Beroperasi Akhir Tahun, PT KAI Janji Harga Tiket KA Bandara Solo Tak Mahal

PT Kereta Api Indonesia (KAI) menjanjikan kereta api (KA) Bandara Solo yang akan beroperasi akhir tahun ini tidak akan mahal dan memberatkan masyakat.

Beroperasi Akhir Tahun, PT KAI Janji Harga Tiket KA Bandara Solo Tak Mahal

SOLOPOS.COM - KA Bandara yang kini masih difungsikan sebagai KA Solo Ekspress melayani relasi Solo-Jogja pergi pulang. (Solopos/Farida Trisnaningtyas)

Solopos.com, SOLO -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) menjanjikan kereta api (KA) Bandara Solo yang akan beroperasi akhir tahun ini tidak akan mahal dan memberatkan masyakat.

Hal itu diungkapkan Direktur Utama (Dirut) PT KAI, Edi Sukmoro, saat meresmikan ruang tunggu dan peron KA Bandara di Stasiun Solo Balapan, Kamis (29/8/2019).

Edi mengatakan pengoperasian KA bandara tinggal menunggu rampungnya proyek pembangunan rel kereta api di bawah tanggung jawab Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah I Jawa Tengah Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

Stasiun KA di Bandara Adi Soemarmo sudah rampung sejak akhir tahun lalu. “Akhir tahun ini akan tersambung relnya, proyek sudah 95%, sebentar lagi selesai. Jadi, masyarakat bisa mencoba kereta bandara baru baik di bandara maupun lewat Stasiun Solo Balapan,” ujar Edi.

Edi menambahkan tarif tiket KA bandara itu masih didiskusikan dengan Kementerian Perhubungan. Meski belum final, dia berjanji harga tiket KA bandara ini tidak akan membebani masyarakat.

Hal ini demi menyukseskan serta mendorong masyarakat menggemari pelayanan publik dengan naik kereta api. “Harga tiket sedang dibicarakan. Apakah sudah masuk APBN 2019 apa belum. Kalau rencana operasinya Oktober atau November, seharusnya sudah. Kami akan diskusikan lebih lanjut,” imbuhnya.

KA bandara ini nantinya menggunakan KA yang kini difungsikan sebagai KA Solo Ekspres relasi Solo-Jogja. Menurutnya, saat ini ada tiga train set atau rangkaian kereta api.

“Kami rencanakan KA bandara ini bisa melayani sampai 20 trip. Kami juga menunggu 4 train set lagi bikinan PT Inka yang bakal datang awal tahun nanti,” paparnya.

KA Solo Ekspres sementara ini melayani rute Prambanan Ekspress (Prameks), Stasiun Solo Balapan-Kutoarjo PP. Kereta rel diesel elektrik (KRDE) ini merupakan buatan PT Industri Kereta Api (Inka) Madiun.

Kereta ini memiliki berbagai fasilitas antara lain pendingin udara, TV, stopkontak, dan toilet. Kereta ini juga mengakomodasikan kepentingan penumpang berkebutuhan khusus dengan disediakannya area bagi penumpang berkursi roda.

Berita Terkait

Berita Terkini

Pekalongan Diprediksi Tenggelam 15 Tahun Lagi, Ini Sebabnya

Kota Pekalongan di Jawa Tengah diprediksi tenggelam pada 2036 akibat penurunan muka tanah dan naiknya permukaan air laut.

Wisata WGM Wonogiri Tutup, Pengunjung Kecele

Banyak warga yang kecele saat berkunjung ke sejumlah tempat wisata di Wonogiri, termasuk WGM, pada hari kedua Lebaran, Jumat (14/5/2021).

Duh, Pengemis Bawa Kabur Balita Usia 2 Tahun di Sragen

Seorang pengemis perempuan kedapatan membawa kabur seorang balita yang berusia 2 tahun asal Kelurahan Sragen Kulon, Sragen, pada Jumat (14/5/2021). 

Begini Kisah Seleksi Jadi Imam di Uni Emirat Arab

Kemenag melakukan seleksi imam masjid asal Indonesia yang akan diberangkatkan untuk bertugas di wilayah Uni Emirat Arab (UEA).

Melintas di Solo Saat Lebaran, 481 Kendaraan Diperiksa

Sebanyak 481 kendaraan berpelat luar Kota Solo diperiksa saat hari H Lebaran pada Kamis (13/5/2021).

Ketua LHKP-PWM Jateng Sesalkan Pernyataan Ali Mochtar Ngabalin, Desak Minta Maaf

Pernyataan Ali Muktar Ngabalin, Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden terkait Busro Muqodas disesalkan Khafid Sirotudin, Ketua Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) PW Muhammadiyah Jateng.

Bhabinkamtibmas Catat ada 1.241 Pemudik Tiba Sragen

Kebanyakan pemudik tiba di Sragen sebelum larangan mudik Lebaran diberlakukan.

Wuih! Ada Wahana Baru di Gunung Pegat Sukoharjo Loh

Gunung Pegat Sukoharjo kini dilengkapi sejumlah wahana baru.

Korban Tewas Karena Jebakan Tikus Di Sragen Tembus 17 Orang, Ini Daftarnya!

Korban meninggal dunia akibat tersengat jebakan tikus beraliran listrik terus berjatuhan di Kabupaten Sragen.

H+1 Lebaran, Pengunjung Wisata Air di Klaten Sepi

Disparbudpora Klaten memprediksi puncak kunjungan ke objek wisata air di Kabupaten Bersinar berlangsung, Sabtu (15/5/2021).

Inilah Tanda-Tanda Ban Sepeda Motor Harus Diganti

Rider sepeda motor wajib mengetahui kondisi ban saat berkendara karena ban menjadi salah satu komponen inti yang memberikan jaminan keselamatan.  

Gempa M 7,2 Guncang Nias

Gempa Bumi bermagnitudo (M) 7,2 mengguncang Nias Barat, Sumatra Utara, Jumat (14/5/2021)