Beroperasi Setahun Lebih, KRL Commuterline Solo-Jogja akan Terus Dikembangkan

Setelah beroperasi lebih dari setahun, Commuterline KRL Solo-Jogja akan terus dievaluasi dan dikembangkan. Tidak menutup kemungkinan jumlah perjalannya akan ditambah dan ada penambahan selter.

 Situasi di dalam KRL Solo-Jogja, Kamis (9/6/2022). (Solopos/Afifah Enggar Wulandari)

SOLOPOS.COM - Situasi di dalam KRL Solo-Jogja, Kamis (9/6/2022). (Solopos/Afifah Enggar Wulandari)

Solopos.com, SOLO — Setelah beroperasi lebih dari setahun, Commuterline atau yang lebih dikenal KRL Solo-Jogja akan terus dievaluasi dan dikembangkan. Tidak menutup kemungkinan jumlah perjalannya akan ditambah dan ada penambahan selter.

Vice President Corporate Communication PT KAI Commuter, Anne Purba, belum lama ini mengatakan Commuterline ditujukan sebagai pilihan alat transportasi bagi masyarakat.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Untuk KRL Solo-Jogja yang saat ini juga sudah sampai Palur, diharapkan juga dapat membantu memudahkan masyarakat untuk bertransportasi dengan mudah, murah dan efisien.

Disebutkan, sejauh ini tren penumpang Commuterline Solo-Jogja terus mengalami peningkatan. Jika dulu awal beroperasi jumlah penumpang sehari sekitar 2.000 kemudian naik ke 3.000. Sekarang saat weekend, sudah lebih dari 16.000 penumpang. Kemudian untuk jumlah penumpang sehari-hari sudah sekitar 10.000-11.000 penumpang.

“Solo merupakan wilayah dimana stasiun kami selalu penuh. Salah satu stasiun terpadat itu ada di Solo, yakni Stasiun Solo Balapan,” jelas dia. Disebutkan pula saat akhir pekan jumlah kerena yang melayani bisa antara 22-24 kereta.

Baca Juga: Biaya Rp8.000 per Penumpang, Cek Jadwal KRL Commuterline Solo-Jogja Hari Ini

Mengenai tren penumpang, menurutnya KRL Solo-Jogja memiliki karakter berbeda dengan KRL di Jabodetabek yang lebih ramai saat hari-hari aktif, yakni antara Senin-Jumat. Menurutnya KRL Solo-Jogja lebih ramai saat akhir pekan, yakni antara Jumat-Minggu.

“Secara umum kami terus pelajari, kami juga menyiapkan sarana untuk bisa tetap mengantisipasi padatnya penumpang sehingga kami bisa menambah perjalanan dengan berkoordinasi dengan Dirjen Perkeretaapian untuk pemberian subsidinya,” lanjut dia.

Baca Juga: Makin Diminati Masyarakat, Berikut Jadwal KRL Commuterline Solo-Jogja Hari Ini

Di sisi lain, pengembangan infrastruktur juga terus diupayakan. Salah satunya rencana penambahan selter di sekitar Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS). Terkait hal itu pihaknya terus berkoordinasi dengan KAI dan pihak terkait.

“Semoga bisa terealisasi karena anak kuliah bisa menggunakan transportasi. Potensinya ada, dari Palur, dari Gawok dan sebagainya. Dengan KRL ini konektivitas baik dari Jogja maupun Solo bisa dikover. Ini sudah dimasukkan juga di KAI sebagai bapak usaha kami yang memang membantu membangun infrastruktur. Infrastruktur ini memang melalui Kementerian Perhubungan maupun KAI. Ini masih dalam tahap perencanaan,” kata dia.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Viral Seusai Somasi Pelanggan, Ini Sosok Pemilik Asli Esteh Indonesia

      Brand minuman Es Teh Indonesia, baru-baru ini menjadi perbincangan warganet setelah melayangkan somasi kepada pelanggan yang mengkritiknya. Lantas, siapa sebenarnya pemilik asli Es Teh Indonesia?

      Imbas Perdamaian PKPU, Garuda Indonesia Ungkap Raih Laba Rp3,8 Miliar

      Garuda Indonesia mencetak laba senilai Rp3,8 miliar pada semester I 2022 sebagai hasil perjanjian perdamaian dalam Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU).

      Satgas Investasi Cabut 2.078 IUP Tidak Produktif, 733 Perusahaan Keberatan

      Satgas Percepatan Investasi serta Satgas Penataan Penggunaan Lahan dan Penataan Investasi telah mencabut 2.078 izin usaha pertambangan (IUP).

      Jual Migor Murah, Pengusaha Ritel Tagih Rp300 Miliar ke Pemerintah

      Aprindo diberi tugas oleh pemerintah untuk menjual minyak goreng senilai Rp14.000 per liter, meski harga keekonomian minyak goreng sekitar Rp16.000-Rp20.000 per liter.

      Harga Pangan di Pasar Legi Stabil, Empat Komoditas di Pasar Nusukan Turun Harga

      Pantauan di Pasar Legi dan Nusukan Solo, ada sejumlah komoditas pangan yang mengalami fluktuasi harga.

      Wujudkan Ekonomi Indonesia Lebih Kuat, Telkom Genjot Pemenuhan Talenta Digital

      PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) memiliki tanggung jawab untuk mendukung digitalisasi di Indonesia melalui penyediaan infrastruktur, platform, dan layanan digital.

      Kasusnya Lagi Viral, Siapin Modal Segini Buat Buka Franchise Esteh Indonesia

      Kasusnya lagi viral di media sosial, ternyata kamu perlu menyiapkan modal segini untuk buka usaha franchise Esteh Indonesia.

      Adu Vokal dan Dance Semarakkan Korean Wave di Sleman City Hall 

      Hari ketiga Korean Wave di Sleman City Hall (SCH) berlangsung semakin seru, Sabtu (24/9/2022).

      Jalan Sunyi Handojo Santosa Sebagai Konglomerat

      Menyandang status sebagai konglomerat, Handojo Santosa memiliki berbagai kemewahan untuk menjadi orang besar, terkemuka dan berkuasa. Namun, wajahnya tergolong jarang tampil di hadapan media massa. Ia memilih jalan sunyi sebagai pemimpin yang melayani.

      SGS 2022 Beri Sensasi Keseruan Belanja Virtual 3D

      VR SGS sendiri hadir dengan konsep Kota Solo, lengkap dengan expo tenant dan suasana transaksi sungguhan di Pasar Gede.

      Masa Penawaran ORI022 Dibuka Mulai Rp1 Juta, Bunga 5,95 Persen

      Masa penawaran Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI022 mulai Rp1 juta dibuka, Senin (26/9/2022) hari ini dengan bunga 5,95 persen.

      Tegaskan Tak Ada Perubahan Daya, PLN Evaluasi Uji Coba Kompor Listrik di 2 Kota

      Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT PLN (Persero) mendukung arahan Presiden terkait peralihan LPG 3 kg ke kompor listrik.

      Awal Pekan Stagnan! Cek Harga Emas Pegadaian, Senin 26 September 2022

      Harga emas yang dijual di Pegadaian, Senin (26/9/2022) hari ini terpantau stagnan untuk cetakan UBS dan Antam.

      SGS 2022 Digelar saat Low Season Hotel dan Restoran, Ini Alasannya

      Tahun ini event Solo Great Sale (SGS) telah dimulai pada Minggu (25/9/2022) dan akan berakhir pada 30 Oktober 2022 nanti.

      SGS 2022 Disebut Mampu Dongkrak Okupansi Hotel di Solo Hingga 20 Persen

      Pelaksanaan SGS 2022 juga dapat mendongkrak okupansi hingga di atas 70%.