Tutup Iklan

Beredar Video Maling Motor Dicabuti Kumisnya Di Baturetno Wonogiri, Ini Penjelasan Polisi

Aksi main hakim sendiri terhadap maling sepeda motor dengan dicabuti kumisnya terekam video dan menjadi viral di jagat maya Wonogiri.

 Tangkap layar video viral maling dicabuti kumisnya di Wonogiri. (Facebook/Kepo Iya)

SOLOPOS.COM - Tangkap layar video viral maling dicabuti kumisnya di Wonogiri. (Facebook/Kepo Iya)

Solopos.com, WONOGIRI -- Video maling sepeda motor ditangkap warga dan dihakimi dengan cara dicabuti kumisnya beredar dan viral di jagat maya Wonogiri.

Rekaman video itu salah satunya diunggah akun Facebook Kepo Iya pada Senin (29/3/2021). Video itu direkam salah seorang warga di lokasi kejadian. Dalam video berdurasi 38 detik itu, tampak pelaku yang mengenakan jaket biru dongker duduk pasrah saat sejumlah warga mencabuti kumisnya.

"WONOGIRI. #MALING MOTOR KETANGKAP WARGA DAN CARA UNIK WARGA PERLAKUKAN PELAKUNYA JADI VIRAL . Pencuri Sepeda Motor Beat Di Batu kidul Baturetno, Berhasil di tangkap semalam. Pelaku berhasil di tangkap di kawasan Giriwoyo Wonogiri dan pelaku telah di amankan di polsek.giriwoyo," tulis pengguna akun Facebook itu pada keterangan video maling motor yang viral di Wonogiri itu.

Baca Juga: Ratusan Guru di Karanganyar Disuntik Vaksin Covid-19 Jelang Uji Coba PTM

Kasatreskrim, AKP Supardi, mewakili Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing, mengonfirmasi ada kejadian pencurian motor di wilayah Kecamatan Baturerno, Wonogiri, pada Minggu (28/3/2021).

Setelah berhasil ditangkap, kata Supardi, warga menghakimi pelaku dengan cara mencabuti kumisnya. Namun, polisi segera bertindak dan mengamankan pelaku.

Kepolisian setempat memberi pemahaman kepada warga agar ketika menangkap pelaku kejahatan tidak dihakimi sendiri. Setelah diberi pemahaman, lanjut Supardi, warga menerima dan menyadari bahwa aksi main hakim sendiri merupakan tindakan salah.

Baca Juga: Dapat Rp18 Miliar Dari Kementerian PUPR, Pura Mangkunegaran Solo Direstorasi

Maling Ditahan Di Polres Wonogiri

Saat ini masyarakat sudah menerima kejadian dalam rekaman video yang viral itu dan kasus itu sedang ditangani Polres Wonogiri. Pelaku pencurian motor itu juga sudah ditahan polisi.

"Karena saat itu ada massa banyak dan mencabuti kumis pelaku, ya kami menyanyangkan dan berharap tidak terulang lagi. Pelaku tidak dipukuli dan tidak mengalami luka-luka. Kami mengimbau masyarakat agar ketika mengamankan tersangka segera menghubungi kepolisian terdekat. Jangan main hakim sendiri," katanya saat dihubungi Solopos.com, Selasa (30/3/2021).

Supardi mengatakan pelaku pencurian motor tersebut berinisial OS, 24, warga Baturetno, Wonogiri. Persitiwa itu terjadi pada Minggu, sekitar pukul 18.15 WIB. Tersangka mencuri sepeda motor Honda Beat milik warga setempat.

Baca Juga: Setelah Truk, Giliran Mobil Kecelakaan Tabrak Median Jalan Simpang Makutho Solo 

"Saat itu pemilik motor sedang Salat Magrib dan motornya berada di teras rumah. Setelah salat sepeda motornya sudah tidak ada," ungkapnya.

Ia mengatakan maling motor dalam video yang viral di Wonogiri itu berhasil ditangkap sekitar pukul 22.00 WIB. Saat ini pelaku sudah dibawa ke Mapolres Wonogiri guna penyelidikan lebih lanjut.

"Alasan pelaku mencuri karena faktor ekonomi. Sebenarnya pelaku warga Jakarta namun mempunyai istri warga Baturetno. Pelaku mengaku baru melakukan pencurian kali pertama," kata Supardi.


Berita Terkait

Espos Plus

Pembahasan RUU PDP Belum Rampung, Kominfo Fokus Sosialisasi dan Edukasi

+ PLUS Pembahasan RUU PDP Belum Rampung, Kominfo Fokus Sosialisasi dan Edukasi

Progres terbaru dari pembahasan RUU PDP adalah pembahasan format lembaga pengawas yang akan bertanggung jawab menangani perkara perlindungan data pribadi hingga kini belum final.

Berita Terkini

Kodim Karanganyar Salurkan Bantuan Korban Erupsi Semeru Sebanyak 3 Truk

Bantuan sebanyak tiga truk dari Kodim dan warga Karanganyar dikirimkan pada Rabu (6/12/2021) untuk korban erupsi Semeru.

23 Adegan Rekonstruksi Ungkap Proses Pembuangan Bayi Nguter Sukoharjo

Polisi menggelar rekonstruksi yang terdiri atas 23 adegan proses pembuangan mayat bayi dalam kardus di Desa Pondok, Kecamatan Nguter, Sukoharjo.

PPKM Level 3 Batal, PHRI Karanganyar Harap Kebijakan Tidak Berubah Lagi

Pembatalan PPKM level 3 disambut positif oleh pelaku usaha pariwisata di Karanganyar. Mereka berharap kebijakan ini bisa mengangkat ekonomi khususnya di sektor pariwisata.

Akui Salah, Bakul Tengkleng Viral Solo Baru Mulai Benahi Cara Berjualan

Bakul tengkleng di Solo Baru, Sukoharjo, yang viral gara-gara review jelek warganet mengakui salah dan mulai berbenah dan mengubah cara berjualannya.

Kebijakan Soal Awal Semester Genap Sekolah di Karanganyar Bisa Berubah

Disdikbud Karanganyar untuk sementara masih menetapkan kebijakan awal semester genap sekolah dimajukan pada 20 Desember 2021.

Habis Bongkar Madu, Sopir Truk Gunungkidul Meninggal di Karangpandan

Sopir truk asal Gunungkidul, DIY, mengeluhkan gejala seperti masuk angin saat menginap di Tawangmangu, Karanganyar, sesuai membongkar muatan madu. Ia kemudian meninggal tak lama setelahnya.

Dinilai Lebih Aman, PLN Solo Dorong Industri Akses Layanan Premium

PLN UP3 Solo mendorong industri mengakses layanan premium guna menjamin pasokan listrik yang minim gangguan.

PLN Solo: Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum Bakal Terus Ditambah

PLN Solo berusaha mendorong terwujudnya ekosistem kendaraan listrik dengan terus menambah jumlah stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU).

Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, UT Pionir Pembelajaran Jarak Jauh

Universitas Terbuka (UT) menjadi pionir perguruan tinggi yang menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh di Indonesia

BIN Sisir Ampel Boyolali untuk Vaksin Warga dari Pintu ke Pintu

Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah (Jateng) kembali menggenjot vaksinasi di Kecamatan Ampel, Boyolali.

Wajib Dikunjungi, Kota Solo Ternyata Punya 18 Museum Lho

Dinas Kebudayaan Kota Solo meluncurkan gerakan wajib kunjung museum baik museum milik pemerintah maupun swasta, khususnya bagi pelajar.

Terjangkau, Segini Tarif Liburan di Desa Wisata Sumberbulu Karanganyar

Desa Wisata Sumberbulu di Desa Pendem, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar menawarkan beragam wisata komplet dengan tarif sangat terjangkau.

Keren, Desa Wisata Sumberbulu Karanganyar Raih Juara I ADWI 2021

Desa Wisata Sumberbulu di Desa Pendem, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar meraih Juara I kategori Suvenir dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 dari Kemenparekraf.

7 Desa Wisata Jateng Meraih Penghargaan ADWI 2021, 2 dari Soloraya!

Ini daftar tujuh desa di Jawa Tengah (Jateng) yang memperoleh penghargaan pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 di Jakarta, Selasa (7/12/2021).

Selamat! Desa Wisata Sangiran Sragen Raih Penghargaan Kategori Homestay

Desa Wisata Sangiran, Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Sragen, berhasil meraih Peringkat 5 Kategori Homestay pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 di Jakarta, Selasa (7/12/2021).