SOLOPOS.COM - Ilustrasi harta kekayaan. (Freepik.com)

Solopos.com, SURABAYA — Surabaya nampaknya menjadi salah satu kota yang banyak mencetak orang kaya raya di Indonesia. Bahkan, beberapa konglomerat asal Surabaya masuk menjadi daftar 50 orang terkaya di Indonesia.

Berikut ini beberapa nama konglomerat yang memiliki sejumlah bisnis dan tercatat sebagai orang terkaya yang masuk dalam daftar Forbes 2022. Berikut ini daftarnya:

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

  1. Hermanto Tanoko dan Wijono Tanoko

Dua bersaudara ini merupakan salah satu orang terkaya di Indonesia. Mereka berdua adalah penerus PT Avia Avian yang memproduksi Cat Avian dan No Drops yang didirikan oleh Soetikno Tanoko yang merupakan ayah mereka.

Dilansir dari Forbes, dua bersaudara Tanoko ini memiliki kekayaan mencapai USD3,3 miliar atau sekitar Rp48,9 triliun. Berdasarkan catatan Bisnis.com, orang tua Hermanto sebelumnya bekerja sebagai petani palawija sebelum beralih pekerjaan dengan membuka toko cat.

Baca Juga: Wisata Bahari Lamongan: Lokasi, Tiket Masuk, dan Wahana Seru di Dalamnya

  1. Tahir

Tahir merupakan pendiri dari Mayapada Group yang menjadikan dirinya sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia. Pria kelahiran Surabaya ini menikah dengan anak konglomerat Mochtar Riadi bernama Rosy. Tahir dikenal sebagai sosok filantropis yang memiliki bisnis pada sektor perbankan, pelayanan kesehatan, dan juga properti. Kerajaan bisnis Tahir tercatat membuatnya mmeiliki harta sekitar USD2,4 miliar atau sekitar Rp35,6 triliun.

  1. Alexander Tedja

Tedja merupakan salah satu orang Surabaya yang masuk dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia. Pecinta karya seni ini juga dikenal sebagai raja properti dan juga mal di Surabaya bernama Pakuwon Jati.

Perusahaan ini terkenal dengan pembangunan campuran mal, tempat tinggal, hotel, dan perkantoran di Surabaya dan Jakarta. Forbes memperkirakan harta kekayaan Alexander saat ini mencapai USD1,1 miliar atau sekitar Rp16,3 triliun.

  1. Eddy William Katuari

Pemimpin Wings Group ini juga masuk dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes 2022. Eddy mulai memimpin Wings Group pada 2004 setelag kepergian pendiri perusahaan ini yang merupakan ayahnya. Forbes memperkirakan jumlah kekayaan Eddy ini mencapai USD1,1 miliar atau Rp16,3 triliun.

Baca Juga: Bahagianya 167 Pekerja Pabrik Rokok di Kota Madiun Terima BLT DBHCHT

  1. Susilo Wonowidjojo

Penerus bisnis Gudang Garam ini menjadi orang terkaya ketujuh di Indonesia. Perusahaan yang didirikan ayahnya Surya pada 1958 ini, 25 tahun kemudian diteruskan oleh kakaknya Susilo, Rachman Halim hingga kepergiannya 2008.

Pada 2009 Susilo kemudian mengambil alih tugas keluarganya sebagai presiden direktur bersama adik perempuannya Juni Setiawati sebagai presiden komisaris. Susilo Wonowidjojo dan keluarga diperkirakan memiliki jumlah kekayaan sebesar USD4,8 miliar atau setara dengan Rp71,2 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya