Berjaya di Solo Era 1980-An, Apa Kabar Teater Gapit, Ruang, dan Tera?

Kota Solo pernah menjadi barometer teater nasional dengan kelompok teater andalan seperti Gapit, Tera, dan Ruang. Apa kabar mereka sekarang?

 Ilustrasi pertunjukan teater (Solopos/Burhan Aris Nugraha)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pertunjukan teater (Solopos/Burhan Aris Nugraha)

Solopos.cm, SOLO — Nama besar Solo sebagai kota seni dan budaya tak perlu diragukan lagi, dengan seni musik, tari, hingga teater yang tumbuh subur. Pada era 80-an Solo bahkan menjadi barometer seni teater.

PromosiFood Estate Rawan Menjadi Cultuurstelsel Baru

Ada tiga grup teater andalan Kota Solo yakni Teater Gapit, Kelompok Kerja Teater Surakarta (Tera), dan Ruang. Teater Gapit dan Tera lahir lebih dulu. Keduanya langganan pentas di sejumlah kompetisi nasional mewakili Jawa Tengah.

“Awalnya dikompetisikan dulu di tingkat Jawa Tengah. Setelah ada yang menang baru dikirim ke tingkat Nasional. Selama tiga kali, teater asal Solo menang terus dalam kompetisi. Setelah itu Pemprov Jateng langsung nunjuk Solo tiap ada lomba nasional. Tanpa ada kompetisi,” kata tokoh teater senior Solo, Gigok Anurogo, kepada Solopos.com, Jumat (14/1/2021).

Baca Juga: Film Nagih Janji Cinta, Ini 7 Karakter yang Diperankan Artis Lokal Solo

Ketiga kelompok teater andalan Kota Solo tersebut masih aktif sampai hari ini. Teater Gapit berubah menjadi Teater Lungit, Tera dilanjutkan oleh generasi Tera Junior. Begitu juga dengan Teater Ruang yang dilanjutkan oleh generasi muda setelah meninggalnya sang pendiri.

Gigok mengatakan Kelompok Lungit, Tera, maupun Ruang digawangi para tokoh senior seperti ST Wiyono, Dedek Witranto, dan Marsudi. Prestasi gemilang teater tersebut dilanjutkan para junior mereka.

Kompetisi Teater Anak

Tera Junior beberapa kali memborong kompetisi teater anak. Bahkan dalam satu waktu pernah memborong enam piala kemenangan di tingkat nasional.

Baca Juga: Sempat Ditolak di Mana-mana, Akhirnya Tugu Lilin Dibangun di Solo

Menariknya, mereka tak banyak yang mau melanjutkan karier akting di Ibu Kota, meskipun sebenarnya banyak tawaran mengembangkan kesenian di Jakarta. Gigok cs lebih senang untuk fokus menghidupkan kesenian di Kota Bengawan.

Lebih lanjut, Gigok mengatakan ekosistem teater di Solo sudah terbentuk dengan baik. Pascakejayaan Gapit, Tera, dan Ruang, regenerasi kelompok baru terus tumbuh. Salah satu penyelamatnya adalah jaringan teater kampus dan teater pelajar.

Mereka menumbuhkan semangat di lingkup akademik, hingga akhirnya berkembang ketika lulus sekolah maupun kuliah. “Begitu ekosistem teater jadi tumbuh dan terus terjaga,” kata Gigok.

Baca Juga: Syuting di Solo, Film Nagih Janji Cinta Buka Casting Pemain Lokal Lho

Hari Teater Dunia

Bukti moncernya Kota Bengawan di bidang teater juga dikukuhkan dengan adanya peringatan Hari Teater Dunia (Hatedu) tiap tahun. Perayaan hari teater dunia tersebut bahkan diikuti sejumlah peserta dari luar negeri yakni Malaysia dan Singapura.

Sampai akhirnya pandemi membuat para seniman teater ikut tiarap. Mereka sempat mandek pentas beberapa waktu. Namun, akhirnya mulai mengikuti era new normal dengan menggagas sejumlah pentas virtual.

Salah satu pegiat teater, Turah Hananto, bahkan aktif mengadakan acara pentas mandiri. Bersama Teater Eks Surakarta, ia menambah program pentas yang sebelumnya hanya setahun sekali menjadi setahun tiga kali.

Baca Juga: Asyik! Imlek di Solo Tahun ini Kembali Dimeriahkan 1.000 Lampion

Saat diwawancarai Solopos.com, beberapa waktu lalu, Turah, mengatakan pandemi justru membuatnya tergerak untuk aktif. Apalagi sekarang ini semua bisa digarap dengan cara virtual.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Event Wisata & Budaya Solo Digadang-gadang Tarik Minat Banyak Wisatawan

Pada masa pandemi, perlu ada beberapa penyesuaian untuk mendukung faktor kesehatan dalam pelaksanaan event-event besar di Kota Solo.

Eks TPA Gebangharjo Wonogiri Disulap Jadi Objek Wisata Bukit New Sogi

Objek wisata di eks TPA Gebangharjo saat ini dimanfaatkan sebagai tempat berkumpul anak muda yang tinggal di wilayah sekitar.

Ada Pemeliharaan Jaringan, Cek Pemadaman Listrik Wonogiri Hari ini

Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Wonogiri, Jawa Tengah, pada hari ini, Sabtu, 29 Januari 2022.

Damkar Sukoharjo Gandeng Semua Perusahaan Punya Hidran Jadi Mitra

Sekitar 20 perusahaan yang berdiri di Sukoharjo saat ini sudah menandatangani MoU dengan Damkar Sukoharjo dalam hal penanganan kebakaran.

Sensasi Makan Pentol Bakar 1 Meter di Sriwedari Solo, Pedasnya Nampol!

Seorang pedagang kuliner di selter barat Pengadilan Negeri Solo membuat inovasi unik yakni pentol bakar sepanjang 1 meter yang tidak hanya enak tapi juga mengenyangkan.

Dihapus pada 2023, Ini Jumlah Pegawai Honorer Pemkot Solo

Pegawai honorer atau tenaga kontrak dengan perjanjian kerja (TKPK) di Kota Solo masih sangat dibutuhkan untuk memenuhi kekurangan jumlah PNS.

Puluhan Pegawai KAI Daop 6 Yogyakarta Jalani Tes Deteksi Narkoba

Puluhan pegawai PT KAI Daop 6 Yogyakarta dari jajaran masinis hingga top management menjalani tes urine deteksi narkoba.

Jalan TMMD Bisa Pangkas Jarak di Sendangmulyo Wonogiri 8,5 Kilometer

TMMD akan membangun jalan baru berstruktur makadam yang menghubungkan Dusun Kraguman dengan Dusun Sendang.

PTM Terbatas 100 Persen Klaten Dievaluasi

Pemkab Klaten masih mengevaluasi kembali kegiatan PTM terbatas dengan mempertimbangkan perkembangan kasus Covid-19.

Kasus Covid-19 Meningkat, Klaten Kembali Perketat Pendatang

Kasus Covid-19 Klaten meningkat berawal dari para perantau yang berdatangan ke Klaten.

Ada Penyelundupan Narkoba, Tes Urine Warga Binaan Rutan Solo Negatif

Hasil tes urine secara acak terhadap 15 penghuni sel narkoba di Rutan Solo diketahui negatif. Tes urine ini menindaklanjuti penyelundupan jeruk berisi benda diduga sabu-sabu.

Peduli, Polres Klaten Bedah Rumah Warga di Karanganom

Kegiatan bedah rumah itu dilakukan bersama Kodim Klaten, Pemerintah Desa (Pemdes) Kunden, sukarelawan, dan elemen warga lainnya di Karanganom dan sekitarnya.

Pemkot Solo Siapkan 3 Lokasi Darurat bagi Pedagang Pasar Mebel Gilingan

Selama pembangunan sentra IKM, sebanyak 85 pedaagang Pasar Mebel Gilingan, Banjarsari, Solo, akan dipindahkan sementara ke pasar darurat di tiga lokasi.

Keren, Desa Pondok Klaten Ubah TPS Liar Jadi Taman-Fasilitas Olahraga

Pembangunan kawasan taman sekaligus fasilitas olahraga di lahan tanah kas desa seluas kurang lebih 5.000 meter persegi itu menjadi bagian penataan wajah desa di Pondok.

Penyelundupan Barang ke Rutan Solo Masih Terjadi, Terus Apa Solusinya?

Penyelundupan barang-barang terlarang ke dalam Rutan Solo masih saja terjadi meski pengamanan dan pemeriksaan sudah sangat ketat.