SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA--PT Kalbe Farma Tbk menganggarkan dana sebesar Rp500 miliar untuk melakukan akuisisi sekitar lima perusahaan pada 2013.

Direktur Keuangan sekaligus Sekretaris Perusahaan Vidjongtius mengungkapkan untuk satu perusahaan yang akan diakuisisi, perseroan membatasi nilai akuisisi pada kisaran Rp100 miliar-Rp200 miliar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami tengah melakukan penjajakan dengan beberapa perusahaan untuk akuisisi, ini untuk pertumbuhan kinerja selain dari inovasi produk sendiri,” ucapnya.

Emiten farmasi ini menargetkan penambahan sebanyak 10 sampai 20 produk baru pada tahun ini. penambahan produk bisa berasal dari inovasi maupun hasil akuisisi.

Pembatasan nilai akuisisi dilakukan menyusul keputusan perseroan untuk menyimpan treasury stock yang telah digenggam sejak 2008 silam. Regulator pasar modal memang mengatur jangka waktu  perseroan memiliki treasury stock yakni selama 5 tahun.

Sebelumnya, perseroan berencana melakukan aksi akuisisi menggunakan dana hasil pelepasan treasury stock, namun belakangan Kalbe memutuskan untuk menyimpan (cancel treasury stock) sebanyak 7,7% dari total saham beredar.

“Awalnya dulu pada 2008 ketika krisis harga saham perusahaan anjlok jadi kami membeli saham sendiri sebagai sarana berinvestasi. Menurut aturan expired-nya 5 tahun dan sekarang kami memutuskan untuk tidak menjualnya,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya