SOLOPOS.COM - Michael Laudrup. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

MADRID – Real Madrid telah resmi mengumumkan pengunduran diri Jose Mourinho pada akhir musim ini. Mou akan menjalani tugas terakhirnya sebagai pelatih saat memimpin Madrid menjamu Osasuna di Santiago Bernabeu, 1 Juni mendatang.

Hengkangnya Mou membuat kursi pelatih di Santiago Bernabeu musim depan masih menjadi tanda tanya. Berikut lima kandidat yang diprediksi bakal menjadi suksesor Mourinho sebagai entrenador Los Blancos, julukan Madrid versi Foxsportasia.com.

Carlo Ancelotti

Carlo Ancelotti. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

Pelatih asal Italia ini menempati urutan teratas dalam daftar calon pengganti Mourinho. Selama beberapa pekan terakhir, spekulasi yang menempatkan Ancelotti sebagai suksesor Mourinho bakan berhembus kian santer.

Ancelotti memang menyatakan minatnya untuk membesut Madrid. Namun, keinginannya tak akan berjalan semudah membalikkan tangan, menyusul keputusan Paris Saint Germain (PSG) yang tak ingin melepasnya.

Dari kabar yang diterima selama akhir pekan, Ancelotti memang telah menyatakan keinginannya meninggalkan Parc des Princes, namun pemilik PSG tak akan memberikan pria, yang telah mengantarkan juara Ligue 1 bagi PSG kali pertama sejak 19 tahun terakhir itu, pergi.

Namun, Madrid merupakan klub yang terkenal pantang menyerah. Raksasa Spanyol ini jarang tak mendapat apa yang diinginkan. Namun, seandainya gagal mendapatkan Ancelotti, Madrid kemungkinan akan merekrut pelatih yang memiliki trek rekor, yang tak jauh berbeda, dari Ancelotti.

Sebelum ke PSG, Ancelotti berjasa membawa Chelsea memenangi trofi Liga Premier. Namun, dari sedert prestasinya, yang paling mengagumkan adalah ketika membawa AC Milan memenangi dua trofi Liga Champions. Suatu hal yang sangat didambakan Madrid.

Rafael Benitez

Rafael Benitez. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

Merupakan salah satu eks manajer Chelsea dengan trofi Liga Europa di CV-nya. Benitez, yang dipastikan bakal meninggalkan Chelsea akhir musim ini bisa jadi merupakan suksesor Mourinho di Madrid.

Meski mampu memberikan gelar Liga Europa dan lolos Liga Champions musim depan, Benitez sudah dipastikan tak akan dipertahankan Chelsea. Ia memang pernah membawa Liverpool memenangi Liga Champions 2005 lalu, namun dilihat dari kedekatan, Benitez kemungkinan akan kembali ke Madrid.

Benitez merupakan pelatih tim muda di Bernabeu dan Real Madrid B. Ia juga mengawali kariernya sebagai asisten pelatih Vicente del Bosque di Madrid.

Setelah hengkang dari Madrid, Benitez hijrah ke Valencia pada 2001 dan dalam tiga musim sudah mampu mempersembahkan dua gelar La Liga serta Piala Europa. Pelatih berusia 53 tahun ini kurang sukse di Inter Milan, setelah meninggalkan Liverpool, namun masih memiliki catatan yang manajerial sebagai salah satu pelatih di Eropa.

Michael Laudrup

Michael Laudrup. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

Manajer Swansea City ini memiliki hubungan yang cukup dekat dengan Madrid. Karenanya, pelatih asal Denmark ini dianggap sebagai salah satu kandidat pengganti Mourinho musim depan.

Laudrup turut berjasa membawa Los Blancos memenangi gelar La Liga dari Barcelona, saat masih menjadi pemain pada 1995 lalu.
Sebelumnya, Laudrup merupakan anggota dinasti Catalan yang mampu memenangi gelar La Liga selama empat musim beruntun pada awal 1990-an. Namun, setelah itu secara kontroversi Laudrup pindah ke Madrid pada musim panas 1994 dan seketika memutus dominasi Barcelona untuk Madrid.

Laudrup juga sempat melatih di Getafe dan berhasil membawa tim sekota Madrid itu melaju ke final Copa del Rey serta perempat final Liga Europa. Laudrup juga pernah melatih Brondby, Spartak Moscow dan Real Mallorca.



Saat ini Laudrup menangani Swansea dan cukup memberikan kinerja yang mentereng dengan mempersembahkan trofi Piala Liga dan finish di urutan kesembilan Liga Premier. Juara Piala Liga membuat Swansea bakal melakoni debutnya di kancah Liga Europa musim depan.

Roberto Mancini

Roberto Mancini. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

Mancini saat ini tengah mencari pekerjaan setelah dipecat Manchester City. Dan tak diragukan lagi pekerjaan di Bernabeu akan menjadi salah satu peluang baginya untuk membuktikan keputusan para petinggi City salah.

Meski memenangi Piala FA dan Liga Premier dalam tiga setengah musim keberadaanya di Etihad. tak membuat posisinya aman di City. Kegagalan di kancah Liga Champions dan kinerja City, yang kurang apik musim ini, membuatnya harus didepak.

Hal itulah yang kemungkinan membuat Mancini akan berlomba untuk mendapatkan pekerjaan di Madrid.

Secara trek rekor Mancini sebenarnya memiliki catatan yang cukup apik, terutama di kancah domestik. Mancini pernah memenangi tiga gelar Scudetto secara beruntun bersama Inter Milan dan empat piala Coppa Italia. Dia juga merupakan sosok yang low profile dan hal inilah yang kemungkinan bakal menggoda Madrid untuk merekrutnya.

Jurgen Klopp

Jurgen Klopp. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

Pelatih Borussia Dortmund ini merupakan salah satu manajer yang paling diminati di Eropa. Hal ini tak terlepas dari prestasinya yang membawa Dortmund kembali menempati jajaran tim elite Eropa, sejak didatangkan pada 2008 lalu.

Klopp memulai karier bersama Mainz di 2001 dan membawa tim itu promosi ke Bundesliga pada 2005. Pada 2005 pula, Mainz dibawa Klopp tampil di Liga Europa.

Pelatih 45 tahun ini mempersembahkan trofi Bundesliga pada tahun ketiganya bersama Dortmund dan sukses mempertahankannya, pada musim selanjutnya serta merebut juara DFB Pokal.

Musim ini, Klopp memang gagal mempertahankan gelar Bundesliga untuk ketiga kalinya setelah direbut Bayern. Namun, Klopp memiliki peluang membalas dendam pada Bayern saat keduanya terlibat bentrok pada  final Liga Champions di Stadion Wembley, London, Minggu (26/5/2013) dini hari WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya