Berdalih Mau Beli, Pemuda Ini Bawa Kabur Mobil Pajero di Sukoharjo

Seorang pemuda asal Semarang nekat membawa kabur mobil Mitsubishi Pajero yang dijual oleh warga Serengan, Solo, di kawasan Solo Baru, Sukoharjo.

 Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, menunjukan barang bukti dan pelaku pencurian mobil Pajero di halaman Mapolres Sukoharjo, Senin (29/11/2021). (Solopos/Candra Putra Mantovani)

SOLOPOS.COM - Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, menunjukan barang bukti dan pelaku pencurian mobil Pajero di halaman Mapolres Sukoharjo, Senin (29/11/2021). (Solopos/Candra Putra Mantovani)

Solopos.com, SUKOHARJO — Seorang pria asal Semarang berinisial AFP, 21, ditangkap anggota Polres Sukoharjo di Semarang, Minggu (28/11/2021), lantaran nekat melarikan mobil Mitsubishi Pajero milik Pradipta Aji Pratama, warga Serengan, Solo.

PromosiMelihat Potensi Medical Tourism di Jawa Tengah

Penangkapan AFP tersebut diungkapkan Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, saat konferensi pers di halaman Mapolres Sukoharjo, Senin (29/11/2021). Ia menjelaskan kejadian itu berawal dari korban yang memasang iklan jual mobil Pajero di media sosial Facebook, Minggu (14/11/2021).

Tak lama setelah memasang iklan, korban mendapatkan pesan melalui Whatsapp dari seorang pria bernama Susilo Pujo. Setelah itu, pada Rabu (24/11/2021) pelaku menemui korban di Desa Madegondo, Grogol, Sukoharjo, untuk mengecek kondisi dan dokumen mobil.

Baca Juga: Minyak Goreng Curah Disetop pada 2022, Pemkab Sukoharjo Tunggu Regulasi

Dua hari setelahnya, tepatnya Jumat (26/11/2021), pelaku kembali mendatangi korban dan melakukan penawaran. Setelah sepakat, korban diajak ke Bank BCA Solo Baru, Sukoharjo, untuk melanjutkan transaksi pembelian mobil Pajero tersebut.

“Tapi setelah sampai di bank, pelaku beralasan meminjam kunci mobil karena buku tabungannya di dalam tas. Setelah diberikan kuncinya, pelaku kemudian membawa kabur kendaraan itu. Akibat kejadian itu, korban mengalami kerugian Rp364 juta,” bebernya kepada wartawan.

Barang Bukti

Setelah memeriksa sejumlah saksi dan menyelidiki sekitar TKP, petugas mendapatkan informasi keberadaan pelaku pada Sabtu (27/11/2021). Berdasarkan informasi tersebut, Polres Sukoharjo dibantu tim unit Resmob Polrestabes Semarang membekuk pelaku.

Baca Juga: Antisipasi Bencana, Polisi di Sukoharjo Pangkas Pohon di Tepi Jalan

“Dari korban kami mengamankan barang bukti mobil Pajero yang dicuri, Mobil Wuling yang digunakan pelaku ke Solo, BPKB, dan STNK Pajero serta pelat nomor palsu,” bebernya.

Akibat hal tersebut, pelaku dijerat Pasal 378 KUHP jo Pasal 372 KUHP tentang penipuan dan penggelapan barang dengan ancaman hukuman penjara maksimal 4 tahun. Sementara itu, AFP mengaku nekat mencuri mobil Pajero milik warga Solo itu karena terlilit utang banyak di perusahaan tempat kerjanya sebagai sales.

Rencananya, hasil penjualan mobil tersebut digunakannya untuk menutup utang yang melilitnya selama setahun tersebut. “Saya punya utang sama kantor saya sekitar Rp100 juta. Gaji kantor tidak mencukupi biaya hidup saya dan keluarga, karena saya juga jadi tulang punggung keluarga. Orang tua saya tidak kerja. Rencananya mau saya gunakan untuk membayar utang itu,” bebernya.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

+ PLUS Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

Pulau Jawa memiliki paparan risiko bencana tinggi dibanding pulau lain, namun indeks risiko bencana lebuh tinggi dimiliki Kalimantan Timur dibanding DKI Jakarta.

Berita Terkini

RSI Surakarta Resmi Luncurkan Layanan BPJS Kesehatan

Adanya layanan BPJS Kesehatan ini bisa meningkatkan pelayanan kepada seluruh pasien RSI Surakarta sesuai prosedur pelayanan yang berlaku.

2 Perempuan Diduga Pelaku Prostusi Online Ditangkap di Indekos Solo

Tim gabungan menangkap dua orang perempuan yang diduga pelaku prostitusi online saat tengah berdua-duaan dengan laki-laki di kamar indekos wilayah Serengan, Solo.

Tengah Malam di Bangunan Tua Rumah Jagal Solo, Serem Lur!

Rumah jagal atau pemotongan hewan di kompleks Kantor DKPP Solo merupakan salah satu bangunan tua dari awal 1900-an yang masih terjaga keasliannya.

Pandemi Belum Berakhir, Tim Gabungan Solo Gencarkan Lagi Razia Masker

Petugas gabungan TNI, Polri, dan Pemkot Solo kembali menggencarkan razia masker untuk mengingatkan masyarakat yang mulai abai menerapkan protokol kesehatan padahal pandemi belum berakhir.

Kasus Covid-19 Wonogiri Naik, Jekek Minta PTM 100 Persen Dievaluasi

Jekek menilai perlu ada strategi baru untuk mencegah penularan Covid-19 varian Omicron di lingkungan satuan pendidikan.

Waduh, Banyak Naskah Kuno Berharga di Mangkunegaran Solo Hampir Rusak

Kondisi naskah-naskah atau manuskrip kuno di perpustakaan Reksa Pustaka Mangkunegaran Solo hampir rusak sementara upaya penyelamatan terkendala sarpras.

BBWSBS Hitung Lagi Kebutuhan Anggaran Revitalisasi Rawa Jombor

BBWSBS sebelumnya sudah mengusulkan ke Kemen PUPR agar mengalokasikan anggaran Rp68 miliar untuk kegiatan revitalisasi Rawa Jombor pada 2023.

Giliran Soropaten, Mranggen, & Manjungan Klaten Dapat SK Desa Wisata

Tiga desa yang memperoleh SK bupati Klaten tentang desa wisata, yakni Desa Soropaten, Kecamatan Karanganom; Desa Mranggen, Kecamatan Jatinom, dan Desa Manjungan, Kecamatan Ngawen.

Tambah Terus, 200-An Pemulung Mengais Rezeki di TPA Putri Cempo Solo

Jumlah pemulung yang mengais rezeki di antara tumpukan sampah TPA Putri Cempo Mojosongo, Solo, terus bertambah dari tahun ke tahun,

Sibangga Jadi Wadah Polres Sukoharjo Gali Permasalahan Masyarakat

Kapolres menambahkan permasalahan keamanan dan ketertiban masyarakat bukan hanya menjadi tanggung jawab kepolisian melainkan juga ada peran masyarakat di dalamnya.

Molor, Proyek 2021 Jalan Watuondo-Pogog Wonogiri Tak Kunjung Rampung

Hingga Januari ini proyek jalan Watuondo, Kecamatan Bulukerto-Pogog, Kecamatan Puhpelem senilai Rp3,985 miliar belum rampung.

Buat yang Mau Wisata Lampion Imlek, Dapat Pesan dari Kapolresta Solo

Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak memberikan sejumlah pesan kepada warga yang ingin berwisata menikmati keindahan lampion Imlek di Pasar Gede dan Balai Kota Solo.

Kasus Naik Lagi, Jekek: Covid-19 Enggak Bisa Ditangkal dengan Akik

Joko Sutopo menegaskan Covid-19 tidak dapat ditangkal hanya dengan akar bahar, akik, atau benda lain yang dianggap memiliki kekuatan tertentu.

Duh, Kasus Aktif Covid-19 di Wonogiri Naik Lagi

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wonogiri menilai kasus aktif Covid-19 di Wonogiri naik lagi lantaran penerapan protokol kesehatan kendur.

Penyelesaian Sengketa Lahan Sriwedari Solo Bisa Jadi Legacy Gibran

Penyelesaian sengketa lahan Sriwedari Solo antara Pemkot dengan ahli waris RMT Wirjodiningrat bisa menjadi legacy atua warisan Gibran sebagai Wali Kota kelak.

Bupati Wonogiri Buka Ruang Audiensi dengan Tenaga Honorer

Bupati Joko Sutopo menyampaikan sampai saat ini belum mengetahui yang dimaksud pemerintah pusat mengenai penyelesaian masalah tenaga honorer dengan batas waktu 2023.