SOLOPOS.COM - Para pengunjung menikmati suasana pemandangan saat senja di Embung Dewi Nawang Wulang di Desa/Kecamatan Sambirejo, Sragen, Kamis (16/6/2022) sore. (Istimewa/Bumdes Sambirejo)

Solopos.com, SRAGEN — Desa Sambirejo, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah memiliki objek wisata baru yang resmi dibuka Kamis (16/6/2022).

Objek wisata buatan itu bernama Embung Nawang Wulan. Objek wisata baru di Sragen tersebut dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Jadi Mulia Sentosa, Desa Sambirejo. Banyak fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung saat berkunung ke salah satu embung di Sragen itu.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Selain keindahan embung, Embung Nawang Wulan Sragen menawarkan fasilitas lain, seperti tempat kuliner, swafoto, jogging track, taman outbond, arena bermain anak, hingga fasilitas offroad Jeep.

Direktur BUM Desa Jadi Mulia Sentosa Sambirejo, Eko Sri Hartati, kepada Solopos.com, Jumat (17/6/2022), menjelaskan selama momentum peresmian Embung Nawang Wulan digelar lomba-lomba untuk anak-anak.

Selain lomba untuk anak-anak, pihak pengelola juga menyelenggarakan pameran bonsai dan offroad komunitas Jeep pada Minggu (19/6/2022). Dia menerangkan objek wisata buatan itu sengaja diberi nama Embung Nawang Wulan. Menurut dia nama Nawang Wulan itu identik dengan sosok bidadari yang elok parasnya, cantik, dan menawan hati.

Baca Juga : Ada Apa Saja di Wisata Gunung Kemukus Sragen? Cek di Sini…

“Siapa pun yang memandangnya tertarik dan jatuh cinta kepadanya, seperti Joko Tarub. Begitu pun Embung Nawang Wulan juga embung yang elok secantik namanya. Menarik karena berada di lingkungan yang teduh dengan hembusan angin semilir sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat itu,” kata Hartati, sapaan akrabnya.

Hartati menyebut pemandangan saat senja di Embung Nawang Wulan mampu membuat jatuh hati. “Pemandangan embung ketika menjelang senja sungguh bagus, membuat orang jatuh hati dengan melihat warna langit jingga di ufuk barat. Pemandangan itu dinikmati sembari duduk di tepi embung,” tuturnya.

Objek wisata Embung Dewi Nawang Wulan ini merupakan wisata alam buatan yang menempati tanah kas desa seluas 1 hektare. Dia mengatakan objek wisata ini dikelola BUM Desa Jadi Mulia Sentosa Desa Sambirejo dalam kegiatan unit usaha pariwisata.

Dia menjelaskan fasilitasnya cukup lengkap, selain keindahan embung, juga ada tempat kuliner yang buka setiap Minggu. “Ada juga tempat swafoto, jogging track, offroad Komunitas Jeep, taman outbond, dan arena bermain anak,” ujarnya.

Baca Juga : Makam Pangeran Sukowati Sragen akan Dijadikan Wisata Religi dan Edukasi

Ia menyampaikan rencana pengembangan Embung Nawang Wulan Sragen pada 2023. Salah satunya membuat kolam renang anak. “Setiap Minggu ada live music. Lalu setiap bulan sekali ada pasar bludak yang menyajikan aneka produk [usaha mikro kecil menengah] UMKM Desa Sambirejo,” ungkap Hartati.

Untuk sementara, pengunjung masih gratis masuk ke Embung Nawang Wulan Sragen. Dia mengatakan pengunjung hanya dikenai biaya parkir motor Rp2.000 per motor dan mobil Rp5.000 per unit. Hartati berencana memasang tarif masuk objek wisata Rp3.000 per pengunjung ke depannya.

“Yang menarik pengunjung bisa menikmati sensasi naik Jeep offroad dengan cukup membayar Rp200.000 untuk empat orang. Sementara baru ada dua unit Jeep terbuka. Yang lainnya masih Jeep tertutup,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya