SOLOPOS.COM - Sri Mulyani, 68 warga lansia berkursi roda di Bolopleret, Kecamatan Juwiring, Klaten, pulang setelah mengikuti vaksinasi Covid-19 di SDN 2 Bolopleret, Rabu (15/9/2021). (Solopos-Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN — Sri Mulyani, 68 dan Sunaryono, 84, warga Bolopleret, Kecamatan Juwiring, Klaten, antusias mengikuti vaksinasi Covid-19 di SDN 2 Bolopleret, Rabu (15/9/2021) pagi. Kedua orang lansia itu mengikuti vaksinasi dengan menggunakan kursi roda.

Sri Mulyani dan Sunaryono harus menjalani screening yang dilakukan tim medis terlebih dahulu. Setelah dinyatakan layak mengikuti vaksinasi, keduanya disuntik oleh tim medis. Keduanya juga menjalani observasi pascadisuntik. Begitu dinyatakan tak muncul gejala apa pun, keduanya dipersilakan pulang.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Saya tadi begitu datang langsung ditangani. Soalnya, saya termasuk lansia yang harus didahulukan. Saya memang ingin divaksinasi agar terhindar dari Covid-19. Kebetulan, saya tidak punya penyakit bawaan. Saya berharap, semoga Covid-19 segera hilang,” kata Sri Mulyani, saat ditemui Solopos.com, di sela-sela vaksinasi di Bolopleret, Rabu (15/9/2021).

Baca juga: Dari Ribuan Peserta Tes CPNS Klaten, Hanya 40 Orang Daftar Vaksinasi Covid-19

Ekspedisi Mudik 2024

Selain orang lansia, sejumlah warga lainnya di Bolopleret juga mengikuti vaksinasi Covid-19 di antaranya, Slamet, 40.

“Saya sudah lama ingin divaksinasi. Tadi sudah disuntik. Rasanya biasa saja. Setelah divaksinasi ini, saya pribadi lebih tenang,” katanya.

Zona Hijau Covid-19

Kepala Desa (Kades) Bolopleret, Catur Joko Nugroho, mengatakan jumlah warga di desanya yang mengikuti vaksinasi di desanya mencapai 357 orang.

Di samping warga Bolopleret, 35 petugas yang terdiri dari sukarelawan dan tim medis juga melayani vaksinasi ke 43 orang di luar Bolopleret. “Warga di sini sangat antusias mengikuti vaksinasi. Termasuk para lansia,” katanya.

Baca juga: Disokong Belasan Donatur, Warung Makan Gratis di Kalikotes Klaten Eksis Saat Pandemi

Catur mengatakan Desa Bolopleret tergolong zona hijau Covid-19 sejak awal Agustus 2021. Selain tetap disiplin protokol kesehatan (prokes), pemdes berusaha berkoordinasi dengan seluruh instansi terkait guna mempercepat vaksinasi Covid-19 di Bolopleret.

“Masih ada 1.700-an orang yang perlu divaksinasi. Nanti dilakukan bertahap,” kata Catur.

Hal senada dijelaskan bidan di Bolopleret, Kecamatan Juwiring, Sukeksi Woro Prihatin. Vaksinasi yang dilakukan di Bolopleret guna membentuk kekebalan tubuh masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Prokes sudah baik. Hal itu perlu ditunjang imunitas yang baik juga,” katanya.

Baca juga: Siasat Pandai Besi Segaran Delanggu Beralih ke Mesin Tempa Gegara Minim Tenaga Kerja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya