SOLOPOS.COM - ilustrasi (istimewa)

Solopos.com, SOLO – Startup digadang-gadang menawarkan budaya kerja yang sesuai dengan harapan anak-anak milenial. Tak hanya menawarkan tempat kerja yang menyenangkan, namun juga jumlah gaji yang lumayan besar.

Tak heran, banyak lulusan baru yang menjajal bekerja di perusahaan rintisan yang masih berada dalam tahap awal pengembangan dan sejalan dengan kemajuan teknologi. Banyak sektor startup, mulai dari dompet digital, transportasi online, hingga e-commerce mulai meroket.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lembaga riset Center for Human Genetic Research (CHGR) memprediksi bahwa pada 2020 bisnis rintisan di Indonesia akan bertumbuh hingga 6,5 kali lipat atau 13.000 bisnis.

Menjamurnya jumlah startup di Indonesia, membuka peluang pekerjaan bagi lulusan baru. Melansir dari suara.com, belum lama ini berikut posisi yang ditawarkan perusahaan startup dan paling diincar kaum milenial.

Ekspedisi Mudik 2024

Naik Ke Level Rp14.165, Rupiah Jadi Juara Di Asia Terdorong Kemenangan Biden

Web Developer

Setiap perusahaan startup pasti membutuhkan Web Developer untuk membangun dan mengembangkan bisnisnya dengan teknologi. Web Developer atau Website Developer adalah seorang programmer yang dapat membuat program dan aplikasi untuk web.

Profesi ini cocok bagi para lulusan teknik informatika atau teknik komputer. Umumnya, Web Developer terdiri atas tiga sub bagian, yaitu Frontend Developer, Backend Developer, dan Fullstack Developer.

Gaji yang ditawarkan startup untuk profesi ini bervariasi, rata-rata berkisar di angka Rp5 juta–Rp20 juta per bulan. Namun, hal itu tergantung dengan seberapa tinggi skill yang dimiliki masing-masing individu.

Sales and Business Development

Selain membutuhkan profesi-profesi yang berkaitan dengan teknologi, startup juga membutuhkan orang yang mahir menyiapkan strategi bisnis. Hal itu menjadikan Sales and Business Development sering dicari startup.

Di perusahaan startup, Sales and Business Development berperan dan bertanggung jawab terhadap target dan strategi bisnis jangka panjang. Tak hanya itu, biasanya profesi ini juga menjaga hubungan baik antara perusahaan dengan investor atau klien. Umumnya, profesi ini di perusahaan startup menerima gaji sekitar Rp5 juta-Rp15 juta setiap bulannya.

Maketing and public relation

Perusahaan startup juga membutuhkan orang-orang yang pintar berkomunikasi. Hal itu bertujuan untuk memasarkan produk mereka di pasaran. Oleh karena itu, mereka membutuhkan orang yang cakap di bidang marketing and public relation.

Di dunia startup, marketing dan public relation terbagi menjadi dua, yaitu online dan offline. Namun, kedua sub-profesi tersebut mengeksekusi tugas yang sama, mulai dari pemasaran produk hingga membuat kampanye yang menarik perhatian pelanggan.

Profesi ini cocok untuk para lulusan Jurusan Komunikasi, sebab hal ini sangat menuntut orang-orang yang pandai berbicara dan mempunyai ide-ide kreatif. Semakin tinggi tingkat kreativitas sebuah produk dipasarkan, semakin banyak pula minat para pelanggan. Pada perusahaan startup, profesi ini bisa memperoleh gaji sekitar Rp5 juta-Rp10 juta.

Optimistis Di Era Pandemi, Perbankan Manfaatkan Layanan Digital

Mobile Developer

Banyak startup bermunculan dengan basis aplikasi. Tentunya, hal itu membuat startup membutuhkan banyak profesi Mobile Developer.

Profesi ini bertanggung jawab terhadap rekomendasi perubahan atau menambah fitur baru dalam aplikasi serta uji coba aplikasi. Pekerjaan ini cocok bagi kalian yang penasaran dengan cara kerja aplikasi dan para lulusan teknologi informasi; teknik komputer, sistem informasi atau teknik informatika.

Selain mengembangkan aplikasi, salah satu skill yang dibutuhkan untuk menduduki profesi ini adalah melakukan pengkodingan. Rata-rata gaji yang ditawarkan untuk profesi ini berada di angka Rp5juta–Rp12 juta.

Enterprise Software & Product Management

Bekerja di startup tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para karyawannya. Selain, beban pekerjaan yang tinggi, bekerja di startup juga dituntut untuk bekerja cepat karena ada banyak stakeholder di yang ditujukan untuk menanam modal.

Enterprise Software & Product Management adalah profesi yang berkaitan langsung dengan para pemangku kepentingan internal maupun eksternal. Mereka mendukung kebutuhan bisnis melalui produk yang telah ditentukan perusahaan. Tak hanya itu, profesi ini melakukan iterasi dan inovasi terhadap produk. Sejalan dengan tingkat kesulitan pekerjaannya, gaji didapatkan oleh karyawan pada bidang ini berada di angka Rp5juta-Rp20 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya