SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA – Debat calon presiden dan calon wakil presiden berlangsung Kamis (17/1/2019) pukul 20.00  WIB dengan durasi dua jam dan disiarkan secara langsung melalui televisi, radio, serta media daring.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Viryan Aziz mengatakan selama dua jam, acara akan dibagi menjadi enam segmen.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Segmen pertama adalah penyampaian visi misi. Mekanismenya masing-masing pasangan calon menyampaikan secara bergantian sesuai nomor urut. Total waktu untuk segmen ini 21 menit,” katanya saat dihubungi, Kamis (17/1/2019).

Ekspedisi Mudik 2024

Bagian selanjutnya jelas Viryan masuk ke pendalaman visi misi pada tema hukum dan hak asasi manusi (HAM). Setiap pembahasan terbagi atas dua sesi.

Pada segmen ini moderator akan memberikan pertanyaan kepada pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dan langsung dijawab. Lawannya kemudian menanggapi program tersebut dan kembali dijawab Prabowo-Sandi.

Sesi kedua gantian pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin yang menjawab pertanyaan dari moderator. Proses saling lempar komentar tidak berbeda dengan sebelumnya. Begitu seterusnya pada sesi HAM.

Lanjut ke segmen ketiga akan mendalami tentang korupsi dan terorisme. Prosesnya tidak jauh berbeda dengan pertama. Akan tetapi pertanyaan pertama dilempar kepada Jokowi-Ma’ruf. Waktu yang diberikan untuk dua segmen ini kurang lebih 24 menit.

Proses debat pada segmen keempat berbeda dari kedua dan ketiga dengan waktu yang diberikan selama 15 menit. “Kembali membahas soal hukum dan HAM tapi pertanyaan dari masing-masing calon,” jelas Viryan.

Segmen kelima juga sama dengan keempat. Isu yang dibahas soal korupsi dan terorisme.

Terakhir ucap Viryan adalah pernyataan tertutup dari semua peserta debat. Waktu yang diberikan 9 menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya