SOLOPOS.COM - Salah satu lukisan yang dijual di Museum Affandi (JIBI/Harian Jogja/Bhekti Suryani)

Salah satu lukisan yang dijual di Museum Affandi (JIBI/Harian Jogja/Bhekti Suryani)

JOGJA — Lukisan seperti logam mulia, harganya terus naik seiring berlalunya tahun. Apalagi lukisan milik pelukis terkenal, harganya mencapai ratusan juta hingga miliaran rupiah.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Salah satu galeri yang menjual lukisan berharga “wah” adalah Museum Affandi. Museum ini menyimpan ratusan karya sang maestro pelukis, Affandi.

Lukisan yang dijual pun hanya khusus yang dibuat keluarga sang maestro atau titipan dari pelukis lain bukan milik Affandi yang karyanya tak dijual dan tetap dipertahankan. Juki Affandi, Kepala Museum Affandi menuturkan, untuk lukisan yang dijual seperti karya Kartika Affandi putri tunggal Affandi dari istri pertamanya, harganya berkisar dari Rp150 juta hingga miliaran rupiah.

“Bahkan kalau objeknya bagus harga dapat mencapai Rp4 miliar,” kata dia kepada Harian Jogja, kemarin.

Ini baru lukisan milik sang anak, belum hasil karya Affandi sendiri yang harganya dipastikan minilam miliaran rupiah. Menurutnya, harga sebuah lukisan memang tak dapat dihitung dengan logika tapi dengan hati. Pembeli yang melihat karya yang diincarnya benar-benar mengena di hatinya tak akan berpikir soal harga. Apalagi lukisan yang dijual di tempat ini terutama yang dibuat keluarga tetap mempertahankan tradisi lukisan Affandi yang berkarakter ekspresionis.

Kendati berharga mahal, tak sedikit para kolektor yang mengincar karya-karya besar ini. Banyak yang datang dan menanyakan apakah lukisan Affandi dijual atau tidak. Mereka yang berburu koleksi lukisan tak hanya ingin sekadar mengoleksinya tapi juga menjadikan barang ini sebagai investasi bernilai tinggi di masa datang.

“Di negara kita ini tak sedikit orang kaya, harga miliaran pun mereka mau beli, banyak yang menanyakan apakah lukisan pak Affandi dijual atau tidak. Kami bilang tidak bisa,” tandas Juki.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya