SOLOPOS.COM - Wakil Presiden Ma’ruf Amin menerima piagam penghargaan dari Imam Besar Al Azhar, bertepatan dengan Peringatan Hari Lahir ke-1.083 Al Azhar di Jakarta, Selasa (28/3/2023). ANTARA/HO-BPMI-Setwapres - Iwan Heru

Solopos.com, JAKARTA – Wakil Presiden Ma’ruf Amin menerima penghargaan dari Grand Syekh (Imam Besar) Al Azhar Ahmed Al-Tayeb atas kontribusinya dalam mengokohkan Islam wasathiyyah di Indonesia.

Ma’ruf Amin juga dianggap mendukung risalah Al Azhar dalam membangun peradaban Islam global.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Wapres menganggap penghargaan dari Imam Besar Al Azhar merupakan sebuah kehormatan besar bagi dirinya.

“Memberikan motivasi guna lebih aktif lagi dalam menumbuhkembangkan moderasi beragama baik secara regional maupun internasional,” ujar Wapres seusai menerima penghargaan yang juga bertepatan dengan acara Peringatan Hari Lahir Ke-1.083 Al Azhar, di Istana Wapres Jakarta, Selasa (28/3/2023).

Wapres mengungkapkan apresiasinya atas kiprah Al Azhar dalam membangun peradaban Islam dunia.

Menurutnya, dalam usia yang telah lebih dari sepuluh abad, Al Azhar mampu membuktikan kontribusinya sebagai organisasi, lembaga pendidikan, keilmuan dan dakwah.

“Berawal dari sebuah masjid biasa di Kota Kairo yang dibangun Tahun 970-972 M, kini Al Azhar telah menjelma menjadi universitas global yang terintegrasi dan mampu menampung jutaan siswa dan guru,” ujarnya seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Dia menekankan peran Al Azhar dalam hal ini tidak terbatas hanya di dalam negeri Mesir dan dunia Arab tetapi melebar jauh ke seluruh penjuru dunia.

Sebagai informasi sebagai sebuah lembaga yang sangat besar, Al Azhar dipimpin oleh seorang Gran Imam Syaikh Al Azhar, dengan puncak kredibilitas keilmuan yang diakui oleh para ulama Al Azhar.

Grand Imam Syaikh Al Azhar adalah pemilik otoritas tertinggi di Al Azhar yang dipilih oleh ulama-ulama senior Al Azhar.

Dengan banyaknya jumlah pengajar dan mahasiswa yang ada, menjadikan Al Azhar sebagai sumber utama ilmu pengetahuan bagi seluruh umat Islam dalam lingkup global.

Dengan demikian, Wapres menekankan Al Azhar telah menjadi benteng kekuatan dan penyebaran paham Ahlusunah Waljamaah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya