Beroperasi Agustus 2022, LRT Jabodebek Melaju Tanpa Masinis

Sebelum beroperasi, LRT Jabodebek kereta tanpa masinis terlebih dahulu harus menjalani pengujian di lapangan.

 
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan saat memberikan sambutan secara virtual dalam acara pelepasan trainset ke-31 LRT Jabodebek, Kamis (14/10/2021). (Abdul Jalil/Solopos.com)

SOLOPOS.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan saat memberikan sambutan secara virtual dalam acara pelepasan trainset ke-31 LRT Jabodebek, Kamis (14/10/2021). (Abdul Jalil/Solopos.com)

Solopos.com, MADIUN — Seluruh LRT Jabodebek bikinan PT Inka rampung dikerjakan dan telah dikirim ke Jakarta. Trainset ke-31 atau yang terakhir baru dikirim pada Kamis (14/10/2021).

PromosiPerjanjian Ekstradisi Diteken Setelah 8 Kali Pergantian Dubes Singapura

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan LRT Jabodebek ditargetkan mulai beroperasi pada Agustus 2022. Sebelum beroperasi, kereta tanpa masinis ini terlebih dahulu harus menjalani pengujian di lapangan.

“Saya mengingatkan kepada stakeholder di proyek ini untuk terus menjaga solidaritas dan semangat dalam melakukan pengujian-pengujian kereta LRT selanjutnya di lapangan. Karena pekerjaan belum selesai, yang memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Supaya LRT Jabodebek dapat beroperasi dengan maksimal pada Agustus 2022,” kata Luhut saat memberikan sambutan daring dalam acara pelepasan trainset ke-31 LRT Jabodebek, Kamis.

Baca Juga: Faisal Basri Sebut Kereta Cepat Jakarta-Bandung Proyek Mubazir

Luhut menuturkan LRT bikinan Inka ini sudah menggunakan teknologi tinggi yaitu teknologi grade of automation (GoA) level tiga. Dengan teknologi itu memungkinkan kereta bisa beroperasi secara otomatis dan realtime sehingga tidak memerlukan masinis.

Untuk itu, dia meminta agar produksi dan pengujian LRT Jabodebek dilakukan sesuai dengan standar internasional. Hal ini penting untuk menjamin kualitas pelayanan dan keselamatan dalam pengoperasian kereta LRT.

“Saya tekankan kepada PT Inka, KAI, dan LEN memastikan setiap detail produksi dan pengujian LRT ini dilakukan dengan baik dan standar internasional yang menjadi acuan,” kata Luhut.

Baca Juga: Teten Masduki Sebut Shopee dan Lazada Komitmen Tutup Impor

Pengujian Internal

Keberhasilan Inka merampungkan proyek 31 trainset kereta LRT ini, kata dia, menegaskan bahwa bangsa Indonesia bisa membuat kereta api yang baik dengan teknologi tinggi.

Luhut berpesan setelah proses pengujian internal di pabrik Inka ini selesai, perlu adanya transfer knowledge dalam setiap produksi dan pengujian kereta LRT Jabodebek. Hal ini supaya ke depan bisa menguasai teknologi-teknologi moderen sehingga dapat meningkatkan kualitas SDM di bidang perkeretaapian.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Zulfikri, mengatakan LRT bikinan Inka ini akan beroperasi di wilayah aglomerasi Jakarta Bogor Depok dan Bekasi (Jabodebek) . Rencananya, LRT Jabodebek ini mulai beroperasi pada 2022.

Baca Juga: Semen Gresik Torehkan Prestasi Gemilang di Indonesia BUMN Awards 2021

Dia menuturukan kereta LRT ini bisa menjadi opsi bagi masyarakat dalam memilih transportasi massal untuk menunjang mobilitas.

“Seperti yang sudah disampaikan Presiden Joko Widodo, tujuan utama LRT Jabodebek ini dibangun adalah untuk menyediakan transportasi massal yang terintegrasi di wilayah aglomerasi Jabodebek dengan transportasi lainnya. Sehingga ini akan membuat efisiensi dari satu titik ke titik lainnya,” jelas dia.

Zulfikri menyampaikan pelepasan trainset ke-31 LRT Jabodebek ini merupakan momentum penting dalam pengoperasian. Kereta LRT ini memiliki teknologi lebih canggih dibandingkan teknologi perkeretaapian lain di Indonesia. Kereta LRT ini tidak memerlukan masinis.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

+ PLUS Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

Pulau Jawa memiliki paparan risiko bencana tinggi dibanding pulau lain, namun indeks risiko bencana lebuh tinggi dimiliki Kalimantan Timur dibanding DKI Jakarta.

Berita Terkini

Para Eks Miliarder Tuban Demo Minta Pekerjaan, Ini Tanggapan Pertamina

Setelah sempat menjadi miliarder karena mendapatkan ganti untung lahan, sejumlah warga di Tuban kini dikabarkan menuntut untuk mendapatkan pekerjaan dalam proyek itu.

+ PLUS Pemerintah Yakin Nasib Restrukturisasi Garuda akan Berakhir Baik

Pemerintah yakin proses restrukturisasi PT Garuda Indonesia Tbk. lewat payung hukum perpanjangan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) akan berakhir baik seperti Philippine Airlines.

Kasus Meningkat, Varian Omicron akan Pengaruhi Ekonomi Indonesia?

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mewaspadai peningkatan kasus Covid-19 varian Omicron yang berpotensi memengaruhi kinerja ekonomi kuartal I-2022.

Embrio, Strategi BRI Ciptakan Talenta Digital Inovatif dan Tangguh

Melalui program Embrio ini, diharapkan muncul ide-ide ‘radikal’ dari Insan BRIlian yang dapat menjadi solusi untuk pertumbuhan bisnis BRI. 

Utang RI Paling Terkendali, Ini Perbandingannya dengan Negara Lain

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan defisit fiskal dan utang Indonesia selama pandemi termasuk yang paling terkendali dan produktif.

Demi Fokus ke Lima Unit Bisnis, Unilever akan PHK 1.500 Karyawan

Unilever akan merampingkan model usahanya menjadi 5 unit bisnis. Hal ini berimbas pada pengurangan atau pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 1.500 karyawan secara global.

Naik Lagi Nih! Cek Harga Emas di Pegadaian 27 Januari 2022

Harga emas batangan 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Kamis (27/1/2022) ini terpantau naik untuk emas Antam dan UBS ukuran tertentu.

Tren WFH Meningkat, Omzet Perusahaan Parkir Anjok

Terdapat kendala pemulihan omzet dan volume parkir lantaran perilaku masyarakat yang sudah terbiasa bekerja dari rumah selama pandemi ini.

Indonesia Punya Potensi Logam Paling Langka di Dunia!

Potensi logam tanah jarang di Indonesia terbilang menjanjikan jika melihat potensi yang masih tersimpan dan belum tereksplorasi.

Dikukut Polisi, Ruko di Jakut Jalankan 14 Aplikasi Pinjol Ilegal

Zulpan juga mengungkapkan perusahaan operator pinjol ilegal tersebut juga melakukan penagihan kepada nasabahnya dengan cara-cara yang melanggar hukum.

Persaingan Live Shopping Kian Sengit, E-Commerce Mana Paling Diminati?

Pendekatan live shopping menggunakan paltform media sosial diprediksi mengalami peningkatan ke depan dan akan makin banyak diadopsi oleh penyedia platform media sosial.

Buka 6 Cabang, Burjo Ambucuy Raih Omzet Puluhan Juta Rupiah Per Bulan

Warung makan yang buka 24 jam ini juga sering menjadi tempat mahasiswa atau pelajar untuk mengerjakan tugas. Oleh karena itu, burjo sering ditemui di kawasan sekitar sekolah dan kampus.

Live Shopping Tingkatkan Kunjungan Toko Online 200 Kali Lipat Lebih

Strategi live shopping yang diadopsi oleh para e-commerce, diklaim mampu tingkatkan kunjungan toko para mitra.

Tanoto Foundation Kukuhkan 172 Mahasiswa Penerima Beasiswa TELADAN

Tanoto Foundation sangat peduli dengan upaya peningkatan kapasitas kepemimpinan di kalangan generasi muda melalui program Beasiswa TELADAN.

Mantap! BRI Berikan Beasiswa Kuliah S2 untuk 36 Wartawan

Sebanyak 972 wartawan dari seluruh Indonesia mendaftarkan diri dalam ajang BRI Fellowship Journalism yaitu beasiswa kuliah S2 di PTN.