SOLOPOS.COM - Flyer pengumuman lomba PDIP Jateng. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP Jateng menggelar berbagai kegiatan dan lomba bertajuk Ruang Kreasi dan Apresiasi Karya Pemuda Indonesia dengan tema Membangun Indonesia dengan Nilai-Nilai Kebudayaan.

Nilai total hadiah berbagai lomba itu mencapai Rp150 juta. Sedangkan lomba bagi pemuda-pemudi yang digelar seperti lomba tanaman buah dalam pot (tabulampot), tanaman buah langka, tari tradisional Jawa putra dan putri, nembang macapat serta karya esai.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ada juga lomba foto esai Marhaen, foto bangunan cagar budaya, cipta puisi kebudayaan, serta membaca puisi “Aku Melihat Indonesia”. Pendaftaran peserta dan karya mulai 20 Maret 2021 hingga 20 April 2021 dan dinilai 21 April 2021 hingga 20 Mei 2021.

Baca Juga: Ciduk Warga Tegal Pengkritik Gibran, Polresta Solo Klaim Sudah Beri Peringatan

Untuk narahubung, persyaratan dan cara pendaftaran peserta lomba PDIP Jateng itu dapat dilihat di laman http://ruang-kreasi-dan-apresiasi-pemuda.derapjuang.id. Sementara guna lebih menyemarakkan acara akan digeber pagelaran wayang kulit secara virtual atau daring dengan dalang kondang Ki Manteb Sudarsono.

Pentas wayang secara virtual akan berlangsung pada 22 Mei 2021. Bendahara DPD PDIP Jateng, Agustina Wilujeng Pramestuti, mengatakan lomba kreasi dan apresiasi karya pemuda merupakan rangkaian kegiatan untuk memeriahkan HUT ke-48 PDIP.

Tiga Penghargaan Muri

Sebelumnya juga ada kegiatan pembukaan rangkaian acara peringatan HUT PDIP berupa seminar kebudayaan. Juga kegiatan penyelamatan bumi dengan reboisasi atau penanaman pohon dan pembersihan sungai dari berbagai sampah buangan warga.

Baca Juga: Ini 5 Jenis Ikan Cupang Paling Diminati di Solo, Kamu Sudah Punya?

Berdasaran catatan Solopos.com, HUT ke-48 PDIP diperingati pada 10 Januari 2021. Selain lomba di tingkat Jateng, dalam rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-48 PDIP, partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri itu mendapat tiga penghargaan dari Museum Rekor Indonesia atau Muri.

Penghargaan yang diserahkan langsung penggagas Muri, Jaya Suprana, itu yakni jumlah terbanyak peserta zoom meeting HUT ke-48 PDIP. Peserta pertemuan secara daring ini mencapai puluhan ribu orang dari unsur DPP dan DPD PDIP 34 provinsi di Tanah Air.

Baca Juga: Tim Virtual Police Panen Kritikan, Polresta Solo Beri Penjelasan

Penghargaan dari Muri kepada PDIP juga diberikan untuk kegiatan penanaman pohon terbanyak secara serentak. Dengan melibatkan 357.975 kader PDIP telah menanam sekitar 579.247 bibit tanaman sebagai bentuk kecintaan terhadap bumi ini.

Ada juga penghargaan untuk pembagian tumpeng terbanyak kepada masyarakat. Sebanyak 7.763 tumpeng yang merupakan kebudayaan nusantara dibagikan kepada para penghuni panti asuhan, panti jompo, serta berbagai komunitas masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya