SOLOPOS.COM - Brennon saat mencukur rambut tunawisma (Instagram)

Kisah inspiratif kali ini menjadi bukti bahwa satu kebaikan mengundang kebaikan yang lain.

Solopos.com, PHILADELPHIA – Tukang cukur rambut asal Philadelphia, Amerika Serikat, Brennon Jones, 29, sudah satu tahun terakhir memberi jasa cukur gratis bagi tunawisma. Tanpa mengharapkan imbalan dari siapapun, Brennon malah mendapat hadiah tak terduga, yaitu sebuah bangunan untuk tempat cukur rambut.

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Dilansir Today.com, Selasa (21/11/2017), Brennon dikenal masyarakat Philadelphia sebagai tukang cukur rambut yang kerap mendatangi tunawisma untuk memberi cukur gratis. Aktivitas sosial itu dilakukan Brennon sejak awal 2017.

Ekspedisi Mudik 2024

“Awalnya saya hanya merasa ingin berbincang dengan seorang tunawisma. Di suatu percakapan saya bertanya apa yang bisa saya lakukan kepadanya selain memberi uang? Mereka sempat menjawab ‘tidak ada’, namun saya memiliki ide untuk memberi cukur gratis,” jelas Brennon seperti dikutip Today.

Semenjak saat itu Brennon menggunakan waktu luang untuk mengelilingi Philadelphia dan mencari tunawisma yang perlu cukur. Agar memberi kenyamanan ke para tunawisma, Brennon bahkan membawa alat-alat ke tempat tunawisma sedang beristirahat.

Aksi sosial Brennon yang diunggah di Instagram @haircut4homeless menarik perhatian pebisnis dan juga tukang cukur rambut, Sean Johnson, 44. Pada April 2017 Sean menemui Brennon saat mencukur rambut di trotoar.

“Saat bertemu dia, saya melihat alat-alat Brennon sudah ketinggalan zaman,” jelas Sean. Awalnya pebisnis yang memiliki tempat cukur rambut bernama Taper’s Barbershop itu menawari pekerjaan tetap untuk Brennon. Namun tawaran ditolak dengan sopan.

Beberapa bulan kemudian Sean kembali mendatangi Brennon dengan tawaran baru. Sean menawari tempat cukur rambut miliknya agar digunakan Brennon. Tanpa syarat, tanpa bagi hasil, murni pemberian. Brennon yang terkejut tak bisa menolak pemberian Sean.

“Saya tak pernah merasa bakal memiliki tempat cukur rambut sendiri. Sean melakukan ini karena ini yang bisa ia lakukan setelah melihat apa yang aku lakukan di jalanan, ” terang Brennon. Tempat cukur rambut milik Brennon dinamai Phenomenon Perfection yang buka Selasa–Sabtu.

Sisa hari yakni Senin digunakan Brennon untuk cukur rambut gratis. Kini ia tak sendiri karena Sean siap membantu dengan mendatangkan beberapa tenaga saat dibutuhkan. Selain cukur gratis, kini Brennon dan Sean juga menyediakan makanan gratis serta perlengkapan mandi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya