SOLOPOS.COM - ilustrasi

Solopos.com, SURABAYA — Eks Wali Kota Surabaya sekaligus tokoh PDIP, Whisnu Sakti Buana meninggal dunia karena sakit di RS HCOS Surabaya pada Sabtu (27/5/2023) pukul 23.30 WIB.

“Iya benar, kami juga baru mendapat kabar duka ini. Sungguh kami merasa kehilangan atas kepergian beliau yang begitu mendadak,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD PDIP Jawa Timur, Said Abdullah, seperti dikutip dari Antara, Minggu (28/5/2023).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Whisnu Sakti Buana atau akrab disapa WS merupakan putra kandung mantan Wakil Ketua MPR RI sekaligus eks Sekjen DPP PDIP, Soetjipto yang juga telah meninggal dunia beberapa tahun lalu.

Dalam karier politiknya, WS sempat menjabat wakil Ketua DPRD Kota Surabaya sebelum dipilih menggantikan Bambang Dwi Hartono yang mundur sebagai Wakil Wali Kota Surabaya pada 2013.

WS dipercaya sebagai Wakil Wali Kota pada 2014 atau di periode sisa masa jabatan 2010-2015 mendampingi Tri Rismaharini. Pada Pemilihan Kepala Daerah Surabaya 2015, pasangan Risma-Whisnu Sakti mendapat amanah sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

WS juga pernah menjabat Wali Kota Surabaya selama sepekan pada 11-17 Februari 2021 menggantikan Tri Rismaharini yang diangkat sebagai Menteri Sosial.

WS lalu menjabat posisi sebagai salah satu Wakil Ketua DPD PDIP Jatim. Pada masa pendaftaran bakal calon legislatif Pemilihan Umum 2024, nama WS terdaftar untuk DPRD Jawa Timur Daerah Pemilihan Surabaya.

“Semua tahu dan menyaksikan bersama sepak terjang almarhum Whisnu selama menjabat Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya, Wakil Wali Kota, hingga Wali Kota, bahkan sebagai pengurus di DPD PDIP Jatim. Jejaknya masih dirasakan semua sampai sekarang. Allah Tuhan Yang Maha Esa akan memberikan tempat layak di sisi-Nya dan semoga keluarga almarhum tabah menghadapinya. Amin,” kata Said Abdullah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya