SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SUKOHARJO—Kelurahan Jombor, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo menjadi pusat tata pemerintahan Sukoharjo. Terdapat Kantor Bupati Sukoharjo dan Gedung Setda Sukoharjo yang berdiri di wilayah itu. Begitu pula kantor instansi pemerintah lainnya juga terletak di Kelurahan Jombor.

Wilayah Kelurahan Jombor juga dipadati permukiman penduduk dan perumahan. Rata-rata masyarakat bekerja sebagai pegawai negeri sipil (PNS) atau pekerja kantoran. Hanya beberapa warga yang menggeluti dunia bisnis atau wirausaha.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Hampir tak ada lahan lahan pertanian atau lahan kosong sebagai public space kecuali di sekitar Gelora Merdeka. Namun, masih ada warga yang eksis membuat kerajinan wayang yang terbuat dari kardus. Hal ini menjadi potensi unik yang tak bisa djiumpai di desa/kelurahan lainnya. “Saya sudah puluhan tahun membuat wayang kardus. Proses pembuatannya lebih mudah cepat dibanding wayang kulit,” kata seorang pengrajin wayang kardus di Kelurahan Jombor, Wagiman, saat berbincang dengan Solopos.com, Sabtu (12/1/2019).

Ekspedisi Mudik 2024

Biasanya, Wagiman mendapat order wayang kardus dari sejumlah pelanggan di Sukoharjo. Para pelanggan itu mayoritas guru Sekolah Dasar (SD) atau pecinta wayang di wilayah Soloraya. Namun, kadang kala ia menjual wayang kardus itu di sekitar Alun-alun Satya Negara pada malam hari.  

Harga wayang kardus bervariatif tergantung ukuran dan kerumitan saat produksi. Misalnya, tokoh punakawan yang terdiri atas Semar dan ketiga anaknya yakni Gareng, Petruk, dan Bagong. Ukuran wayang Semar lebih besar dibanding tokoh punakawan lainnya. “Harga wayang Semar di atas Rp60.000 karena ukurannya cukup besar. Sementara wayang punakawan lainnya hanya Rp30.000-Rp40.000,” ujar dia.

Wagiman mengerjakan pembuatan wayang kardus di halaman rumahnya. Dia sendirian membuat wayang kardus mulai dari menggambar pola, mewarnai wayang hingga pengeringan dengan menjemur di bawah sinar matahari. “Alhamdulillah, hingga sekarang masih ada order dari pelanggan kendati tak seperti dulu. Masih ada peminat wayang kardus di Sukoharjo dan sekitarnya.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya