Tutup Iklan

Berkah Iduladha, Jasa Pengolahan Kepala Kambing di Madiun Laris Manis

Perayaan Iduladha tahun 2021 menjadi berkah tersendiri bagi Lilis Setyaningsih, warga Desa Sangen, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun.

 Warga sedang membakar kepala kambing dan kemudian diolah menjadi aneka hidangan, Selasa (20/7/2021). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

SOLOPOS.COM - Warga sedang membakar kepala kambing dan kemudian diolah menjadi aneka hidangan, Selasa (20/7/2021). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

Solopos.com, MADIUN — Perayaan Iduladha tahun 2021 menjadi berkah tersendiri bagi Lilis Setyaningsih, warga Desa Sangen, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun. Lilis kebanjiran pesanan untuk memasak kepala kambing dan sapi kurban dari warga.

Di lokasi rumahnya Desa Sangen, Selasa (20/7/2021) siang, Lilis sedang membakar puluhan tusuk satai kambing. Sedangkan beberapa orang lainnya sedang membakar kepala kambing dan membersihkan kulit kambing.

Baca Juga: Inisiasi Gedor Lakon, Gus Yasin Ajak Penyintas Covid-19 Jadi Donor Plasma Konvalesen

Perempuan yang juga seorang penjal satai kambing itu menuturkan saat Iduladha mendapatkan pekerjaan tambahan, yaitu mengolah kepala kambing dan sapi kurban. Pekerjaan musiman ini biasanya terjadi saat perayaan Iduladha saja, dan menjadi berkah tersendiri.

“Kayak gini pas Iduladha saja. Kan banyak orang yang dapat kepala hewan kurban. Mereka biasanya malas mengolahnya, jadi dibawa ke sini untuk diolah jadi makanan,” kata Lilis.

Dia mengatakan dalam sehari bisa mengolah hingga sepuluh kepala kambing maupun sapi. Beberapa olahan yang disediakan yakni rica-rica, tongseng, dan olahan lainnya.

Untuk harganya, satu kepala kambing biaya pengolahan Rp100.000. Sedangkan biaya pengolahan satu kepala sapi Rp150.000. “Jadi bisa memilih olahan, mau dibikin apa terserah pembeli. Yang penting konsumen tahu siap santap,” ujarnya.

Proses pengolahan kepala, kata dia, memang agak berbeda dan lebih ribet. Untuk itu, banyak warga yang enggan mengolah sendiri. Pertama-tama, kepala kambing dibakar untuk menghilangkan bulu yang menempel di kulit.

Baca Juga: Lewat Dana Desa, Warga Isoman di Wonogiri Bakal Diberi Vitamin

Setelah itu, dibersihkan seluruh bagian kepala dan selanjutnya dicuci hingga bersih. Kepala itu kemudian dibersihkan dan direbus hingga empuk. Setelah itu baru kepala dipotong-potong. “Kemudian potongan daging itu dimasak sesuai pesanan,” kata Lilis.

Namun, pengolahan kepala hewan ini memang tidak bisa sehari jadi. Biasanya dua hari baru jadi dan siap diambil. Hal ini karena proses pengolahannya yang cukup memakan waktu lama. Lilis sudah tiga tahun ini menjalani pekerjaan musiman ini. Dia bersyukur karena bisa mendapatkan tambahan penghasilan dan bisa membantu warga untuk mengolah daging kurban.

Berita Terkait

Berita Terkini

Unipma Siap Gelar PTM, Mahasiswa Wajib Vaksin Covid-19 Dosis Satu

Pembelajaran tatap muka di Universitas PGRI Madiun (Unipma) direncanakan mulai pertengahan Oktober 2021.

Poligami, Pejabat BUMN Surabaya Divonis Penjara 14 Bulan

Seorang pejabat BUMN di Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim) dijatuhi hukuman penjara 1 tahun dan 2 bulan karena melakukan poligami tanpa seizin istri pertama.

Duh, 3 Siswa di Madiun Diketahui Positif Covid-19 saat Skrining PTM

Pemkot Madiun menggelar skrining atau pemeriksaan Covid-19 bagi siswa yang akan mengikuti pembelajaran tatap muka atau PTM di sekolah.

Korban Penculikan Pengusaha Sragen Melahirkan, Polisi Lakukan Tes DNA

Tim penyidik Satreskrim Polres Madiun Kota masih memeriksa pengusaha asal Sragen, DN, 36, karena diduga menculik dan mencabuli remaja 14 tahun asal Kota Madiun.

Gadis 14 Tahun Asal Kediri Ini Diduga Dibunuh Kekasihnya

Polisi berhasil mengungkap kasus dugaan pembunuhan terhadap gadis asal Kediri, A, 14, melalui handphone korban yang ditemukan di lokasi kejadian.

Pabrik Kerupuk Ponorogo Kebakaran, Kerugian Capai Rp50 Juta

Sebuah pabrik kerupuk di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur (Jatim) mengalami kebakaran hingga meludeskan puluhan kantong berisi kerupuk.

Jahanam! Ustaz di Trenggalek Cabuli 34 Santriwati Pakai Dalil Ini

Seorang ustaz di Trenggalek cabuli 34 santriwati dengan dalil murid harus menurut kepada guru.

Pengumuman, Tarif Rapid Test Antigen di Stasiun Turun Jadi Rp45.000

PT Kereta Api Indonesia menurunkan tarif rapid test antigen dari Rp85.000 menjadi Rp45.000 mulai 24 September 2021.

Kejari Madiun Tahan Tersangka Kasus Korupsi PBB-P2

Kejaksaan Negeri Kabupaten Madiun menahan satu tersangka dalam kasus korupsi pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan dan Perdesaan (PBB-P2).

3 Tahun Pimpin Kabupaten Madiun, Ini Pencapaian Kaji Mbing-Hari Wuryanto

Bupati Ahmad Dawami Ragil Saputro dan Wakil Bupati Hari Wuryanto sudah memimpin Kabupaten Madiun tiga tahun.

3 Tahun Ahmad Dawami-Hari Wuryanto: Bangun Kabupaten Madiun dari Pinggiran

Pemerintah Kabupaten Madiun di tangan Bupati dan Wakil Bupati Ahmad Dawami Ragil Saputro dan Hari Wuryanto ingin membangun dari pinggiran.

PT Inka Buat Peti Kemas Canggih Berpendingin, Cocok Angkut Ikan Laut

PT Inka Madiun membuat peti kemas berpendingin yang memudahkan nelayan dalam menyimpan ikan. Sumber dayanya hibrid sehingga tak boros baha bakar.

Salah Kaprah, Pasangan Kekasih di Madiun Justru Kompak Dalangi Pencurian

Perempuan Madiun, Dewi Ayu, nekat menggondol sepeda motor yang diparkir dengan kunci kontak menggantung. Motor tersebut dijual oleh kekasihnya.

Nahas, 3 Warga Ponorogo Luka-Luka Tertimpa Atap Rumah

Tiga warga Ponorogo menjadi korban atap rumah rumah mereka yang mendadak ambrol.

3 Tahun Ahmad Dawami-Hari Wuryanto: Tingkatkan Kualitas SDM, Pemkab Madiun Gandeng UNS Bangun Kampus di Caruban

Mimpi Pemkab Madiun memiliki perguruan tinggi terwujud dengan berdirinya Kampus UNS Solo di Caruban.