SOLOPOS.COM - Ilustrasi Sonic Boom. (Istimewa)

Berita terpopuler Solopos.com kali ini mengenai suara sonic boom pesawat F-16 yang bikin geger warga Soloraya.

Solopos.com, SOLO — Warga di Soloraya dikagetkan dengan suara dentuman cukup keras, Selasa (30/8/2016) siang. Warga mengira dentuman itu karena ada pesawat jatuh. Bahkan, media sosial menyebut lokasi jatuh dan suara itu berasal di kawasan Kabupaten Karanganyar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Informasi yang dihimpun Solopos.com, dentuman terdengar sekitar pukul 12.30 WIB. Kapolres Karanganyar AKBP Ade Safri Simanjuntak mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak Lanud Adisoemarmo Solo untuk mengetahui asal suara dentuman itu.

Menurut Kapolres, dari informasi yang diterima, ada pesawat F-16 dari Lanud Iswahjudi Madiun yang tengah latihan, dan mengeluarkan suara melebihi kecepatan suara (sonic boom).

Penelusuran Solopos.com mengutip penjelasan di ensiklopedia bebas Wikipedia, Sonic Boom atau Gelombang Sonik adalah istilah bagi gelombang kejut di udara yang dapat ditangkap telinga manusia.

Istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk kepada kejutan yang disebabkan pesawat-pesawat supersonik. Saat pesawat terbang melebihi kecepatan suara, muncullah gelombang kejut pada bagian tertentu pesawat.

Tawuran di Ceoer Klaten yang dilakukan kelompok berseragam PSHT dan Marcel Siahaan yang mantap menjadi mualaf juga masuk berita terpopuler Solopos.com. Simak berita terpopuler Solopos.com, Rabu (31/8/2016):

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya