Berkat Tokopedia, Omzet 3 UMKM Lokal ini Melesat

Di Hari UMKM Nasional, Tokopedia mengumumkan daerah dengan peningkatan penjualan paling banyak.

 Hari UMKM Nasional - Kolaborasi Tokopedia Dukung UMKM Lokal Meraja di Negeri Sendiri. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Hari UMKM Nasional - Kolaborasi Tokopedia Dukung UMKM Lokal Meraja di Negeri Sendiri. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) saat ini memang mengandalkan pada platform marketplace online, salah satunya Tokopedia.

Berkat inovasi yang memudahkan pelaku UMKM, salah satu perusahaan bagian dari Grup GoTo itu pun mendapatkan apresiasi dari Menteri Koperasi dan UKM (Kemenkop-UKM), Teten Masduki, tepat di Hari UMKM Nasional.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

“Kami menyampaikan apresiasi kepada Tokopedia yang senantiasa menjadi mitra pemerintah dalam mengakselerasi transformasi digital UMKM di tanah air,” ujar Teten pada siaran pers yang diterima Solopos.com, Jumat (12/8/2022).

Menurut Teten, UMKM Indonesia menghadapi tantangan berat dalam tiga tahun terakhir karena pandemi Covid-19. Karena itu, ia menekankan pentingnya pelaku UMKM mengoptimalkan ekosistem digital untuk bertahan sebagai salah satu pilar utama ekonomi nasional.

Tokopedia memang menjalin hubungan yang erat dengan Kementerian Koperasi dan UKM demi mendukung pelaku UMKM di Nusantara.

Tokopedia telah bekerja sama dengan Garda Transformasi Formal Usaha Mikro (Transfumi) dalam memberikan sosialisasi dan fasilitasi penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi pelaku UMKM di Tokopedia, Digitalisasi Warung, dan Kelas Akselerasi Digital. 

Baca Juga: Rekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Menteri Teten yakin peningkatan jumlah UMKM bertransformasi digital akan menjadi fondasi bagi Indonesia untuk dapat mengoptimalkan potensi ekonomi digital sehingga pada 2030 akan mencapai Rp4.531 triliun.

Pada Juni 2022, Kemenkop-UKM mencatat sudah ada sebanyak 19,5 juta pelaku UMKM atau sebesar 30,4% dari total UMKM telah hadir pada platform e-commerce.

Program Tokopedia Dukung UMKM Lokal

Di sisi lain, Tokopedia melalui inisiatif Hyperlocal, mengusung teknologi geo-tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli setempat agar UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh.

Salah satu manifestasinya, halaman kurasi produk UMKM setempat Kumpulan Toko Pilihan (KTP) berdasarkan lokasi pengguna.

Vice President of Marketplace Tokopedia, Yudhiaji Kusuma, menjelaskan deretan program itu berdampak positif bagi pelaku UMKM lokal.

Selama semester I 2022, Mempawah, Lampung Barat dan Lombok Utara mengalami kenaikan jumlah penjual tertinggi dibandingkan semester I 2021. Sedangkan daerah dengan kenaikan jumlah pembeli paling tinggi adalah Asmat, Tual dan Jeneponto.

Inovasi Tokopedia

Tokopedia melakukan juga riset komprehensif lewat tim yang dipimpin oleh Head of Product and UX Research Tokopedia, Jesslyn Siswanto, sebelum melakukan sejumlah inovasi.

Pengembangan konten di Pusat Edukasi Seller, fitur Bundling Produk dan Banner Toko, dan inovasi lain di Tokopedia memang memberikan kemudahan bagi para seller, antara lain UniNam, iniTempe, dan Heritage Brass.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

Pemilik usaha rendang UniNam, Merri Aisir, memberdayakan ibu-ibu di sekitar dapur UniNam dan membantu para petani dan peternak di Payakumbuh, Sumatera Barat. Dengan modal awal hanya Rp2 juta, kini omzet UniNam bisa mencapai puluhan juta.

“Saya tidak berhenti belajar memakai berbagai fitur di Tokopedia karena sangat memudahkan dalam berjualan online. Salah satu yang terus saya manfaatkan adalah fitur Bundling Produk, yang membantu mengelola persediaan produk agar tidak menumpuk,” jelas Merri.

Pelaku UMKM lain, Benny Santoso, 26, asal Kota Solo, Jawa Tengah mampu mengoptimalkan bisnisnya lewat toko iniTempe di Tokopedia yang ia jalankan sejak 2016.

Bisnis iniTempe memberdayakan petani kedelai lokal dari wilayah Grobogan, Jawa Tengah dan Pulaki, Bali. Benny membeli langsung kedelai mentah dari para petani dengan harga yang lebih tinggi dari harga tengkulak.

Ketika memulai bisnis, pelanggan iniTempe ialah turis asing di Bali, Namun saat pandemi melanda, pasar lokal dan platform online Tokopedia justru menjadi penyelamatnya.

“Kini lewat Tokopedia, omzet kami mencapai belasan juta. Para petani kedelai pun bisa semakin sejahtera,” kata Benny.

Baca Juga: Top! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Pelaku UMKM dari Semarang, Mita Nurul Fajar Indah, melalui Heritage Brass, sangat peduli dengan pemberdayaan perajin lokal kuningan.

Dengan menggandeng perajin dari Juwana, Pati, Jawa Tengah, Mita membuat seluruh aksesoris dekorasi rumah dari material kuningan daur ulang.

“Berkat pemanfaatan platform online, saya bisa meneruskan usaha keluarga saya yang sudah berdiri puluhan tahun. Tokopedia berkontribusi signifikan terhadap penjualan Heritage Brass. Omzet kami meningkat dua kali lipat dibanding sebelum bergabung di Tokopedia,” tutup Mita.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Getirnya Lagu Kanjuruhan dan Konsistensi Kritik Sosial Iwan Fals

      Getirnya Lagu Kanjuruhan dan Konsistensi Kritik Sosial Iwan Fals

      Lewat lagunya berjudul Kanjuruhan, Iwan Fals menunjukkan konsistensinya sebagai musisi yang menyuarakan kegelisahan hati masyarakat di balik Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan sekitar 130 orang. Kritik sosial tercermin dari setiap lirik lagunya yang terasa getir dan menyayat hati.

      Berita Terkini

      Seluruh Harga Pangan di Pasar Legi dan Nusukan Stabil, Kamis 6 Oktober 2022

      harga komoditas pangan di Pasar Legi dan Pasar Nusukan terpantau stabil pada Kamis (6/10/2022).

      Antam dan UBS Naik! Cek Harga Emas Pegadaian, Kamis 6 Oktober 2022

      Harga emas yang dijual di Pegadaian, Kamis (6/10/2022) hari ini kompak naik untuk cetakan Antam dan cetakan UBS.

      IHSG Diprediksi Rawan Terkoreksi, Saham Perbankan Tetap Dicari

      Tim riset MNC Sekuritas menyatakan IHSG bergerak cenderung flat dan ditutup pada level 7.075. Adapun pergerakan IHSG masih berada di atas MA60.

      Inovasi Baru dari Sragen, Pasta Kapur Pengganti Malam Batik

      Inventor asal Kabupaten Sragen, Dwys Apga Kartiyanto membawa inovasi baru dunia seni dan fashion dalam Lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova) 2022.

      Bisa Terhindar dari Macet, Cek Jadwal KRL Commuterline Solo-Jogja Hari Ini

      Informasi jadwal keberangkatan Commuterline atau yang lebih dikenal KRL Solo-Jogja perlu diketahu bagi para pelaju dan warga yang ingin jalan-jalan. 

      Mengintip Kebijakan Pemerintah Norwegia yang Sukses Kembangkan Mobil Listrik

      Keseriusan Norwegia untuk mengembangkan mobil listrik sudah dimulai sejak 1990-an lewat berbagai kebijakan. Kini, Norwegia bersiap menjadi negara pertama yang hanya akan menjual mobil listrik pada 2025.

      Pisalin Luncurkan Seri Produk Baru, Sepet Madu

      Pisalin by Tokosolopos kembali meluncurkan seri produk terbarunya. Diberi nama seri Sepet Madu, kali ini Pisalin menampilkan busana kebaya batik dengan berbagai model.

      Menikahi Catherine Wilson dengan Mas Kawin Mahal, Segini Kekayaan Idham Mase

      Idham Mase resmi menikah dengan artis Catherine Wilson dengan mas kawin mahal. Lantas berapa total kekayaan Idham Masse yang merupakan anggota DPRD Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan itu?

      Kabar Gembira untuk Pencinta Toyota, Nasmoco Bagi-Bagi SUV di Akhir Tahun

      Dealer resmi Toyota di Jawa Tengah dan DIY tersebut akan bagi-bagi mobil SUV untuk bisa dibawa pulang secara cuma-cuma oleh konsumen yang beruntung.

      Infrastruktur Butuh Rp6.445 Triliun hingga 2024, APBN Hanya Penuhi 37%

      Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Rionald Silaban menyebutkan pembangunan infrastruktur di Indonesia sepanjang 2020 sampai 2024 membutuhkan dana sebesar Rp6.445 triliun.

      Winter Tech, Si Biang Kerok Startup Lakukan PHK Besar-Besaran

      Winter tech atau masa stagnasi dalam kemajuan teknologi dianggap sebagai biang kerok banyaknya perusahaan startup yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) secara besar-besaran.

      Pemkot Solo Bersama STP akan Fasilitasi Inventor Pemenang Krenova 2022

      Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan menghilirisasi produk-produk inovatif hasil Lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova) 2022.

      Strategi BRI Capai Net Zero Emission, Pakai Mobil Listrik sampai Green Building

      Penggunaan sumber daya ramah lingkungan dan energi baru terbarukan (EBT) oleh BRI secara gradual akan terus ditingkatkan.

      BPOM Ungkap 26 Juta Pcs Obat Tradisional Ilegal, Sebagian Besar Dijual Online

      BPOM menemukan sebanyak 26 juta pcs obat tradisional dan suplemen kesehatan ilegal dengan nilai lebih dari Rp540 miliar.

      Tiap Bulan, 817.000 Meter Kubik Air PDAM Solo Hilang

      Air hilang atau non-revenue water (NRW) adalah air yang tidak berekening atau tak bisa diuangkan.