Berkursi Roda, Warga Lansia di Bolopleret Klaten Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19

Jumlah warga di desa Bolopleret yang mengikuti vaksinasi Covid-19 pada hari ini mencapai 357 orang.

 Sri Mulyani, 68 warga lansia berkursi roda di Bolopleret, Kecamatan Juwiring, Klaten, pulang setelah mengikuti vaksinasi Covid-19 di SDN 2 Bolopleret, Rabu (15/9/2021). (Solopos-Ponco Suseno)

SOLOPOS.COM - Sri Mulyani, 68 warga lansia berkursi roda di Bolopleret, Kecamatan Juwiring, Klaten, pulang setelah mengikuti vaksinasi Covid-19 di SDN 2 Bolopleret, Rabu (15/9/2021). (Solopos-Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN — Sri Mulyani, 68 dan Sunaryono, 84, warga Bolopleret, Kecamatan Juwiring, Klaten, antusias mengikuti vaksinasi Covid-19 di SDN 2 Bolopleret, Rabu (15/9/2021) pagi. Kedua orang lansia itu mengikuti vaksinasi dengan menggunakan kursi roda.

Sri Mulyani dan Sunaryono harus menjalani screening yang dilakukan tim medis terlebih dahulu. Setelah dinyatakan layak mengikuti vaksinasi, keduanya disuntik oleh tim medis. Keduanya juga menjalani observasi pascadisuntik. Begitu dinyatakan tak muncul gejala apa pun, keduanya dipersilakan pulang.

“Saya tadi begitu datang langsung ditangani. Soalnya, saya termasuk lansia yang harus didahulukan. Saya memang ingin divaksinasi agar terhindar dari Covid-19. Kebetulan, saya tidak punya penyakit bawaan. Saya berharap, semoga Covid-19 segera hilang,” kata Sri Mulyani, saat ditemui Solopos.com, di sela-sela vaksinasi di Bolopleret, Rabu (15/9/2021).

Baca juga: Dari Ribuan Peserta Tes CPNS Klaten, Hanya 40 Orang Daftar Vaksinasi Covid-19

Selain orang lansia, sejumlah warga lainnya di Bolopleret juga mengikuti vaksinasi Covid-19 di antaranya, Slamet, 40.

“Saya sudah lama ingin divaksinasi. Tadi sudah disuntik. Rasanya biasa saja. Setelah divaksinasi ini, saya pribadi lebih tenang,” katanya.

Zona Hijau Covid-19

Kepala Desa (Kades) Bolopleret, Catur Joko Nugroho, mengatakan jumlah warga di desanya yang mengikuti vaksinasi di desanya mencapai 357 orang.

Di samping warga Bolopleret, 35 petugas yang terdiri dari sukarelawan dan tim medis juga melayani vaksinasi ke 43 orang di luar Bolopleret. “Warga di sini sangat antusias mengikuti vaksinasi. Termasuk para lansia,” katanya.

Baca juga: Disokong Belasan Donatur, Warung Makan Gratis di Kalikotes Klaten Eksis Saat Pandemi

Catur mengatakan Desa Bolopleret tergolong zona hijau Covid-19 sejak awal Agustus 2021. Selain tetap disiplin protokol kesehatan (prokes), pemdes berusaha berkoordinasi dengan seluruh instansi terkait guna mempercepat vaksinasi Covid-19 di Bolopleret.

“Masih ada 1.700-an orang yang perlu divaksinasi. Nanti dilakukan bertahap,” kata Catur.

Hal senada dijelaskan bidan di Bolopleret, Kecamatan Juwiring, Sukeksi Woro Prihatin. Vaksinasi yang dilakukan di Bolopleret guna membentuk kekebalan tubuh masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Prokes sudah baik. Hal itu perlu ditunjang imunitas yang baik juga,” katanya.

Baca juga: Siasat Pandai Besi Segaran Delanggu Beralih ke Mesin Tempa Gegara Minim Tenaga Kerja

Berita Terkait

Berita Terkini

Ciamik! Colomadu Dirancang Jadi Solo Baru-nya Karanganyar

Bupati Karanganyar berencana menjadikan Kecamatan Colomadu sebagai pusat industri dan perdagangan selayaknya Solo Baru.

Jos, Atlet Jateng dari UTP Solo Juara Umum Kickboxing PON Papua

Atlet kickboxing Jawa Tengah (Jateng) meraih juara umum di PON XX Papua merupakan mahasiswa UTP Solo.

Rasa Teh di Solo Ternikmat No Debat, Sepakat?

Teh ginastel di Kota Solo yang diracik dengan mengoplos berbagai merek merupakan sajian kuliner khas ternikmat, sepakat?

Melihat Bayangan Seperti Makhluk Gaib di CCTV, Warga Wonogiri Trauma

Kamera pengintai atau closed circuit television (CCTV) yang terpasang di rumah pengusaha properti di Wonogiri merekam bayangan hitam.

Sambil Nglarisi Bakul, Bupati Sukoharjo Sosialisasi Prokes

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani memiliki cara tersendiri untuk menyosialisasikan protokol kesehatan kepada pedagang di pasar tradisional.

Jos! Vaksinasi Covid-19 di Desa Sidomulyo Boyolali Capai 75%

Warga Desa Sidomulyo, Kecamatan Ampel, Boyolali, antusias dalam mengikuti vaksinasi Covid-19. Hal itu terbukti dengan capaian vaksinasi yang menembus angka 75%.

Kebakaran Pasar Janglot Sragen: 50 Kios Kobong, Rp4,1 Miliar Melayang

Nilai kerugian akibat kebakaran di Pasar Janglot Sragen, Jawa Tengah, Minggu (26/9/2021) diperkirakan mencapai Rp4,1 miliar.

Saingan Ketat CPNS Solo: SKD Tinggi, Diambil 3 Orang Per Formasi

Tes CPNS untuk pegawai Pemkot Solo kali ini memiliki daya saing yang sangat tinggi karena rata-rata peserta meraih nilai tinggi di atas passing grade.

Vaksinasi Covid-19 di Klaten Ditarget 70 Persen hingga Akhir Tahun

Pemkab Klaten mematok capaian vaksinasi Covid-19 di daerah setempat mampu menembus angka minimal 70 persen hingga akhir tahun 2021.

Pasar Janglot Tangen Sragen Terbakar, Puluhan Los Ludes

Kebakaran hebat terjadi di Pasar Janglot, Desa Katelan, Kecamatan Tangen, Sragen, pada Sabtu (25/9/2021) pukul 23.20 WIB.

Asale Sendang Bendo Jadi Asal Mula Desa Bendo di Boyolali

Sendang Bendo bahkan sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Sementara disebut Sendang Bendo, karena di sekitar sendang itu berdiri pohon bendo yang umurnya sudah tua.

Gibran: Random Testing di Solo Lanjut, Klaster PTM Harus Diselidiki

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan random testing swab antigen di sekolah yang menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas bakal terus dilakukan.

Terjaring Razia, 29 Motor Knalpot Brong Dibawa ke Satlantas Karanganyar

Sebanyak 29 kendaraan berknalpot brong ditertibkan oleh Satlantas Polres Karanganyar saat Operasi Patuh Candi 2021

Buat Penyuka Pedas, Berani Coba Botok Mercon Mbah Wiro?

WM Bothok Mercon Mbah Wiro di timur Jembatan Gawan perbatasan Tanon-Sidoharjo, Sragen, cukup populer di kalangan pecinta kuliner pedas.

Bimsalabim! Lahan Tidur Di Jangglengan Sukoharjo Disulap Jadi Produktif

Pemerintah Desa Jangglengan, Kecamatan Nguter mengoptimalkan lahan tidur di sekitar rawa-rawa untuk ditanami holtikultura.