SOLOPOS.COM - Sebanyak 32 biksu yang melakukan ritual jalan kaki atau thudong menuju Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng) tiba di Banjir Kanal Barat, Kota Semarang, Minggu (28/5/2023). (Solopos.com/Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG — Sebanyak 32 biksu yang melakukan ritual Thudong dari Thailand menuju ke Candi Borobudur saat ini telah tiba di Kota Semarang, Jawa Tengah. Mereka akan melanjutkan perjalanan pada Senin (29/5/2023) sekitar pukul 05.00 WIB.

Terkait perjalanan puluhan para biksu tersebut, Pemerintah Kota Semarang bakal mengawal hingga sampai ke perbatasan di Ungaran, Kabupaten Semarang.

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

“Kami akan kawal, berikan pendampingan sampai beliau-beliau di Ungaran, sampai perbatasan,” kata Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, saat penyambutan biksu “Thudong” di Vihara Adi Dharma, Semarang, Minggu (28/5/2023).

Ita, sapaan akrab Hevearita juga akan menyiapkan pendampingan, termasuk fasilitas ambulans untuk mendampingi perjalanan para biksu tersebut.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kami tetap siap nanti jika diperlukan pendampingan-pendampingan, tadi juga membutuhkan ambulans akan kami siapkan. Yang penting beliau bisa lancar perjalanannya dan sampai di Candi Borobudur dengan selamat,” katanya.

Saat ini, 32 biksu tersebut akan bermalam di Vihara Adi Dharma Semarang. Mereka akan melanjutkan perjalanan pada Senin beso.

“Ini ada di Vihara Adi Dharma, besok [29/5/2023] mulai lagi start jam 5 [05.00 WIB]. Beliau biksu Thudong ini mulai start, kemudian bermalam di Ambarawa, dan di Kota Magelang, baru ke Candi Borobudur,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPD Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Jawa Tengah, Tanto Harsono, menjelaskan bahwa 32 biksu Thudong itu masuk dari kawasan Tugu, atau perbatasan dengan Kabupaten Kendal.

Ia menjelaskan bahwa para biksu tersebut memiliki tujuan pertama di Kota Semarang, yakni Vihara Adi Dharma untuk melakukan upacara atau sembahyang sebelum beristirahat.

“Ini hari pertama memasuki Semarang dengan tujuan pertama di Vihara Adi Dharma, Widoharjo. Di vihara ada upacara simpel ya. Ada 32 bhante yang mengikuti ritual ‘Thudong’,” kataya.

Di Vihara Adi Dharma, umat Buddha juga memadati tempat ibadah tersebut untuk menyambut kedatangan 32 biksu tersebut, dan bersembahyang bersama.

Rencananya, kata dia, 32 biksu tersebut akan ke Gang Lombok, Bukit Wungkap Kasap Pudakpayung, Banyumanik tempat Vihara 2500 Buddha Jayanti, dan dilanjutkan ke Ambarawa.

“Besoknya lagi, dari Ambarawa ke Magelang lewat jalan provinsi,” kata Tanto Harsono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya