KA Bandara yang kini masih difungsikan sebagai KA Solo Ekspress melayani relasi Solo-Jogja pergi pulang. (Solopos/Farida Trisnaningtyas)

Solopos.com, SOLO -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) menjanjikan kereta api (KA) Bandara Solo yang akan beroperasi akhir tahun ini tidak akan mahal dan memberatkan masyakat.

Hal itu diungkapkan Direktur Utama (Dirut) PT KAI, Edi Sukmoro, saat meresmikan ruang tunggu dan peron KA Bandara di Stasiun Solo Balapan, Kamis (29/8/2019).

Edi mengatakan pengoperasian KA bandara tinggal menunggu rampungnya proyek pembangunan rel kereta api di bawah tanggung jawab Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah I Jawa Tengah Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

Stasiun KA di Bandara Adi Soemarmo sudah rampung sejak akhir tahun lalu. “Akhir tahun ini akan tersambung relnya, proyek sudah 95%, sebentar lagi selesai. Jadi, masyarakat bisa mencoba kereta bandara baru baik di bandara maupun lewat Stasiun Solo Balapan,” ujar Edi.

Edi menambahkan tarif tiket KA bandara itu masih didiskusikan dengan Kementerian Perhubungan. Meski belum final, dia berjanji harga tiket KA bandara ini tidak akan membebani masyarakat.

Hal ini demi menyukseskan serta mendorong masyarakat menggemari pelayanan publik dengan naik kereta api. “Harga tiket sedang dibicarakan. Apakah sudah masuk APBN 2019 apa belum. Kalau rencana operasinya Oktober atau November, seharusnya sudah. Kami akan diskusikan lebih lanjut,” imbuhnya.

KA bandara ini nantinya menggunakan KA yang kini difungsikan sebagai KA Solo Ekspres relasi Solo-Jogja. Menurutnya, saat ini ada tiga train set atau rangkaian kereta api.

“Kami rencanakan KA bandara ini bisa melayani sampai 20 trip. Kami juga menunggu 4 train set lagi bikinan PT Inka yang bakal datang awal tahun nanti,” paparnya.

KA Solo Ekspres sementara ini melayani rute Prambanan Ekspress (Prameks), Stasiun Solo Balapan-Kutoarjo PP. Kereta rel diesel elektrik (KRDE) ini merupakan buatan PT Industri Kereta Api (Inka) Madiun.

Kereta ini memiliki berbagai fasilitas antara lain pendingin udara, TV, stopkontak, dan toilet. Kereta ini juga mengakomodasikan kepentingan penumpang berkebutuhan khusus dengan disediakannya area bagi penumpang berkursi roda.

Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten