Berikut Daftar Pemenang Borobudur Marathon 2021

Pelari nasional, Agus Prayogo, dan Odekta Naibaho, tampil sebagai yang tercepat pada ajang Borobudur Marathon 2021 yang digelar di kawasan Candi Borobudur.

 Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat melepas lomba lari Borobudur Marathon di kawasan Candi Borobudur, Sabtu (27/11/2021). (Solopos.com-Humas Pemprov Jateng)

SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat melepas lomba lari Borobudur Marathon di kawasan Candi Borobudur, Sabtu (27/11/2021). (Solopos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, MAGELANG — Ajang lomba lari Borobudur Marathon 2021 yang digelar di kawasan Candi Borobudur, Sabtu (27/11/2021), menghasilkan pelari nasional Agus Prayogo dan Odekta Naibaho tampil sebagai juara.

Agus Prayogo mencatatkan waktu 2 jam 32 menit dan 21 detik untuk meraih juara di kelas putra Elite Race Borobudur Marathon 2021. Catatan waktu tersebut bahkan lebih baik, atau memecahkan rekornya sendiri saat meraih medali emas pada PON XX Papua, yakni 2 jam 33 menit.

Sementara itu posisi kedua diraih Muhammad Ady Saputro dengan catatan waktu 2 jam 35 menit dan 30 detik. Sedangkan Iqbal Saputro menempati urutan ketiga dengan catatan waktu 2 jam 38 menit dan 30 detik.

Baca juga: Agus Prayogo dan Odekta Naibaho Juara Borobudur Marathon 2021

Di kelas putri, nomor Elite Race Borobudur Marathon, Odekta Naibaho tampil sebagai juara dengan catatan waktu 3 jam 2 meni dan 48 detik. Sedangkan Pretty Sihite harus puas di urutan kedua dengan torehan waktu 3 jam 18 menit dan 59 detik, unggul atas Irma Handayani yang mencatatkan waktu 3 jam 19 menit dan 13 detik.

Jalannya lomba maraton di kawasan Borobudur ini cukup seru. Terlebih, saat hujan deras mengguyur kawasan Candi Borobudur dan membuat para peserta maraton basah kuyup.

Meski demikian, hal itu tak menyurutkan semangat para peserta untuk menaklukan rute sejauh 42,5 kilometer (km) itu. Atas prestasi itu, para juara pun mendapat hadiah berupa uang tunai masing-masing Rp40 juta untuk juara pertama, Rp30 juta untuk juara kedua, dan Rp20 juta untuk posisi juara tiga.

Seusai lomba Agus Prayogo mengaku senang bisa mengikuti ajang Borobudur Marathon. Terlebih, ini kali pertama dirinya meraih medali emas atau juara di nomor elite race.

Baca juga: Borobudur Marathon Haram Ditonton Warga dan Suporter

“Baru tahun ini saya putuskan untuk berpartisipasi mengikuti elite race. Saya bersyukur situasi kondisi, terutama cuaca sangat mendukung sehingga catatan waktu saya hari ini lebih bagus daripada di PON Papua bulan lalu,” ujar Agus dikutip Antara.

Keram Kaki

Borobudur Marathon 2021
Odekta Naibaho tampil sebagai juara kelompok putri Borobudur Marathon 2021. (Antara)

Ia mengatakan rute marathon kali ini banyak tantangan tersendiri. Sebelumnya Borobudur Marathon digelar dengan rute mengelilingi desa-desa di sekitar Candi Borobudur, namun kali ini Borobudur dilaksanakan di kompleks Taman Lumbini Candi Borobudur dengan sistem looping. “Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi atlet, rutenya looping 12 kali,” kata Agus.

Senada disampaikan Odekta yang selama berlari tidak tampak kelelahan sama sekali. Meski demikian, ia mengaku sempat mengalami keram pada kaki.

“Mantranya hanya pengin happy dan enjoy dengan menebarkan semangat dan senyum. Lari tidak seperti yang orang pikirkan walaupun tanpa sepengetahuan teman-teman saya mengalami kaki keram dan sebagainya,” ujar atlet asal DKI Jakarta itu.

Baca juga: Aktivitas Seru yang Bisa Dinikmati di Wisata Candi Borobudur Magelang

Sementara itu, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, berkesempatan langsung mengibarkan bendera star Borobudur Marathon 2021 yang diikuti 42 pelari elite nasional.

“Kita senang, akhirnya event Borobudur Marathon bisa kembali digelar. Kita mencoba cari jalan keluar untuk menjaga muruah Borobudur Marathon. Alhamdulillah meski pandemi, tahun lalu event ini tetap digelar dan tahun ini juga bisa terlaksana meski yang lari hanya elite dan terbatas, yang lain secara virtual,” kata Ganjar.

Selain melepas para pelari, Ganjar memberikan semangat pada para peserta. Ia bahkan berjanji menambah hadiah Rp20 juta untuk masing-masing kategori jika ada yang berhasil memecahkan rekor.

“Kalau ada yang berhasil pecah rekor, saya tambahi hadiahnya Rp20 juta,” katanya disambut tepuk tangan para peserta.

Berikut Daftar Pemenang Borobudur Marathon 2021

Elite Race Putra

No. Pelari Catatan Waktu
1. Agus Prayogo 02:32:21
2. Muhammad Ady Saputra 02:35:30
3. Iqbal Saputra 02:38:06
4. Reza Aulia Pradipta 02:38:39
5. Atjong Tio Purwanto 02:39:44
6. Moh Ishari 02:40:29
7. Nursodiq 02:45:40
8. Rudi Febriade 02:46:29
9. Pandu Sukarya 02:47:29
10. Asma Bara 02:48:40

Elite Race Putri

No. Pelari Catatan Waktu
1. Odekta Elvina Naibaho 03:02:48
2. Pretty Sihite 03:18:59
3. Irma Handayani 03:19:13
4. Westi Indah 03:21:36
5. Yulianti Utarai 03:22:31
6. Yulianingsih 03:24;07

Berita Terkait

Berita Terkini

Jesse Lingard Berpeluang Hengkang ke Newcastle United

Newcastle United dihadapkan dengan situasi di mana Jesse Lingard saat ini dapat berkomunikasi dengan klub di luar Inggris

Kejurkot PBSI Kota Solo Siap Digelar, Ada Legenda Bulu Tangkis

Kejurkot PBSI Piala Wali Kota Solo 2022 akan dimeriahkan dengan penampilan legenda bulu tangkis Indonesia.

Kabar Gembira untuk MU, Paul Pogba Pulih dari Cedera

Paul Pogba siap kembali merumput pada awal Februari nanti setelah menepi cukup panjang menyusul cedera paha sejak November 2021 lalu.

Marukawa Dikaitkan dengan Persis Solo, Ini Respons Presiden Persebaya

Salah satu pemain asing yang dikaitkan dengan Persis Solo adalah penyerang Persebaya Surabaya, Taisei Marukawa.

Azrul: Hubungan Suporter Persis Solo dan Persebaya Bikin Merinding

Presiden Persebaya Surabaya, Azrul Ananda, menyebut hubungan suporter Persis Solo dan Persebaya berjalan baik.

Temui Gibran, Presiden Persebaya Surabaya: Selamat Persis Solo!

Presiden Persebaya yang juga Founder DBL, Azrul Ananda, menemui Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Solo pada Rabu (19/1/2022) sore.

Prediksi Skor dan Line Up Leicester City vs Tottenham Hotspur

Leicester City akan menghadapi Tottenham Hotspur dalam lanjutan Liga Premier Inggris.

Masih Terikat Kontrak, Banyak Pemain Persis Solo Bakal Bertahan

Sejumlah pemain Persis Solo saat ini banyak menghuni klub-klub Liga 1 dengan status pinjaman.

Performa di Liga 1 Menurun, Persija Jakarta Depak Pelatih

Persija Jakarta resmi mendepak pelatih Angelo Alessio. Keputusan itu dibuat manajemen Macan Kemayoran menyusul hasil minor selama putaran kedua BRI Liga 1.

Selamat! SSB Asal Sukoharjo Maju ke Putaran Nasional Liga Topskor

PFA Surakarta U13 berhasil keluar sebagai juara Liga Topskor Zona Madiun, Jawa Timur, dan melaju sebagai wakil Zona Jawa Timur dalam Liga Topskor Nasional.

Tak Setuju Haruna Soemitro, Ketum PSSI: Prestasi Perlu Proses!

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, tak setuju dengan pernyataan Haruna Soemitro.

Hasil dan Klasemen Pekan ke-20 Liga 1: Bhayangkara Salip Arema

Bhayangkara FC kembali ke puncak klasemen setelah menaklukkan Persebaya Surabaya pada pekan ke-20 kompetisi BRI Liga 1.

Jos! 3 Pemain Persis Youth Bakal Lawan Barcelona, Madrid, dan Atletico

Tiga penggawa Persis Solo Youth, Athallah Araihan, Dustin Bramantio dan Erlangga Setyo akan memperkuat skuad Indonesia All Stars U-20.

Sanksi WADA Bakal Dicabut, Merah Putih Bisa Berkibar Lagi

Ketua KOI Raja Sapta Oktohari memastikan Badan Anti-Doping Dunia (WADA) segera mencabut sanksi untuk Indonesia pada awal Februari mendatang.

Arhan & Dewangga Dapat Panggilan Timnas untuk FIFA Matchday

Dua pemain PSIS Semarang, Pratama Arhan dan Alfeandra Dewangga, mendapat panggilan Timnas Indonesia untuk menghadapi FIFA Matchday.