Berkat Billie Holiday, Andra Day Cetak Sejarah di Golden Globe 2021
Andra Day (Twitter/@andradaybr)

Solopos.com, JAKARTA--Andra Day berhasil mencetak sejarah dengan memenangi piala di ajang Golden Globe Awards 2021 untuk kategori Best Performance by a Leading Actress in a Motion Picture-Drama. Artis ini berhasil memenangi penghargaan itu lewat perannya dalam The United States vs. Billie Holiday.

Dalam film itu, dia memerankan musikus jaz legendaris Billie Holiday. Andra Day menjadi aktris kulit hitam kedua yang memenangi kategori tersebut di sepanjang penyelenggaraan Golden Globe Awards selama 78 kali. Dia juga menjadi aktris kulit hitam pertama yang membawa pulang piala itu setelah 35 tahun lamanya.

Ya selama penyelenggaraan Golden Globe, baru dua artis kulit berwarna yang memenangi perhargaan untuk kategori itu.  Sebelumnya, pada 1986, Whoopi Goldberg menjadi aktris kulit hitam pertama yang memenangi kategori sama di ajang Golden Globe Awards lewat perannya dalam The Color Purple.

Baca Juga: Tips Agar Tidak Terpapar Corona B117 yang Sudah Masuk Indonesia

Artis Hollywood Halle Berry pernah jadi nomine Golden Globe pada 2002 lewat Monster's Ball tapi dia tidak berhasil membawa pulang piala di ajang itu. Meski demikian, Halle Berry justru menang di Academy Awards atau Oscar lewat peran yang sama.

"Aku ingin berterima kasih pada Tuhan, terima kasih telah memberikanku keluarga yang mendukungku, ayahku, ibuku," kata Andra Day membuka pidatonya.

"Terima kasih kepada Billie Holiday telah menjadi seseorang yang sungguh luar biasa, transformatif dan dinamis," ujarnya sambil menangis. "Terima kasih pada semua orang yang telah terlibat dalam proyek ini, Tuhan memberkati kalian semua," sambungnya seperti dikutip dari detikcom, Kamis (4/3/2021).

Andra Day merupakan penyanyi dan aktris kelahiran 30 Desember 1984. Menapaki dunia keartisan, perempuan bernama Cassandra Monique Batie itu sempat mengalami jatuh-bangun.

Baca Juga: Tak Banyak Yang Tahu, Nia Ramadhani Sembunyikan Ini

Lahir di Edmonds, Washington, Amerika Serikat, dia menghabiskan masa kecil dan tumbuh di San Diego, California. Dirinya mulai bernyanyi di gereja di usia muda. Dia juga pernah mengenyam pendidikan di San Diego School of Creative and Performing Arts di Paradise Hills dan lulus pada 2003.

Lulus dari sekolah, Andra Day sempat menjalani pekerjaan yang berganti-ganti hingga pada 2010, istri dari Stevie Wonder, Kai Millard, melihat bakatnya ketika tampil. Kai Millard lalu memperkenalkan Andra Day pada suaminya.

Pada 2015, dia merilis album perdananya yang bertajuk Cheers to the Fall. Album itu jadi nomine di kategori Best R&B Album di ajang Grammy Awards 2016. Single dari album tersebut, Rise Up, juga berhasil dinominasikan untuk kategori R&B Performance di ajang itu.

Wanita ini mulai menjajal akting pada 2017 dengan membintangi Marshall. Dia juga menjadi pengisi suara untuk Sweet Tea dalam Cars 3 (2017).

Namun, perannya sebagai Billie Holiday dalam The United States vs Billie Holiday-lah yang membawanya mencetak sejarah.

 



Berita Terkini Lainnya








Kolom