SOLOPOS.COM - Ketum PSSI, Erick Thohir (tengah), saat ditemui wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (31/3/2023) (Antara/Mentari Dwi Gayati)

Solopos.com, SOLO–Ketua Umum PSSI Erick Thohir berjanji akan menindak tegas pihak yang terlibat pengaturan skor pertandingan atau match fixing di sepak bola Indonesia, termasuk korps wasit.

Erick Thohir menyoroti isu perwasitan nasional dan keributan suporter di Liga 1 2022-2023. Erick banyak mendapat informasi selama berada di luar negeri untuk bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

Erick bertemu Infantino untuk melobi sanksi FIFA untuk Indonesia pasca pembatalan Piala Dunia U-20 2023 di Tanah Air. Menteri BUMN itu mendengar ada dugaan match fixing di Liga 1 2022-2023. Ia juga menyayangkan kerusuhan antarsuporter.

“Saya terus terang, mendapatkan banyak laporan ketika berada di luar negeri. Dari isu suporter. Ternyata masih ada juga,” ujar Erick Thohir dalam wawancara di YouTube dikutip Selasa (11/4/2023).

Soal dugaan match fixing, Erick mendapat laporan ada wasit yang ikut terlibat dalam praktik kotor itu. Mantan Manajer Satria Muda Pertamina itu pun berjanji akan menindak tegas seluruh pihak yang terlibat.

“Isu wasit juga. Saya sudah di-WhatsApp. Sepertinya wasit ada yang bermain. Ini benar-benar perwasitan nasional kalau tidak bersih, saya sikat. Saya sudah peringatkan kepada wasit, jangan main-main di lapangan. Kalau benar-benar, saya sikat. Sekarang tugas berat kita adalah memperbaiki sepak bola Indonesia,” tutur Erick Thohir.

Meski begitu, Erick tak memerinci siapa wasit yang dimaksud dan laga apa yang terindikasi terjadi match fixing.

Sebelum terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2023-2027, Erick lantang menabuh genderang perang terhadap praktik jual beli pertandingan.

Erick juga telah berkoordinasi dengan polisi untuk mengusut apabila ada pelanggaran pidana yang terjadi.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Dapat Kabar Wasit Terlibat Match Fixing, Erick Thohir: Kalau Benar Saya Sikat!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya