SOLOPOS.COM - Seporsi dawet pikul racikan Dasno, warga Dibal, Ngemplak, Boyolali. (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, BOYOLALI – Es dawet merupakan salah satu minuman segar yang cocok diteguk saat berbuka puasa. Nah, di Boyolali ada satu minuman khas bernama dawet pikul.

Minuman segar yang satu ini beradal dari Desa Dibal, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Sayangnya, saat ini sudah jarang orang yang menjual dawet pikul.

Promosi Meraih Keberkahan Bulan Syawal, Pegadaian Ajak Masyarakat Umrah Akbar Bersama

Pada 14 Februari 2020 lalu Solopos.com menemukan penjual dawet pikul khas Dibal, Boyolali, Dasno, 70. Disebut dawet pikul karena dalam menjajakannya dipikul atau dijinjing dengan bambu yang dibebankan pada bahu dengan berkeliling dari kampung ke kampung.

Baca juga: Sate Jamu: Kuliner Daging Anjing Populer di Solo yang Sempat Menipu

Kepada Solopos.com, Dasno bercerita telah berjualan dawet sejak 1970. Satu porsi dawet berisi cendol pati, santan, dan gula sebagai pemanis yang dicampur irisan nangka. Seporsi dawet seharga Rp3.000 semakin terasa segar dengan tambahan es batu.

Dasno mengaku pernah berjualan dawet pikul dari Dibal, Ngemplak, Boyolali, hingga Stadion Sriwedari Solo bahkan Alun-Alun Solo.

“Tetangga di sekitar rumah saya dulu itu, delapan orang saja ada yang jualan. Dulu, bisa sampai 25 orang berjalan menyeberang Kali Pepe, menuju Solo. Ada juga yang ke desa-desa sekitar,” tutur dia.

Baca juga: Icip-Icip Rica Bulus Favorit Didi Kempot di Wonogiri

Kini, penjual dawet pikul dari Dibal tinggal dua orang saja. Dasno juga tidak berkeliling jauh menjajakan dawetnya. Setiap hari, Dasno berjualan dawet sekitar pukul 09.00 WIB di tepi jalan yang cukup ramai.

“Kalau jualan dawet masih ada, ada yang pakai motor ada yang gerobak. Tapi kalau yang dipikul sudah sedikit,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya