SOLOPOS.COM - Objek wisata Watu Cenik di Dusun Prampelan, Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. (Solopos.com/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRIWonogiri banyak memiliki spot menikmati sunrise. Berbagai lokasi tersebut sudah dikenal masyarakat luas di Tanah Air.

Sesuai latar belakang daerahnya, di Wonogiri masih banyak ditemukan kawasan perbukitan. Kondisi alam tersebut memberikan nilai plus bagi Wonogiri. Tak heran, di Wonogiri terdapat banyak spot menikmati sunrise.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berikut ini beberapa lokasi yang layak dikunjungi saat ingin menikmati sunrise di bumi elok Wonogiri:

1. Watu Cenik Wonogiri

Lokasinya berada di Dusun Prampelan, Desa Sendang, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri. Objek wisata ini menyuguhkan panorama yang indah, yakni Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri yang terbentang sangat luas.

Baca Juga: Deretan Pantai di Wonogiri Super Keren, Ini Lokasinya

Pengunjung juga dapat menikmati perbukitan berselimut tumbuhan berwarna hijau. Lokasi ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat menikmati sunrise. Pemandangan alam di tempat tersebut sangat cocok dijadikan sebagai latar belakang berswafoto bagi para pengunjung.

2. Bukit Glodakan

Bukit Glodakan berada di Jl. Gamping, Bendokerep, Kelurahan Giriwono, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar satu jam dari Kota Solo dengan mengendarai sepeda motor.

Sebagian besar orang yang pernah mendaki di bukit tersebut menyebutkan Bukit Glodakan Wonogiri memiliki spot sunrise atau matahari terbit yang indah. Bukit Glodakan Wonogiri pernah akan dibangun menjadi objek wisata, tetapi urung dilakukan karena pandemi.

Baca Juga: Pesona Wisata Tersembunyi, Pantai Sembukan di Ujung Selatan Wonogiri

3. Puncak Joglo

Puncak Joglo berada di Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Di puncak itu, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan daerah Wonogiri dari ketinggian. Puncak Joglo merupakan sebuah landasan pacu untuk paralayang.

4. Gunung Cumbri

Gunung Cumbri terletak di Desa Biting, Kecamatan Purwantoro, Wonogiri. Gunung ini memiliki ketinggian 638 mdpl.

Baca Juga: Inilah Keistimewaan Wonogiri, Ternyata Daerah Super Kaya di Soloraya

Cumbri berasal dari dua kata, yakni cok dan bri. Kata cok merupakan singkatan dari pencokan (tempat bertengger/singgah). Sedangkan kata bri merujuk pada manuk beri yang digambarkan oleh warga sekitar sebagai burung garuda.

5. Pantai di Bagian Selatan

Wonogiri memiliki deretan pantai memesona di wilayah selatan. Deretan pantai itu sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi menikmati sunrise. Di antara deretan pantai di bagian selatan di Wonogiri, seperti Pantai Nampu, Pantai Sembukan, Pantai Klothok, Pantai Njojogan, dan Pantai Dadapan.

Selain berbagai lokasi tersebut di atas, masih banyak terdapat tempat yang cocok menikmati sunrise di Wonogiri. Jadi, bagi anda penikmat sunrise bisa tinggal memilih lokasi mana yang kira-kira akan didatangi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya