SOLOPOS.COM - Toko bunga Rumah Bungaku di Pasar Kembang Solo mendapatkan pesanan karangan bunga nikahan Kaesang-Erina dari sejumlah kedutan besar. Foto diambil pada Jumat (9/12/2022). (Solopos/Galih Aprilia Wibowo)

Solopos, SOLO — Acara tasyakuran nikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono, akhir pekan ini, membawa keberkahan bagi Wulan Asih, pemilik Rumah Bungaku Solo di Pasar Kembang, Solo. Pesanan karangan bunga di tokonya meningkat pesat hingga tiga kali lipat.

Ia bersama lima orang karyawannya mengerjakan lebih 20 karangan bunga per hari. Biasanya ketika tidak ada event besar, paling ramai ia membuat lima hingga sepuluh pesanan karangan bunga setiap harinya.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Sekarang harus menambah stok terus, biasanya ambil dari Bandungan, karena banyak pesanan,” terang Wulan saat ditemui Solopos.com di kiosnya di Pasar Kembang, Solo, Jumat (9/12/2022).

Ia mengaku banyak memenuhi pesanan dari kedutaan besar sejumlah negata untuk acara tasyakuran nikahan Kaesang-Erina di Solo. Misalnya Kedutaan Besar Kroasia yang meminta warna papan karangan bunga dilukis sesuai warna bendera Kroasia.

Namun pola karangan bunga tetap disesuaikan dengan kapasitas tokonya. Kebanyakan pemesan mengetahui toko bunganya melalui informasi di Internet kemudian menghubungi Wulan.

Baca Juga: Hindari Mangkunegaran Solo saat Nikahan Kaesang-Erina, Ini Jalur Pengalihannya

Kadang-kadang ada yang pesan mendadak, tapi ia mengatakan tidak bisa memenuhi pesanan tersebut Ha itu karena ia menyesuaikan stok bunga yang tersedia agar tidak kehabisan.

Lama Pengerjaan Karangan Bunga

“Satu karangan bunga paling cepat dikerjakan dua hingga tiga jam, prosesnya memang agak lama. Karena papan karangan bunga kami berbeda, harus dilukis dulu bukan hanya tempelan MMT, jadi harus dilukis kemudian nunggu kering baru ditempel bunga. Tapi pelanggan banyak yang suka,” terang Wulan.

Bunga yang ia pakai misalnya jenis mawar, krisan, anthurium, dan lily. Ia mulai usaha pembuatan karangan bunga tersebut mulai 2007. Suami Wulan, Novi, mengatakan selain dari Kedutaan Besar Kroasia, ada juga pesanan karangan bunga untuk nikahan Kaesang juga ada dari Kedutaan Korea, Prancis, dan Jepang.

Baca Juga: Banjir Order Jelang Nikahan Kaesang, Perajin Kebut 50 Karangan Bunga per Hari

Banyaknya pesanan karangan bunga juga diungkapkan karyawan toko bunga Rosida, Min, walaupun peningkatannya tidak terlalu signifikan, namun ada penambahan dua hingga tiga pesanan dalam setiap hari.

Sebagaimana diketahui, putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, bakal menikah dan menyelenggarakan acara tasyakuran di Solo pada Minggu (11/12/2022). Akad nikah dan resepsi diadakan di Yogyakarta pada besok Sabtu (10/12/2022).

Acara tasyakuran di Solo didahului dengan upacara adat ngunduh mantu di Loji Gandrung Solo. Setelah itu pasangan pengantin dan keluarga akan mengikuti kirab dari Loji Gandrung menuju lokasi resepsi di Pura Mangkunegaran Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya