SOLOPOS.COM - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, menjadi narasumber dalam kuliah umum di Unida Gontor, Ponorogo, Kamis (17/11/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Menteri Susi mengaajak santri Pondok Gontor untuk hidup mandiri dan merdeka.

Madiunpos.com, PONOROGO — Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, mengharapkan santri di Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) bisa mandiri dalam menjalani kehidupan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia juga sangat bangga dengan sistem pendidikan Pondok Gontor. “Mandiri itu menjadi  kunci utama dalam menjalani kehidupan supaya lebih kreatif,” kata Susi kepada ratusan santri dan mahasiswa Universitas Darussalam (Unida) Gontor dalam Kuliah Umum bertema Potensi Kelautan dan Perikanan Indonesia di Aula Unida Gontor, Kamis (17/11/2016) siang. Baca juga: Berkerudung dan Bersepatu Kets, Menteri Susi Kunjungi Unida

Susi bercerita mengenai pilihannya memilih berhenti sekolah di jenjang SMA. Pilihannya tersebut didasarkan pada keinginannya supaya lebih cepat menjadi pribadi yang mandiri dan cepat beradaptasi dengan lingkungan.

“Saya tidak sabar dengan pembelajaran di sekolah sehingga saya memutuskan untuk keluar dari sekolah. Karena saya berhenti sekolah lebih awal, saya habiskan waktu senggang untuk jalan-jalan dan membangun bisnis,” jelas Susi.

Menurut dia, dengan kemandirian nantinya timbul ambisi dan ide kreatif. Susi menuturkan dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang menteri, dia juga diberi kebebasan membuat program dan kebijakan. Tentunya dengan tetap pada koridor aturan.

“Saya sangat menghargai kemerdekaan dalam diri setiap orang. Dalam bekerja, saya tidak mau didikte. Kalau didikte justru saya tidak bisa bekerja,” tegas Susi yang mengaku waktu kecil juga diberi kebebasan ayahnya untuk belajar dan membaca berbagai buku filsafat dan sastra.

Mengenai kemandirian bangsa, kata Susi, sudah saatnya Indonesia bergerak untuk menjadi negara yang tidak bergantung pada negara asing. Salah satu aspek yang dibangun yaitu di bidang kelautan dan perikanan dengan menegakkan peraturan dan kedaulatan. Salah satunya yaitu dengan memberantas illegal fishing.

Pemimpin Pondok Modern Darussalam Gontor, Hasan Abdullah Sahal, mengatakan selama ini Pondok Gontor selalu menerapkan sistem kemandirian. Salah satu caranya dengan membuka berbagai unit usaha yang dibutuhkan oleh santri dan masyarakat.

Hasan mencontohkan seperti saat Pondok Gontor menyelenggarakan kegiatan tidak perlu mengambil makanan dari luar pondok, karena pondok memiliki unit usaha itu. “Jadi selama ini semangat yang dibangun di Pondok Gontor juga semangat kemandirian,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya