Beredar Pesan Berantai Urus SIM Tanpa Tes di Samsat, Satlantas Karanganyar: Itu Hoaks!
Satlantas Polres Karanganyar menyatakan informasi mengenai pengurusan SIM baru tanpa ujian merupakan hoaks. (Istimewa/Kasatlantas Polres Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Pesan berantai berisi pengumuman terkait pengurusan SIM tanpa ujian di Samsat beredar di kalangan masyarakat Karanganyar via aplikasi perpesanan Whatsapp (WA).

Satlantas Polres Karanganyar menanggapi hal tersebut dengan tegas menyatakan pesan itu hoaks alias informasi bohong.

Satlantas menegaskan pemohon SIM baru tetap harus mengikuti ujian untuk mendapatkan SIM.

Wabup dan Sebagian PNS Sragen Pakai Pita Hitam Saat Upacara 17 Februari, Ada Apa?

Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Endah Dewi Utami, saat diwawancarai Solopos.com, Selasa (18/2/2020), mengatakan pesan berantai terkait pengurusan SIM tanpa ujian dan dilakukan di Samsat menjerumuskan masyarakat.

Dia menegaskan informasi yang tersebar melalui Whatsapp tersebut tidak benar dan proses permohonan SIM tetap berjalan sesuai aturan yang berlaku.

Janda Muda Karanganyar Nyamar Jadi Lelaki di Facebook, 7 Cewek Jomlo Tertipu

“Kami mengetahui ada pesan menyesatkan terkait pengurusan SIM. Semuanya hoaks dan tidak benar karena pengurusan SIM dilakukan di Kantor Satlantas, bukan di Samsat. Dari itu saja seharusnya masyarakat sadar informasi itu tidak benar,” terang dia.

Dewi menjelaskan setiap permohonan SIM baru harus menjalani ujian dan lulus untuk mendapatkan SIM. Sedangkan pengajuan SIM tanpa ujian hanya berlaku bagi perpanjangan SIM.

Dewi mengimbau masyarakat waspada terhadap informasi tak benar dan tidak menyebarkannya. “Kami merasa ini harus disosialisasikan kepada masyarakat apalagi yang minim informasi. Beberapa warga sudah ada yang tanya,” imbuh dia.

Kronologi Lengkap Kecelakaan Honda CB Vs Honda Mobilio di Manahan Solo

Salah satu warga Karanganyar, Iswadi, 26, mengaku belum mendapatkan informasi terkait permohonan SIM tanpa tes di Samsat. Saat Solopos.com menunjukkan isi pesan berantai itu, dia langsung menyebut itu hoaks lantaran pengurusan SIM di Satlantas bukan di Samsat.

“Ini jelas hoaks karena tidak mungkin mengurus SIM di Samsat. Tapi kan tidak semua masyarakat tahu. Semoga tidak ada yang terjebak informasi palsu ini,” beber dia.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho