SOLOPOS.COM - Dr Dre (Foto:guardian.co.uk)

Dr Dre (Foto:guardian.co.uk)

JAKARTA–Sebanyak 25 musisi masuk dalam daftar musisi termahal dunia versi Forbes. Posisi itu disusun berdasarkan penghasilan  dalam kurun waktu 12 bulan, yakni Mei 2011 hingga Mei 2012. Forbes mengestimasi uang yang diterima para musisi tersebut berdasarkan penjualan rekaman, tur, penjualan merchandise, dan penghasilan lain sebelum dikurangi berbagai biaya.

Promosi Keturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

Termasuk di antaranya, fee manajemen, hukum, pajak. Dalam menyusun daftar itu, Forbes mewawancarai promotor konser, pengacara, manajer, bahkan musisi itu sendiri.

Dari daftar 25 musisi termahal itu, di posisi pertama adalah produser hip hop Dr Dre yang memperoleh penghasilan US$110 juta (Rp990 miliar) selama setahun. Dia mengalahkan penghasilan Jay Z.

Sebagian besar uang yang diperoleh Dre dari perusahaan peralatan komunikasi HTC sebesar US$100 juta. Dre memiliki saham sebesar 51% di perusahaan yang berbasis di Taiwan itu.

Dari lima besar musisi yang memiliki penghasilan tertinggi itu, hanya satu dari Amerika Serikat, yaitu Dr Dre. Di posisi kedua adalah Roger Waters, yang merupakan rocker asal Inggris dari grup band Pink Floyd dengan penghasilan US$88 juta.

Di posisi ketiga adalah Elton John dengan penghasilan US$80 juta. Penghasilan itu diperoleh Elton dari 100 pertunjukan selama setahun.

Posisi keempat adalah grup band U2 dari Irlandia dengan penghasilan US$78 juta dari rekaman. Di posisi lima adalah Take That dengan penghasilan US$69 juta. Penghasilan ini antara lain diperoleh dari konser reuni grup asal Inggris. Take That memperoleh US$61 juta dari delapan kali tampil di London Wembley Stadium.

Selanjutnya adalah penyanyi Justin Bieber asal Kanada yang memperoleh penghasilan US$55 juta dari tur dunia, album, dan saham di Spotify.

“Saya setiap minggu memanggil manajer bisnis saya dan pengacara saya,” kata Bieber kepada FORBES musim semi ini.

“Setiap minggu saya belajar sesuatu tentang bisnis dan apa yang saya perlu tahu untuk karir saya.”

Justin termasuk dalam 10 musisi berbayaran termahal di dunia. Selain Justin, musisi Toby Keith juga memperoleh US$55 juta. Sedangkan Taylor Swift dan Paul McCartney memperoleh penghasilan yang sama besar yakni US$57 juta.

Sementara, Coldplay berada di posisi 21 dan Adele di posisi 22, keduanya dari Inggris, masing-masing memperoleh US$37 juta dan US$35 juta.

Untuk tahun ini, menurut Forbes, musisi Inggris cukup banyak berada dalam daftar 25 musisi dunia termahal. Delapan dari 25 musisi itu berasal dari Inggris atau Irlandia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya