SOLOPOS.COM - Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol. Ahmad Luthfi. (Istimewa/Polda Jateng)

Solopos.com, SOLO — Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol Ahmad Luthfi, memerintahkan jajarannya untuk menggelar kegiatan rutin yang ditingkatkan pada Ramadan 2023. Langkah itu guna memberikan rasa aman, nyaman dan damai bagi masyarakat yang sedang beribadah puasa.

Kegiatan rutin yang ditingkatkan menyasar segala bentuk perjudian, serta berbagai bentuk kemaksiatan seperti minuman keras maupun narkoba. Penggunaan knalpot brong, petasan, tawuran massal yang kerap dilakukan kalangan remaja, hingga makanan kadaluwarsa, juga akan ditindak secara terukur dan terencana.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Segala bentuk kejahatan yang menjadi prioritas utama tersebut, apabila memenuhi unsur pidana, tidak pandang bulu, siapa pun yang terlibat, harus ditindak tegas sesuai ketentuan hukum yang berlaku,” tegas mantan Kapolresta Solo itu, Sabtu (1/4/2023).

Luthfi juga mengingatkan jajarannya untuk tidak main-main dalam menjalankan tugas. Sebab tidak ada ruang sedikit pun bagi para pelaku kejahatan untuk bisa bebas dari jeratan hukum. Utamanya bila memang sudah cukup bukti.

“Saya perintahkan seluruh pimpinan kepolisian di daerah masing-masing untuk menggelar operasi secara rutin, dalam upaya memberikan rasa aman, nyaman, bagi masyarakat yang sedang menjalankan ibadah puasa,” tandas jenderal bintang dua itu.

Luthfi berharap melalui kegiatan operasi cipta kondisi yang digelar itu dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat. Para pelaku kejahatan maupun pelanggaran hukum juga mendapatkan efek jera, sehingga tak mengulangi tindakannya.

Lebih dari itu, penindakan yang dilakukan diharapkan memberikan efek deterent bagi masyarakat, untuk tak melakukan kegiatan yang menodai bulan Ramadan. Menurut Luthfi razia dan penegakan hukum peredaran petasan dan bahan baku sudah diintensifkan.

Dari kegiatan itu lebih dari 250.000 batang petasan berbagai jenis dan ukuran berhasil disita. Ada juga 314 kilogram bahan baku obat mercon atau bahan peledak, berhasil disita polisi. Semua barang bukti tindak pidana yang disita dimusnahkan pada 17 April 2023.

Pemusnahan barang bukti itu, termasuk knalpot brong yang melanggar aturan berlalu lintas, dilakukan usai Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya