SOLOPOS.COM - Alas Kethu di Kabupaten Wonogiri (Istimewa/Instagram @wibisonoyusuf11)

Solopos.com, WONOGIRIWonogiri banyak memiliki wisata alam, termasuk potensi hutan. Hal itu dinilai lumrah lantaran Wonogiri memiliki hutan yang luas.

Wilayah hutan di Kabupaten Wonogiri mencapai 20.036,46 ha. Dengan data tersebut, Wonogiri menjadi daerah yang memiliki wilayah hutan paling luas dibandingkan daerah lain di Soloraya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Wisata hutan di Wonogiri saat ini banyak digandrungi pengunjung. Para pengunjung yang datang ke hutan di Wonogiri tak hanya warga asli Kabupaten Sukses. Banyak pengunjung dari luar Wonogiri yang tertarik menikmati pemandangan alam di berbagai hutan di Wonogiri.

Berikut lima lokasi wisata hutan di Wonogiri:

1. Gunung Gandul

Baca Juga: 5 Objek Wisata di Dekat Stasiun Wonogiri

Di kawasan ini terdapat Gunung Gandul Hill Top. Lokasinya berada di Jl. Gunung Gandul, Area Hutan, Desa Giriwono, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Gunung Gandul Hill Top baru saja dibuka untuk umum sesudah Lebaran 2022. Gunung Gandul Hill Top menyajikan wisata alam dengan pemandangan dari atas Gunung Gandul. Pengunjung dapat menikmati sunset di Gunung Gandul Hill Top secara strategis karena objek wisata ini terletak di sisi barat kota Wonogiri.

2. Alas Kethu

Alas Kethu yang memiliki luas sekitar 40 hektare menjadi lokasi wisata hutan di Wonogiri yang patut dikunjungi berikutnya. Alas Kethu terletak di Giriwono, Wonogiri, Jawa Tengah.

Alas Kethu merupakan hutan milik Perhutani yang Alas Kethu menghubungkan kawasan kota dengan Desa Wonokerto, Kecamatan Wonogiri dan tembus ke Jatipuro, Karanganyar.

Baca Juga: Destinasi Wisata di Wonogiri Ini Bernama Umbul Nogo, Masih Alami Lo

Untuk menuju Alas Kethu hanya membutuhkan waktu 15 menit dari pusat kota. Terdapat berbagai jenis pohon di Alas Kethu seperti Jati, Mahoni, Akasia, Sono, Kayu Putih, dan sebagainya.

Beberapa fasilitas yang tersedia di antaranya area parkir, musala, kamar mandi, penginapan, dan lainnya. Jalan yang ada di Alas Kethu sudah bagus. Bahkan beberapa pesepeda berolahraga di Alas Kethu.

Wisata hutan di Alas Kethu Wonogiri cocok dijadikan sebagai tempat healing bagi para pengunjung. Pohonnya yang besar dan rindang membuat suasana menjadi lebih tenang dan sejuk.

3. Hutan Donoloyo

Salah satu hutan terkenal di Wonogiri, yakni Hutan Donoloyo. Di lokasi ini masih bisa ditemui sejumlah pohon jati berukuran besar.

Baca Juga: Ini Kuliner Enak di Dekat Stasiun Wonogiri

Hutan Donoloyo tak terlepas dari Ki Ageng Donoloyo. Sebagaimana diketahui, Ki Ageng Donoloyo merupakan tokoh legenda yang dipercaya menumbuhkan Hutan Jati Donoloyo di Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri.

Cerita rakyat Ki Ageng Donoloyo dinilai menjadi contoh baik dalam menjaga alam. Kisah Ki Ageng Donoloyo menjadikan hutan di daerah setempat masih terjaga.

4. Hutan Pinus Bukit Suwondo

Lokasinya berada di Desa Gumiwang Lor, Kecamatan Wuryantoro, Wonogiri. Hutan pinus bukit Suwondo menyimpan sejuta kesejukan.

Ribuan pohon pinus setinggi lebih dari 10 meter tertata rapi menciptakan interior alam yang indah. Dedaunan pepohonan yang rimbun memanyungi dataran. Hal itu menjadikan lokasi ini sebagai wisata hutan menarik di Wonogiri.

Baca Juga: Harga Tiket Masuk Goa Resi Bulukerto Wonogiri

5. Hutan Kota Kaki Gandul

Hutan Kota Kaki Gandul berada di Lingkungan Salak, Kelurahan Giripurwo, Kecamatan Wonogiri. Wsata ini secara resmi dibuka tahun 2017.

Di lokasi ini terdapat berbagai wahana mancakrida yang terbuat kayu. Di samping itu juga terdapat kereta kelinci. Sayangnya, wisata hutan yang berada di tengah Kota Wonogiri itu gulung tikar sejak pandemi Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya