SOLOPOS.COM - Komunitas WMS dan komunitas memancing lainnya membersihkan sampah di Sungai Tawang di Kelurahan Sine, Kecamatan Sragen, Sragen, Rabu (27/7/2022). Kegiatan itu digelar dalam rangka Hari Sungai Nasional. (Istimewa/Komunitas WMS)

Solopos.com, SRAGEN — Hari Sungai Nasional yang diperingati setiap 27 Juli dirayakan oleh para pemancing mania yang tergabung dalam sejumlah komunitas dengan melakukan bersih-bersih sungai. Dalam kegiatan yang dilakukan pada Rabu (27/7/2022) ini mereka berhasil mengumpulkan sampah hingga enam karung.

Komunitas para pemancing yang ikut dalam kegiatan itu salah satunya Wader Mania Sragen. Mereka menggandeng Dinas Lingkungan Hidup untuk bersih-bersih Sungai Tawang di Kelurahan Sine, Kecamatan Sragen dan Sungai Panci di Desa Mojorejo, Kecamatan Karangmalang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mereka membersihkan Sungai Tawang mulai pukul 08.30 WIB hingga pukul 10.00 WIB. Sementara di Sungai Panji Mojorejo dimulai pukul 15.00 WIB.

Pengurus WMS, Febry Trian Putranto, mengaku pihaknya yang menginisiasi kegiatan itu dengan menggandeng komunitas pemancing lain dan DLH. Kegiatan bersih-bersih sungai ini, sambungnya, akan jadi kegiatan berkelanjutan.

“Kegiatan kali ini bertepatan dengan Hari Sungai Nasional. Tujuannya untuk membangun kesadaran warga sekitar sungai agar menjaga kelestarian lingkungan sungai. Banyak warga yang ternyata abai terhadap kebersihan lingkungan. Sungai menjadi tempat warga membuang sampah rumah tangga,” jelas Febry.

Baca Juga: Diduga Diracun, Ribuan Ekor Ikan di Aliran Sungai Bonggo Sragen Mati

Banyak sampah plastik dan popok bayi yang ditemukan di sungai. Selain tidak sedap dipandang mata dan menimbulkan bau, sampah itu juga menjadi sumber pendangkalan sungai.

“Bila hal kecil berupa kesadaran mengelola sampah saja tidak mampu dipikirkan, bagaimana akan menyikapi pencemaran limbah industri yang lebih berdampak bagi lingkungan? Kami dari Komunitas WMS terus melakukan kegiatan menjaga ekosistem sungai supaya kelestarian lingkungannya terjaga,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya