SOLOPOS.COM - Sesmenpora Gunawan Suswantoro (Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO – Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gunawan Suswantoro menyambut langsung kedatangan kontingen Indonesia yang berhasil meraih juara umum ASEAN Para Games (APG) 2023 Kamboja di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Sabtu (10/6/2023).

Sesmenpora juga mengalungkan bunga sekaligus memberikan ucapan selamat datang kepada atlet Indonesia yang baru datang dari APG 2023.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kontingen Indonesia terbagi dalam dua kloter penerbangan dari Kamboja. Kloter pertama tiba pukul 17.24 WIB dan kloter kedua 20.00 WIB. Atlet Indonesia juga disambut oleh pendukung Indonesia yang berada di kawasan bandara.

Indonesia keluar sebagai juara umum setelah meraih 159 medali emas, 148 medali perak, dan 94 medali perunggu. Selain melampaui target dengan 121 emas, Indonesia tercatat meraih hattrick juara APG.

Sesmenpora saat dijumpai wartawan, mengatakan pemerintah sangat bangga atas keberhasilan APG di Kamboja karena di luar dugaan bisa mencatat hattrick. Bahkan banyak cabor seperti renang, tenis meja, atletik, power lifting, dan blind judo melampaui target.

“Saya bangga kepada adik-adik semua. Semoga ini jadi awal yang baik untuk Asian Para Games di Hangzhou,” kata dia.

Gunawan mengatakan terkait bonus atlet, Presiden Joko Widodo akan memberikan bonus yang sama. Bahkan ada kenaikan 5 persen bonus dari Para Games di Vietnam lalu.

Ia menambahkan terkait pemusatan latihan di Karanganyar, anggaran sudah teralokasikan 2024 oleh Kemen PUPR. Tanah dan design sudah ada dan tinggal pelaksanaan.

CdM Kontingen Indonesia, Andi Herman, mengatakan atlet Indonesia bisa mengeluarkan kemampuannya maksimal dan melampaui target. Banyak sejarah tercipta di APG Kamboja.

“Sebanyak 15 rekor terpecahkan oleh atlet kita. Ini kebanggaan tentunya. Kemenpora memberikan support sangat baik dan konsisten. Langsung siapkan pelatnas di Hangzhou,” kata Andi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya