Tutup Iklan
Trofi Liga Champions (Reuters-Maxim Shemetov)

Solopos.com, SOLO - Sebanyak 32 tim dipastikan masuk ke fase grup Liga Champions. Undian babak ini akan dilangsungkan di Monako, Kamis (29/8/2019) pukul 23.00 WIB. Grup neraka berpotensi terjadi mengingat sejumlah klub berbeda pot.

Ajax Amsterdam, Club Brugge, dan Slavia Praha menjadi tiga tim terakhir yang memastikan diri lolos ke fase grup Liga Champions 2019/2020. Ketiga tim ini lolos melalui babak play-off bersama tiga tim lainnya Olympiacos, Red Star Belgrade, dan Dinamo Zagreb.

Keenam tim tersebut akan bersaing dengan tim-tim lainnya yang otomatis lolos. Mereka adalah tim-tim yang finis di zona Liga Champions pada liga domestik masing, bersama juara bertahan Liga Champions dan Liga Europa.

Ketentuan Drawing

Dikutip dari uefa.com, 32 tim peserta akan dibagi ke dalam 8 grup yang masing-masing berisi empat tim. Nantinya, tim yang berasal dari satu negara tidak akan berada dalam satu grup. UEFA lebih dulu membagi 32 tim itu ke dalam empat pot.

Pot pertama merupakan juara Liga Champions, juara Liga Europa, serta juara di enam liga top Eropa. Sementara pot kedua dan ketiga diurutkan berdasarkan koefisien klub. Fakta ini membuat potensi grup neraka terbentuk.

Pot 1: Liverpool, Chelsea, Barcelona, Manchester City, Juventus, Bayern Munchen, Paris Saint-Germain, dan Zenit Saint Petersburg.

Pot 2: Real Madrid, Atletico Madrid, Borussia Dortmund, Napoli, Shakhtar Donetsk, Tottenham Hotspur, Benfica, dan Ajax Amsterdam.

Pot 3: Bayer Leverkusen, Red Bull Salzburg, Olympiacos, Valencia, Inter Milan, Dinamo Zagreb, Lyon, Club Brugge.

Pot 4: Genk, Galatasaray, Leipzig, Atalanta, Lille, Red Star Belgrade, Slavia Praha, Crvena Cveda.

Dari ketentuan dan fakta itu, grup neraka sangat mungkin terjadi. Contohnya, Liverpool bisa berjumpa dengan Real Madrid, Inter Milan, serta Lille. Atau Barcelona yang bisa saja berjumpa dengan Napoli, Lyon, dan RB Leipzig. Kemudian Juventus yang bisa bertemu Atletico Madrid, Valencia, dan Galatasaray.

Jadwal Pertandingan

Fase grup: 17 September hingga 11 Desember 2019. 

16 besar: 18 Februari hingga 18 Maret 2020

Perempatfinal: 1 April hingga 15 April 2020.

Semifinal: 18 April hingga 6 Mei 2020.

Final: 30 Mei 2020.

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten