SOLOPOS.COM - Ilustrasi karangan bunga duka cita (JIBI/Dok)

Berita duka datang dari bidang hukum.

Harianjogja.com, JOGJA — Pengacara senior di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jogja, Budi Hartono wafat. Ia wafat pada Jumat (2/6/2017) sekitar pukul 14.00 WIB di Rumah Sakit Harjo Lukito. Rencana akan dimakamkan Sabtu (3/6/2017) di tempat pemakaman umum (TPU) Mrican, Caturtunggal, Sleman.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Banyak orang yang merasa kehilangan. Tidak hanya keluarga, juga orang-orang yang pernah mengenalnya sebagai sosok yang konsisten mengabdi kepada masyarakat yang lemah dalam bantuan hukum. Masih tetap aktif di LBH sampai akhir hayatnya.

Ekspedisi Mudik 2024

“Beliau orang yang konsisten mengabdi dalam memberikan bantuan hukum,” kata Irsyad Tamrin, Direktur LBH periode 2005-2012. Irsyad mengenal Budi sejak 2001.

Irsyad mengatakan banyak kasus yang ditangani Budi, di antaranya soal Jugun Ianfu dan romusa atau perempuan korban kekerasan seksual serdadu jepang. Budi juga yang menangani kasus pembunuhan wartawan Udin, kasus Petrus.

“Beliau juga sosok mitra yang baik dan mendidik,” kenang Irsyad.

Kepala Departemen Advokasi LBH Jogja, Yogi Zul Fadli mengungkapkan, Budi sebagai senior di LBH Jogja sudah puluhan tahun mendedikasikan hidupnya demi kepentingan pembelaan terhadap masyarakat miskin dan marjinal yang mengalami ketidak adilan.

“Sangat sulit menemukan sosok beliau, sosok yang terus menjaga idealismenya hingga akhir hayat,” ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya