SOLOPOS.COM - Pedagang ikan hias dan aksesoris, Axl Jordan Roma Putra, menunjukkan dagangannya ikan hias jenis cupang di kiosnya di Pasar Burung dan Ikan Hias Depok, Solo, Senin (4/1/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Perjalanan Axl Jordan Roma Putra, 19, hingga menjadi pengusaha muda berpenghasilan puluhan juta rupiah di Soloraya tidak lah mudah.

Apalagi ia mulai terjun ke bisnis yang tadinya milik orang tuanya saat pandemi Covid-19 melanda dan meruntuhkan sendi-sendi perekonomian masyarakat. Selain itu, Axl juga terjun ke bisnis itu saat masih menjadi pelajar SMA Widya Wacana Solo.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Pemuda asal Jaten, Karanganyar, itu baru lulus SMA tahun 2020. Namun kini ia sudah mampu mengelola beberapa toko peralatan untuk ikan hias di Soloraya, salah satunya di Pasar Ikan Depok, Banjarsari, Solo, bernama Grace Aqua House.

Sempat Positif Covid-19, Anggota DPRD Solo Siti Muslikah: Sakitnya Tak Terkira!

Kepada wartawan yang menemui di Pasar Depok, Solo, Senin (4/1/2021), Axl menceritakan perjalanan sejak awal terjun ke bisnis tersebut. Ia mengatakan awalnya usaha itu adalah milik mamanya.

"Lalu saya terjun ke usaha ini dan mengelolanya karena sebelum pandemi, usaha ini sempat goyang," ujar Axl yang juga mengelola toko peralatan ikan hias di Sukoharjo dan mempunyai sales mobiling aquarium di Jateng dan Jatim itu.

Rupiah Tak Laku Untuk Transaksi di Pasar Bahulak Sragen, Bayar Pakai Apa?

Passion Bisnis

Axl mengakui memang punya passion dalam bidang bisnis. Di tengah perjalanan, setelah dikelola Axl, tak disangka bisnis orang tuanya itu mulai membaik. Bahkan omzetnya meningkat hingga 100 persen daripada sebelumnya.

Padahal, usaha tersebut goyang pada tahun lalu dan nyaris mengurangi karyawan lantaran omzet yang berkurang. "Hampir mengurangi karyawan. Namun, setelah saya kelola dengan manajemen yang baik, justru omzetnya meningkat sekitar 100 persen lebih," terang Axl.

Jumlah Pemohon SIM Membeludak Di Satlantas Sukoharjo, Ternyata Ini Penyebabnya

Toko milik Axl menyediakan peralatan seperti tangki aquarium, filter air, dan hiasan aquarium. Kondisi pandemi Covid-19 memberikan peluang bagi Axl untuk membesarkan usaha itu.

Pandemi membuat orang lebih banyak berada di rumah dan akhirnya menyalurkan hobi untuk mengisi waktu, salah satunya hobi memelihara ikan hias. Axl melihat peluang itu dan memanfaatkan untuk membesarkan usaha di bidang penjualan ikan hias dan aneka peralatannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya