SOLOPOS.COM - Pengamatan Hilal (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Berita terpopuler Solopos.com hari ini adalah penampakan hilal di Jakarta.

Solopos.com, JAKARTA – Satu hal yang membuat perbedaan pendapat soal penentuan 1 Syawal dan 1 Ramadan adalah keterlihatan (visibilitas) hilal. Ada yang menetapkan syarat bahwa ketinggian hilal harus 2 derajat agar bisa terlihat dengan mata telanjang. Namun, tak semua sepakat dengan hal ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mantan Guru Besar Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) Prof. DR. Tono Saksono memiliki penjelasan yang berbeda. Melalui tulisannya yang dimuat di blog Center for Islamic Studies, cis-saksono.blogspot.com Jumat (10/7/2015), Tono Saksono menjelaskan sekecil apapun, hilal tak bisa diabaikan.

Ekspedisi Mudik 2024

Hilal memang tidak bisa dilihat sama di semua tempat di Bumi. Tono Saksono mencontohkan yang terjadi pada Kamis (16/7/2015) ini. Ijtimak akan terjadi hari ini pukul 06.37 WIB yang berarti menandai berakhirnya Ramadan 1436 H. Sedangkan pada saat matahari tenggelam pukul 17.53 WIB, ketinggian hilal di Jakarta terhitung 2,5 derajat.

Hilal ini memang sulit dilihat karena hanya muncul selama 15 menit. Namun bukannya hilang, ketebalan hilal semakin membesar jika terlihat di daerah yang lebih barat.

“Dengan demikian untuk sekitar 12 jam berikutnya, kenampakan hilal akan terhalang oleh bola Bumi. Namun demikian, tampak maupun tidak, hilal akan semakin bertambah besar dengan tingkat pertumbuhan 0.02 menit (busur) per jam, karena 24 jam kemudian pada maghrib 17 Juli 2015, ketebalan hilal akan menjadi 0.59 menit,” tulis Tono.

Analisis ini menjadi berita terpopuler di Solopos.com hari ini, Kamis (16/7/2015). Selain kabar ini, kisah hidup Fahmi Bo mantan pemeran Gusur di serial TV Lupus dan misteri tol Cipali menjadi berita terlaris lain.

Inilah daftar berita terpopuler Solopos.com hari ini;

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya