mengkonsumsi sekitar 2.500 kalori setiap harinya. Sedangkan ketika berpuasa kita hanya mengkonsumsi sekitar 500-800 kalori/harinya. Dengan kewajiban kita seorang muslim untuk menjalankan puasa, hal ini sangat menguntungkan bagi kita yang mempunyai masalah dengan berat badan. Tidak usah berdiet, dengan puasa kita bisa mengurangi berat badan asalkan asupan makanan yang dicerna kita jaga, dan puasa dapat membantu proses detoksifikasi alami dalam tubuh, yaitu menetralisir racun dalam tubuh. Ketika lambung kosong, proses penyerapan nutrisi makanan akan lebih sempurna sehingga tubuh tidak menyimpan sisa makanan yang membusuk dan tidak diperlukan oleh tubuh. Dengan puasa, berarti membatasi kalori yang masuk dalam tubuh kita sehingga menghasilkan enzim antioksidan yang dapat membersihkan zat-zat yang bersifat racun dan karsinogen dan mengeluarkannya dari dalam tubuh.

Menurut penelitian, setiap hari tubuh kita memproduksi berjuta-juta sel dan setiap harinya juga jumlah sel yang mati di dalam tubuh kita mencapai 125 juta dalam hitungan per detik. Ketika kita menjalani puasa, terdapat perubahan yang masif pada asam amino yang terakumulasi dari makanan sebelum disalurkan keseluruh tubuh dan pada saat itu terjadilah format ulang. Pada saat itu tunas baru sel diberi kesempatan untuk merestorasi fungsi dan kinerja dari sel itu sendiri untuk meremajakan sel-sel tubuh.

Berbagai kajian ilmiah melalui penelitian medis telah menunjukkan bahwa ternyata puasa sebulan penuh saat bulan ramadhan bermanfaat sangat luar biasa bagi tubuh manusia, secara umum tidak akan mengganggu tubuh manusia. Dalam mencermati temuan ilmiah tersebut akan lebih diyakini bahwa berkah kesehatan yang dijanjikan dalam berpuasa ternyata bukan sekedar teori dan opini. Berpuasa membawa manfaat yang sangat besar bagi manusia baik sebagai makhluk pribadi maupun makhluk sosial. Manfaat puasa bagi kesehatan sebagian telah terbukti secara ilmiah. Sehingga setelah seseorang selesai menjalankan ibadah puasa di Bulan Suci Ramadhan diharapkan ia menjadi bersih dan sehat baik jasmani maupun rohani dan kembali suci bagaikan bayi yang baru lahir. Aamin ya Robbal’alamiin.

Artikel ini ditulis oleh Dr. KH Mukh Nursikin., M.SI, Dosen Pascasarjana UIN Salatiga/Pengasuh PP An-Nur Pabelan Kab Semarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya