SOLOPOS.COM - Ada mitos tubuh terasa lemas jika berolahraga saat puasa (ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, JAKARTA--Ada mitos tubuh terasa lemas jika berolahraga saat puasa. Benarkah demikian?

Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini. Ramadan sudah di depan mata. Dan biasanya orang cenderung malas melakukan olahraga saat sedang menjalankan ibadah puasa. Alasannya, mereka takut tubuh terasa lemas jika nekat berolahraga saat puasa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ternyata, berolahraga membuat tubuh menjadi lemas tidak sepenuhnya benar. Justru dengan berolahraga, tubuh akan menjadi lebih bugar. Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus saat bekerja, peredaran darah lancar, serta kamu akan terhindar dari berbagai penyakit.

Nah berikut ini trik agar terhindar dari tubuh terasa lemas saat berolahraga di Bulan Puasa sebagaimana melansir laman halodoc, belum lama ini:

1. Perhatikan Jenis Olahraga yang Ingin Dilakukan

Perhatikan jenis olahraga yang mau kamu jalani. Sebaiknya lakukan jenis olahraga dengan intensitas ringan, seperti berjalan, joging, dan bersepeda. Disarankan untuk tidak mencoba melakukan olahraga dengan intensitas tinggi, karena khawatir tubuh kamu tidak mampu melakukannya. Jika hal ini terjadi, kamu bisa mengalami lemas saat puasa. Otomatis puasa kamu jadi tidak lancar.

Baca Juga: Cegah Bau Mulut? Jaga Kesegaran Napas Dengan Cara Ini

2. Penuhi Asupan Cairan saat Sahur dan Berbuka

Dehidrasi  bisa bikin tubuh terasa lemas saat berolahraga di Bulan Puasa, apalagi dilakukan pada saat cuaca panas. Untuk mencegah hal ini terjadi, asupan cairan ke dalam tubuh juga harus diperhatikan. Kamu juga disarankan untuk membatasi aktivitas fisik di siang hari untuk mencegah dehidrasi. Melakukan olahraga yang mengeluarkan banyak keringat di siang hari saat puasa dapat menyebabkan dehidrasi karena cairan tubuh hilang melalui keringat. Hal ini tentunya akan membuat kamu jadi lemas.

3. Penuhi Asupan Makanan yang Diperlukan

Waktu makan di bulan puasa tentu akan berubah dibandingkan dengan hari biasanya. Selain itu, porsi makan mungkin juga dapat berubah. Nah, agar terhindar tubuh terasa lemas berolahraga saat puasa usahakan untuk tetap memakan makanan dalam jumlah yang sama seperti biasanya. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat gizi, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral untuk memenuhi kebutuhan zat gizi yang diperlukan tubuh.

Baca Juga: Sekolah Tatap Muka, Waspadai Titik Lengah Anak Tertular Corona

Karbohidrat merupakan energi utama bagi tubuh. Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan serat saat sahur diperlukan untuk membantu melepaskan energi secara perlahan, sehingga energi dalam tubuh tidak cepat habis. Selain karbohidrat, protein juga sangat diperlukan tubuh. Untuk itu, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi, seperti ikan, daging, dan telur saat sahur dan berbuka. Protein dapat membantu memulihkan dan memperbaiki sel-sel otot yang rusak ketika berolahraga.

4. Perhatikan Kapan Waktu Menjalani Olahraga

Memperhatikan kapan waktu olahragajuga penting agar tubuh tidak terasa lemas. Kamu tidak disarankan untuk melakukan olahraga di waktu tengah hari bolong. Karena jika kamu menjalaninya, kamu tidak hanya lemas, bahkan bisa saja kamu mengidap dehidrasi. Lebih baik, lakukan olahraga ringan setengah jam sebelum berbuka puasa. Atau lebih baik lakukan olahraga setelah berbuka, karena setelah berbuka tubuh mendapatkan energinya kembali dari makanan dan minuman.

Namun, kembali lagi kepada individu masing-masing. Bagi mereka yang tidak terbiasa olahraga, hal ini pasti terasa sangat berat dijalani. Ada orang yang mampu melakukan olahraga saat berpuasa dan ada juga yang tidak. Hal ini tergantung pada kebiasaan orang tersebut melakukan olahraga. Hal yang terpenting setelah melakukan olahraga, kamu tidak merasa lemas, pusing, atau bahkan pingsan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya